FoodParenting

10 Makanan Terbaik Untuk Balita Yang Mudah Disajikan

Makanan yang baik bagi balita, tersedia banyak di luar sana dan mudah di dapatkan. Makanan yang sarat akan nutrisi perlu Anda ketahui sebagai orangtua. Selain menyehatkan, makanan yang baik bagi balita, juga memiliki harga yang bersahabat, mudah di dapatkan dan mudah disajikan.

Tak heran jika balita maupun anak-anak menyukai makanan ini. Berikut 10 makanan terbaik untuk balita kita.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik. Komposisi lemak dalam alpukat mirip dengan ASI. Anda tak perlu khawatir dengan kandungan lemak dalam alpukat. Karena lemak tak jenuh yang baik di butuhkan balita untuk perkembangan otak.

Alpukat bisa dimakan secara langsung dengan cara di hancurkan hingga lembut. Anda juga bisa mencampurkan ASI kedalam alpukat untuk balita yang baru belajar makan. Atau mencampurkan susu krim dan keju sebagai bekal anak sekolah. Alternatif lainnya Anda bisa mengoleskan alpukat sebagai selai dalam roti.

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini, selain mudah di dapatkan karena banyak tersedia di warung sayur juga sarat akan kandungan vitamin yang baik untuk balita. Brokoli kaya akan folat, serat dan kalsium. Brokoli juga di kenal sebagai pencegah kanker.

Brokoli memiliki rasa yang unik dari komponen sulfur, yang dapat memperkaya kemampuan indera perasa balita Anda. Sajikan brokoli dalam bentuk potongan kecil-kecil. Kukus brokoli terlebih dahulu, lalu di potong kecil-kecil dan dinginkan. balita terkadang lebih suka brokoli yang dingin.

Blueberry

Warna biru yang dimiliki buah bluberry berasal dari flavonoid yang disebut anthocyanin yang baik untuk mata balita, otak dan saluran kemih.

Anda bisa menyajikan bluberry dengan mencampurkan buah bluberry dan satu sendok air kedalam mangkok. Kemudian masukan kedalam microwave selama 30 detik, lalu hancurkan dan dinginkan. Beri sedikit yogurt tanpa gula sebagai topping.

Baca juga  5 Olahan Mie Legendaris Di Indonesia Yang Wajib Kamu Cicipi

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang baik untuk diperkenalkan kepada balita Anda saat usia 6 bulan. Yogurt mengandung sistem imun dan mendukung kesehatan otak serta jantung. Yogurt mengandung kalsium dan vitamin D yang baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi.

Tips bagi Anda, carilah merek yang memiliki kultur bakteri hidup terbanyak, yang akan mengatur bakteri baik dalam saluran pencernaan balita Anda. Yogurt plain alias tanpa rasa dan tanpa gula menjadi pilihan terbaik karena tidak mengandung gula tambahan.

Daging

Daging merupakan sumber zinc dan zat besi yang baik. Daging merupakan pilihan teratas bagi orangtua untuk memperoleh sumber protein yang baik.

Daging bisa diolah menjadi sup. Selain banyak ragamnya, sup daging juga mudah di kunyah dan mudah di buat. Pastikan daging dihancurkan terlebih dahulu agar mudah di kunyah oleh balita. Anda juga bisa menambahkan sayuran kedalam sup agar lebih memggugah selera.

Lentil

Lentil adalah sejenis tumbuhan penghasil kacang. Lentil merupakan makanan yang sehat dan termurah. Namun sarat akan protein dan fiber, serta memberikan nutrisi yang kuat. Lentil matang bisa di olah dengan sayuran, dan bumbu-bumbu pilihan Anda.

Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan zat besi dan fokat yang tinggi. Sayur bayam mungkin menjadi salah satu sayuran yang sering di jumpai atau sering di buat untuk balita Anda. Untuk mengolah sayuran hijau ini cukup mudah. Anda bisa mengukus dan blender sayuran hijau kemudian tambahan sereal yang kaya zat besi untuk memberkan dosis ganda zat besi pada balita.

Blewah

Blewah memiliki tekstur lembut yang sangat disukai balita. Selain itu blewah juga mengandung vitamin dan c dan juga memiliki rasa manis yang alami. Anda bisa menyajikan blewah dengan di hancur atau di potong kecil-kecil.

Baca juga  10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara

Buah plum

Buah plum kaya akan serat dan bisa meredakan sembelit yang kadang di alami balita, setelah balita di kenalkan dengan makanan padat. Sajikan buah plum dengan di blender, dan campurkan makanan lainnya seperti sereal.

Jeruk mandarin

Jeruk mandarin memiliki kandungan vitamin c dan antioksidan. balita sangat suka dengan rasa alami buah mandarin. Potong jeruk mandarin agar mudah di makan oleh balita. Anda bisa mendapatkan buah mandarin segar atau kalengan. Jika kalengan pastikan tidak ada gula tambahannya.

Related posts
Food

5 Cara Memasak Telur Dengan Baik dan Sempurna

Food

10 Camilan Keripik Kentang Dengan Rasa Unik di Dunia, Yuk Intip

Food

5 Jajanan Khas Korea Yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Korea

Food

10 Foto Makanan Yang Dipotong dan Disajikan Dengan Tampilan Yang Sempurna