Pantai Klayar di Pacitan: Jalur Sampai Ticket Masuk

Pantai Klayar

Pantai Klayar – Kabupaten Pacitan kemungkinan lebih dikenali oleh pelancong sebagai Kota Seribu Gua atau sebagai kota kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tetapi, di situ rupanya ada rekreasi pantai cantik yang cukup terselinap yakni Pantai Klayar.

Pantai ini dikenali dengan pasir putihnya dan deburan ombaknya yang lumayan besar. Bila kalian merencanakan berkunjung Pantai Klayar, baca dahulu serba-serbi mengenai tempat rekreasi ini yang saya ringkas dari bermacam sumber.

1. Posisi

Pantai Klayar di Pacitan: Jalur Sampai Ticket Masuk 1

Pantai Klayar berada di Pacitan, Jawa Timur dan bersebelahan dengan Wonogiri, Jawa tengah. Persisnya, pantai ini ada di Dusun Kalak, Kecamatan Donorojo dan memiliki jarak sekitaran 40 km ke barat dari kota Pacitan.

2. Jalur

Untuk kalian yang tiba dari arah kota Pacitan, kalian dapat mengikut lajur bus Solo-Pacitan selanjutnya belok ke kiri di pertigaan Dadapan. Selanjutnya belok ke kanan sesudah datang di Dusun Candi. Lempeng terus turuti jalan itu sampai kalian mendapati pertigaan seterusnya. Kemudian turuti panduan arah yang arahkan pengunjung ke Pantai Klayar.

Bila kalian tiba dari arah Yogyakarta kalian dapat lewat kota Wonosari di Gunungkidul. Lanjut langsung ke arah timur ke arah Pathuk dan lanjut langsung ke kota Wonosari.

Disana, teruskan perjalanan ke Pracimantoro. Kemudian berlanjut ke Giribelah di mana kalian akan melalui wilayah Punung. Sesudah melalui Punung, kalian akan menyaksikan papan nama Pantai Klayar. Sesudah ini kalian tinggal mengikut panduan arah yang ada.

3. Ticket Masuk

Harga ticket masuk untuk nikmati keelokan Pantai Klayar cukup dapat dijangkau, yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk beberapa anak. Sedang untuk parkir kendaraan beroda 2 dikenai ongkos Rp 2.000 dan untuk kendaraan beroda 4 dikenai ongkos Rp 5.000.

4. Sarana

Pantai Klayar sudah mempunyai sarana yang lumayan komplet. Di situ ada toilet dan kamar mandi yang bersih. Untuk isi perut banyak tersedia warung yang jualan di tempat sekitaran Pantai Klayar. Sarana yang lain diantaranya masjid, gazebo dan pemondokan.

5. Object Rekreasi

Pantai Klayar di Pacitan: Jalur Sampai Ticket Masuk 2

Pantai Klayar terhitung dalam jejeran pantai selatan yang sama dengan ombaknya yang besar. Maka, pengunjung tidak dibolehkan untuk berenang.

Tetapi tenang saja, di situ ada beberapa daya magnet yang dapat kalian cicipi. Sebutlah saja tebing setinggi lebih kurang 50 mtr. yang ada di tengah-tengah pantai dan batu-batuan yang serupa dengan Sphinx.

Ada pula pertunjukan air mancur alami setinggi 10 mtr. yang dapat dicicipi pengunjung. Peristiwa alam ini muncul karena penekanan tinggi air laut yang masuk lewat sisi bawah batu-batuan. Disamping itu, ada pula persewaan ATV yang dapat kalian pakai untuk telusuri bibir Pantai Klayar.

6 . Jadi Ide Lagu

Pantai Klayar ternyata jadi ide untuk vokalis campursari Didi Kempot. Vokalis yang dipanggil Godfather of Broken Heart ini melaunching lagu dengan judul ‘Pantai Klayar’ dengan lirik yang mengiris hati di tahun 2017.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.