Parenting

5 Trik Agar Pakaian Cepat Kering Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Kebanyakan ibu-ibu mengeluhkan pakaian yang di cuci tidak kering. Bahkan, karena tidak langsung kering, pakaian menjadi bau apek  dan tidak sedap. Tak heran jika para ibu rumah tangga mencari berbagai cara agar pakaian cepat kering dan tidak bau apek, meskipun saat musim hujan.

Saat musim hujan tiba, Anda perlu siasat agar pakaian Anda bisa kering dan bebas bau apek maupun jamur. Gak mungkin kan? Terpaksa menggunakan pakaian basah?

Simak trik berikut ini, agar pakaian cepat kering, bebas bau apek dan bebas jamur.

1. Trik menata jemuran berdasarkan ukuran pakaian

Jika kamu menjemur pakaian menggunakan rak bertingkat, trik ukuran pakaian ini sangat cocok untuk diterapkan. Taruhlah pakaian yang berukuran besar pada bagian atas dan pakaian berukuran kecil pada bagian dasar jemuran.

Meletakan pakaian dengan trik ini, untuk mengakali angin yang melintas. Pakaian yang berukuran besar memerlukan ruang yang lebih luas dibandingkan pakaian yang berukuran agar cepat kering.

 

2. Kibas dan peras pakaian sebelum di jemur

Setelah proses mencuci, pakaian wajib diperas dan di kibaskan. Cara ini untuk mengurangi kandungan air dalam pakaian yang telah di cuci.  Peraslah pakaian sekuat tenaga agar air dari pakaian keluar. Setelah peras kibaskan pakaian Anda, agar sisa-sisa airnya minim.

Metode ini bisa Anda terapkan pada pakaian jenis apapun selain jeans.

 

3. Manfaatkan angin

Musim hujan frekuensi matahari akan lebih sedikit. Kadang meskipun cuaca mendung tapi tidak hujan. Jika cuaca hanya mendung dan angin berhembus kencang, kamu bisa memanfaatkan angin untuk mengeringkan pakaian Anda.

Angin dapat mengeringkan pakaian Anda, meski tanpa sinar matahari atau hanya sedikit sinar matahari. Gantunglah pakaian Anda di ruang terbuka dengan gantungan pakaian. Biarkan beberapa jam, hingga pakaianmu kering tanpa bau apek.

 

Baca juga  5 Tips Agar Anak Cepat Bicara, Peran Ayah Sangat dibutuhkan

4. Perhatikan posisi jemuran

Posisi jemuran juga salah satu faktor penting agar pakaian cepat kering tanpa bau apek. Jemurlah pakaian dengan melebarkan pakaiam tanpa lipatan. Hal ini bisa membantu pakaian Anda cepat kering. Sebaliknya jika pakaian dijemur dalam keadaan melipat akan sulit untuk cepat kering. Jika di perlukan Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membantu pakaian cepat kering.

 

5. Trik setrika pakaian cepat kering

Trik mengeringkan pakaian yang masih basah bisa Anda gunakan saat keadaan mendesak saja. Gunakan handuk tebal untuk membantu Anda menyetrika pakaian setengah kering. Caranya, letakan pakaian setengah kering pada papan setrika, dan taruhlan handuk di atas pakaian yang akan di setrika. Setrika pakaian Anda dengan bantuan handuk, menggunakan suhu setrika tinggi.

Bserikalah seluruh pakaian dengan benar. Setrika akan menyakurkan panas pada pakaian melalui handuk, dan handuk akan menyerap kelembaban pakaian. Hindari menyetrika langsung pakaian yang masih basah, karena dapat merusak kain.

Nah, bagaimana? Semoga trik tersebut dapat membantu Anda mengeringkan pakaian tanpa bau apek ataupun jamur saat musim hujan.