Pangandaran Bukan Sekedar Wisata Pantai

Pangandaran Bukan Sekedar Wisata Pantai 1

Jika kita membicarakan tentang Pangandaran, yang muncul di benak kita pasti pantai, pantai, dan pantai. Bagaimana tidak? Pantai memanglah salah satu tempat paling populer dan nyaman bagi kita untuk menyegarkan kembali pikiran dari penat yang ada. Tapi tahukah kalian bukan hanya pantai tempat wisata di Pangandaran? Meski memang pantai adalah tempat wisata utama di Pangandaran, tetapi bukan hanya pantai wisata air yang ada di sana. Salah satu wisata air yang cukup terkenal dan sangat seru untuk dilakukan adalah body rafting Citumang.

Citumang adalah sungai yang ada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Sungai ini terletak di kawasan hutan milik Perhutani dan memiliki luas mencapai 6,6 hektar dengan suhu udara 25°C – 28°C. Karena berada di kawasan hutan, kalian akan dikelilingi oleh rawa-rawa dan pepohonan yang menjulang tinggi selama kalian melakukan wisata body rafting disini.

Di Citumang kalian akan dipandu menyusuri sungai yang dikelilingi oleh rawa yang menenangkan dan juga menyenangkan. Sungainya sendiri tidak bisa dibilang bersih ataupun jernih karena ada di sekitar rawa dan hutan tetapi bukan berarti sungai ini bahaya untuk dimasuki. Para pemandu di sana amatlah baik, terlatih, dan terdepan dalam hal yang mereka lakukan.

Untuk harga tiket masuknya sendiri bisa terbilang murah. Saat weekday kalian akan dipatok harga Rp. 19.000 dan untuk harga tiket weekend atau liburan kalian akan dipatok harga Rp. 24.000. Harga tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan pengalaman dan keseruan yang akan kalian dapatkan. Pacuan adrenalin di sungai yang deras serta suasana yang membara membuat wisata body rafting ini tiada tandingannya.

Setelah membeli tiket masuk, kalian akan dipandu berjalan menyusuri hutan untuk sampai ke titik start dari body rafting ini. Keseruan akan dimulai dengan terjun bebas dari tebing setinggi 12 meter ke dalam air sungai (bagi yang menginginkan). Terjun bebas ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bernyali dan percaya diri, karena jika kurang percaya diri maka yang seharusnya menyenangkan malah menjadi menakutkan dan berbahaya. Setelah terjun bebas, wisata akan dilanjut dengan tour ke dalam gua yang memilki kedalaman air sekitar 40 meter. Jangan takut, karena meski gua ini gelap tapi dijamin aman. Setelah keluar dari gua, kalian akan dipandu untuk melanjutkan body rafting menyusuri sungai.

Bagi yang berani, menyusuri sungai akan dimulai dengan lompat ayun sebagai pemacu adrenalin yang luar biasa. Tetapi bagi yang tidak bisa ataupun tidak menginginkan boleh lanjut ke rangkaian selanjutnya. Setelah itu body rafting akan dilanjutkan dengan menyusuri sungai sedalam 40 meter dengan tenang. Kedalaman 40 meter ini tidak akan terasa menakutkan karena ada pemandu yang siap siaga menemani kita.

Meski dikelilingi oleh rawa-rawa tetapi suasana yang tenang dan juga arus sungai yang tidak begitu deras membuat tubuh, hati, dan pikiran kita menjadi tenang juga. Suasana ketika body rafting akan membuat kalian ketagihan dengan wisata yang satu ini. Perasaan mengambang di air dengan tenang membuat tubuh kalian sangat rileks dan melupakan semua letih dan pegal yang ada.

Di ujung sungai ada waduk yang bisa kita gunakan untuk berfoto bersama. Setelah kita keluar dari sungai, di perjalanannya banyak tempat-tempat untuk berfoto ria bersama teman, keluarga, sahabat, kerabat dekat, dan lainnya yang ikut serta dalam wisata body rafting Citumang ini.

Waktu yang ditempuh rangkaian wisata ini dari awal lompat tebing hingga akhirnya sampai di waduk bisa memakan kurang lebih 40-60 menit. Meski tedengar lama tetapi karena keseruan yang kita rasakan akan membuat waktu tersebut tidak terasa. Saking sebentarnya kalian akan langsung ingin mengulanginya lagi dari awal hingga akhir.

Wisata ini bisa diakses menggunakan motor, mobil, bus travel, sampai bus pariwisata. Untuk usia pendaftar minimal adalah 4 tahun, sedangkan maksimalnya adalah 65 tahun. Tiket sudah termasuk asuransi jiwa, tapi tenang keamanan yang dipersiapkan di wisata ini sudah cukup mumpuni untuk menjaga keselamatan kita. Para pendamping dan pemandu selalu siap dan sigap akan semua hal yang akan dan sudah terjadi.

Body rafing di Citumang ini amat menyenangkan dan memacu adrenalin, bagi kalian yang suka dengan tempat liburan seperti ini sangat wajib untuk mencoba setidaknya sekali dalam seumur hidup. Meski begitu kalian tidak akan bisa hanya mencobanya sekali karena keseruan yang kalian akan dapatkan di sini tiada duanya dan membuat kalian ingin mencobanya lagi, lagi, dan lagi.

Bagi kalian yang tertarik bisa langsung saja mencari infonya di internet atau mendatangi tempatnya secara langsung ke Bojong, Pangandaran.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

MUHAMAD RIJAL