Parenting

5 Cara Mudah Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri

Sifat mandiri merupakan hal yang perlu diajarkan pada anak dimulai dari sedini mungkin. Walaupun seringkali orang tua merasa tidak tega, tetapi mengajarkan anak mandiri sejak kecil bisa memberikan pengaruh yang baik untuk anak ke depannya nanti. Cara melatih anak mandiri bisa dimulai dari hal – hal yang sederhana. Apa saja ? Yuk simak berikut ini ada 5 cara mudah melatih dan mendidik anak agar bisa mandiri.

1. Biasakan Si anak Membereskan Mainannya Sendiri

Hal sederhana pertama yang bisa orang tua lakukan dirumah untuk mendidik dan melatih anak menjadi lebih mandiri adalah dengan membiasakan dia untuk membereskan mainan setelah si anak selesai bermain. Mungkin awalnya, para orang tua bisa membantu si anak dengan mengumpulkan mainan dalam satu keranjang khusus untuk dikembalikan ke kamar. Lalu perlahan – lahan biarkan si anak melakukannya sendiri secara terus – menerus agar dia menjadi anak yang mandiri.

2. Ajari Anak Untuk Mencuci Tangannya Sendiri

Mencuci tangan juga sangat penting untuk dilakukan agar menghindari masuknya bakteri ke dalam tubuh. Selain baik untuk kesehatan, mencuci tangan bisa menjadi salah satu cara untuk melatih si anak menjadi lebih mandiri. Ajarkan dia bagaimana cara mencuci tangan dengan benar. Setelah itu, biasakan si anak mencuci tangannya sendiri setiap selesai bermain, makan, atau setelah menggunakan toilet.

3. Sikat Gigi Bersama Sebelum Tidur

Menjaga kebersihan mulut dan gigi juga penting untuk dilakukan agar kesehatan si anak semakin terjaga. Salah satu hal wajib yang harus diajarkan sejak usia dini adalah menyikat gigi sebelum tidur. Para orang tua dapat mengajak si kecil menyikat gigi bersama sebelum tidur untuk melatih dan mendidik agar dia bisa mandiri. Tanpa disadari, dengan melihat para orang tua menyikat gigi, si anak akan belajar untuk melakukan hal yang sama dengan kemampuannya sendiri.

Baca juga  5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

4. Memilih dan Memakai Pakaian Dengan Sendiri

Setiap anak pastinya akan selalu tertarik untuk memilih pakaian yang akan dipakainya. Ketika sudah beranjak besar, si anak juga akan penasaran untuk mulai menggunakan pakaiannya dengan sendiri. Hal ini juga bisa untuk para orang tua manfaatkan untuk melatih anak menjadi mandiri. Walaupun pada awalnya dia akan kesulitan dan butuh bantuan untuk mengenakan pakaiannya, tetapi biarkan anak berusaha terlebih dahulu untuk melatih kemandiriannya.

5. Belajar Menentukan Pilihan

Belajar menentukan pilihan dan mengambil keputusan juga adalah salah satu cara untuk melatih kemandirian si anak. Ketika mau membeli sebuah mainan atau makanan, biarkan dia memilih satu jenis mainan atau rasa makanan yang dia mau. Saat si anak telah menentukan pilihannya, ajarkan dia juga untuk bertanggung jawab atas apa yang dia pilih tersebut, seperti contohnya yaitu menghabiskan makanan atau menjaga mainan yang telah dia pilih sendiri.

Itulah ke – 5 cara mudah mendidik anak agar bisa mandiri dan akan sangat berpengaruh jika para orang tua sudah mulai mengajarkan dari usia sedini mungkin, agar saat dewasa nanti dia sudah bisa menjadi anak yang mandiri dan bisa menentukan pilihan yang terbaik untuk hidupnya. Semoga bermanfaat ya !

Related posts
Parenting

5 Ciri - Ciri Bayi Berpotensi Genius, Apa Saja ?

KesehatanParenting

5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak