Pantai Batukaras, Alternatif Bali ?


Pantai Batukaras, Alternatif Bali ? 1

Kondisi pandemi saat ini membuat kita merasa sangat jenuh berada di rumah. Tentu saja karena berbagai aktifitas dan rutinitas sangat dibatasi. Sudahkah anda memiliki rencana untuk pergi berwisata ketika masa pandemi ini usai???

Bagi penulis, salahsatu tempat wisata yang efektiv untuk me-recharge mood adalah pantai. Wangi air laut yang terbawa angin pantai menjadi obat manjur untuk memulihkan otot-otot dan syaraf-syaraf yang tegang.

Ketika mendengar kata “pantai” mungkin yang pertama terlintas di pikiran anda adalah Bali yang sudah sangat mendunia dengan keindahan pantainya. Bagi anda yang memiliki kelebihan di segi finansial mungkin tidak perlu pikir Panjang untuk dapat berkunjung ke Bali. Namun bagi sebagian lain yang memiliki kantong lebih ramping, perlu pertimbangan matang untuk dapat memutuskan.

Sebetulnya masih banyak alternativ wisata pantai sebagai pengganti Bali, tergantung di mana anda tinggal. Tetapi jika anda tinggal di Kawasan Jawa Barat tidak ada salahnya untuk memasukkan Pantai Batukaras sebagai salahsatu opsi yang dapat anda pilih.

Mengapa harus Pantai Batukaras?

Kawasan wisata Batu Karas sudah populer bagi kalangan peselancar nasional atau internasional, bahkan pantai Batukaras ini dijuluki “surga” untuk bermain surfing. Pantai Batukaras ini dikenal sebagai pantai  yang mempunyai ombak tenang dan panjang. Jadi sangat cocok jika dijadikan area selancar. Oleh sebab itu, jika Anda adalah seseorang yang memiliki hobi berselancar silahkan mencoba menguji adrenalin atau tantangan dari ombak yang ada di kawasan Batukaras ini.

Jumlah pengunjung asing juga lebih banyak jika dibandingkan pengunjung yang ada di Pangandaran. Alasan tersendiri mengapa banyak yang memilih pantai ini adalah karena lingkungannya yang sepi sehingga tidak bising serta terdapat area yang teduh oleh pepohonan yang tumbuh di bibir pantai sehingga para pengunjung local sangat menyukai berwisata di pantai ini. Selain daripada daya Tarik utama tersebut masih ada daya Tarik lain yang membuat pantai Batukaras layak untuk dikunjungi, diantaranya:

1. Rental papan selancar dan pelapung

Bagi anda peselancar pemula atau bahkan yang baru memulai belajar berselancar tak usah risau karena di pantai Batukaras ini banyak tempat sewa papan selancar sekaligus memberikan jasa pelatihan dasar bermain selancar. Selain itu di panta Batukaras ini juga banyak yang menyewakan pelampung seperti Ban dan  Papan Boogie bagi anda yang merasa cukup untuk menikmati pantai dengan bermain air.

2. Pantai yang indah dan sejuk

Pantai Batukaras ini merupakan pantai berbentuk teluk yang memiliki pemandangan yang indah dan di beberapa bagian pantai memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air Bersama keluarga sembari berburu foto kebersamaan berlatar pantai yang memesona.

3. Wahana permainan air

Selain berselancar dan bermain ir di tepi pantai, di Batukaras ini juga menyewakan wahana permainan air seperti Banana Boat dan wahana permainan air lainnya. Jadi untuk anda yang tidak piawai berselancar maupun berenang dapan menguji adrenalin anda dengan cara menyewa wahana permainan air Banana Boat.

4. Mayor Spot / botram spot

Mayor atau Botram merupakan istilah dalam Bahasa sunda yang memiliki makna makan Bersama di tempat tertentu. Di sepanjang pantai Batukaras ini terdapat jajaran pohon yang rindang yang membuat lingkungan di sekitarnya menjadi teduh serta telah dibangung gazebo-gazebo sehingga sangat cocok untuk dijadikan Mayor Spot bagi anda.

Bagi anda yang lebih suka nuansa lesehan anda dapat menyewa alas duduk berupa tikar dari rental tikar yang banyak terdapat di Kawasan pantai.

Dimanakah letak Pantai Batukaras?

Pantai yang dijuluki surga untuk bermain surfing ini ada di Kawasan Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat.

Untuk dapat sampai di pantai Batukaras ini memiliki rute yang cukup mudah, terutama jika Anda hobi travelling. Apapun alat transportasi yang akan digunakan tetap akan mudah diakses. Namun memang jauh lebih mudah jika Anda memakai kendaraan pribadi.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi  maka rute perjalanan akan dimulai dengan perjalanan dari Pangandaran. Jika sudah Anda bisa langsung menuju ke Kawasan Cijulang atau objek wisata Green Canyon. Apabila anda telah sampai di objek wisata Green Canyon anda dapat melanjutkan menyebrang jembatan Cicurug (jembatan di wilayah objek wisata Green Canyon) kemudian anda ambil jalur kiri hingga sampai ke objek wisata Batukaras.

Selain bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, para pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan umum. Sama halnya dengan rute menggunakan kendaraan pribadi tadi perjalanan dimulai dari kawasan Terminal Pangandaran lalu mengambil mini bus menuju terminal Cijulang. Setelah itu Anda bisa menggunakan jasa ojek hingga sampai ke pantai Batukaras.

Bagaimana dengan fasilitas-nya???

Pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk menyenangkan para pengunjung pantai, diantaranya:

1. Penginapan

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan anda di pantai Batukaras ini anda dapat menyewa penginapan maupun kamar hotel yang sudah banyak tersedia di sekitar Kawasan pantai ini.

2. Restoran

Sejumlah warung makan serta restoran yang menjual aneka jenis makanan baik seafood maupun non-seafood sudah banyak bertebawan di sekitar Kawasan pantai. Tinggal anda pilih yang sesuai dengan selera anda.

3. Toko Pakaian khas pantai dan Oleh-oleh

Di sekitar kawasan pantai bisa Anda temukan jajaran took yang menjual aneka macam kaos serta pakaian khas pantai. Bukan hanya itu saja namun juga ada  toko souvenir yang menjual aneka macam kerajinan.

4. Fasilitas Umum

Selain beberapa fasilitas yang telah disebutkan tadi ada beberapa fasilitas lain yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut di antaranya:

  • Tempat Ibadah
  • Kamar Mandi
  • Lahan parkir kendaraan yang luas

Bagaimana sudah tidak sabar untuk berkunjung ke surganya para peselancar di Jawa Barat? Jika iya maka masukan kawasan wisata Pantai Batu Karas dalam list liburan Anda. Selain memiliki tiket masuk yang relatif murah jam bukanya juga 24 jam jadi akan sangat fleksibel dengan jadwal Anda dan para pengunjung.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ind Radeta

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap