Parenting

5 Manfaat Mengajak Anak Bermain Diluar

Anak zaman sekarang sudah di manjakan dengan gadget. Dan tanpa disadari lebih lama menghabiskan waktu dibanding dengan bermain di luar. Padahal bermain di luar memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak.

Meskipun, bermain di luar rumah akan menyebabkan anak terpapar bakteri, namun hal tersebut justru yang dapat membentuk kekebalan tubuh pada anak. Selain itu anak juga bisa mengenal zat berbahaya yang masuk ke tubuh, sehingga bisa membentuk kekebalan tubuh yang lebih baik.

Selain itu, masih ada manfaat lain mengajak anak bermain di luar rumah. Simak 5 manfaat bagi anak dengan bermain di luar rumah.

1. Meningkatkan kemampuan sosial

Dengan bermin di luar rumah, anak tidak hanya bertemu dengan teman sebayanya, namun juga orang-orang dari berbagai usia. Anak akan belajar untuk berbagi saat bermain dengan teman sebaya, baik berbagi mainan ataupun makanan yang ia punya. Inilah kenapa dengan bermain di luar bisa meningkatkan kemampuan sosial pada anak.

 

2. Merangsang kreativitas

Saat anak bermain di luar, ia akan memanfaat barang-barang yang ada disekitar sebagai alat untuk bermain. Permainan juga akan beragam, tergantung kemampuan kognitif dan emosial anak. Dengan bermain di luar anak akan terangsang untuk berkreasi, berpikir bebas, penuh inisiatif dan tidak takut mengambil risiko dan terampil memecahkan masalah.

 

3. Memperbaiki mood dan mengatasi stres

Benerapa penelitian menunjukan, bahwa bermain diliar ruangan dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stres. Saat anak bermain di luar paparan sinar matahari akan menbaktifkan kelenjar pinel yang akan mendorong otak yang akan menghasilkan serotonin, yang dapat membuat suasana hati menjadi bahagia.

Ajaklah anak bermain di luar, agar anak mendapatkan rasa bahagia.

 

Baca juga  Anak Kecanduan Gadget? Simak 5 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

4. Membantu pertumbuhan tulang

Bila anak bermain di luar sudah tentu akan terpaparan sinar matahari. Namun jangan takut paparan sinar matahari, apalagi di waktu pagi hari dapat memperkuat tulang anak, karena paparan sinar matahari menghasilkan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Ajak anak bermain di luar dengan 10 hingga 15 menit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak.

 

5. Memiliki penglihatan yang baik

Dengan bermain di luar rumah, anak akan menemukan berbagai benda yang memiliki banyak warna serta bentuk. Sebuah penelitian dari optomery dan vision sciences, menemukan bahwa anak-anak yang bermain di luar rumah memiliki penglihatan yang lebih baik daripada anak-anak yang menghabiskan waktunya di dalam rumah.

Nah, Anda para orangtua jangan ragu untuk mengajak anak-anak bermain di luar rumah. Namun harus diingat, anak-anak harus tetap dalam pengawasan anda.

Related posts
ParentingWoman

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit

Parenting

5 Tips Mengatasi Marah Kepada Anak

ParentingTeknologi

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial

KesehatanParenting

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif