Pantai Jungwok, Rekomendasi Camping di Gunung Kidul


Pantai Jungwok, Rekomendasi Camping di Gunung Kidul

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di daerah Yogyakarta, yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Banyak pantai di kawasan Gunung Kidul yang indah banget. Mulai dari pantai pasir hitam sampai pantai pasir putih.

Dan kali ini kita akan membahas salah satu pantai berpasir putih yang sangat recommended untuk dipakai camping, yaitu Pantai Jungwok.

Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kira-kira 2 jam dari kota Jogja dengan mengendarai sepeda motor. Pantai Jungwok termasuk pantai yang tidak begitu ramai oleh wisatawan.

Karena untuk sampai ke pantai ini, kita perlu melewati jalanan berbatu yang belum diaspal.

Bagi teman-teman yang menggunakan mobil, lebih baik titipkan mobil kalian di parkiran yang disediakan warga setempat sebelum memasuki kawasan pantai.

Karena di sekitaran Pantai Jungwok belum tersedia parkiran untuk kendaraan roda 4.

Walaupun akses untuk sampai ke pantai ini membutuhkan effort lebih, tapi sepadan dengan panorama yang akan kita dapatkan. 

Untuk kalian yang suka camping, pantai ini wajib kalian singgahi. Kita bisa mendirikan tenda di sepanjang bibir pantai, sambil menikmati pemandangan pulau batu karang yang instagramable banget.

Dan pilihan spot camping di pantai ini juga cukup banyak.

Sedikit berjalan ke arah barat dari bibir pantai, kita bisa menemukan area camping dengan hamparan rumput hijau dan pohon-pohon disekelilingnya.

Kita juga bisa berjalan ke atas bukit, disitu kita dapat mendirikan tenda tepat di samping perkebunan warga yang berada di atas bukit tersebut.

Dari atas bukit kita bisa melihat Pantai Jungwok dari sudut pandang yang lebih luas.

Tapi untuk camping di area bukit, kita perlu izin terlebih dahulu. Karena area itu adalah area perkebunan warga setempat.

Jangan khawatir soal kehabisan makanan dan jangan bingung soal fasilitas MCK.

Di sekitar Pantai Jungwok terdapat beberapa warung yang menjual makanan instan serta membuka kamar mandi untuk umum.

Dan yang terpenting, kamar mandi di sekitar Pantai Jungwok cukup bersih.

Pantai ini tergolong masih alami, dan cukup bersih juga lho. Tetapi untuk teman-teman yang ingin berenang di pantai, harus hati-hati ya.

Karena batu karang di Pantai Jungwok cukup berbahaya—terutama untuk anak-anak.

Selain camping, kalian juga bisa treking untuk melihat sunrise/sunset atau sekedar bersantai dan foto-foto di bibir pantai.

Karena di bibir pantai terdapat tempat duduk yang bisa digunakan para wisatawan untuk menikmati pantai sambil bersantai, tanpa khawatir basah terkena air laut.

Penasaran? Wajib coba! Cukup dengan membayar tiket masuk Rp 5.000/orang dan biaya parkir Rp 5.000/hari untuk sepeda motor, kita sudah bisa camping dan menikmati keindahan Pantai Jungwok.