Parenting

Anak Kecanduan Gadget? Simak 5 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Hidup di Era Digital, sudah pasti Anda tak bisa lepas dari Gadget. Tak terkecuali anak-anak. Para orangtua kerap memberikan anak Gadget, karena cara ini cukup efektif membuat anak tenang. Namun memberika anak gadget secara terus menurus, akan menyebabkan anak kecanduan.

Jika sudah kecanduan, dampak buruk yang bisa dialami anak adalah adanya gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Gangguan kesehatan fisik yang bisa di alami diantaranya cahaya dari gadget yang bisa mempengaruhi mata. Postur tubuh saat menonton gadget. Sedangkan kesehatan mental pada anak bisa terganggu karena menonton gadget membutuhkan waktu berjam-jam. Sehingga waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan teman sebaya otomatis akan berkurang.

Para orang tua, tentunya tidak ingin anaknya mengalami gangguan kesehatan akibat terlalu lama bermain gadget. Berikut 5 tips yang bisa Anda praktikan, agar anak Anda tidak kecanduan gadget.

1. Jadilah Contoh Yang Baik

Anak akan belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika Anda terus menerus memainkan gadget/telephone genggam di depan anak, tentu mereka akan meniru yang di lakukan oleh anda.

Jika Anda bisa mengurangi waktu bermain gagdet dengan bijak, anak Anda pun akan perlahan berkurang waktu bermain gadgetnya.

Jangan sampai, Anda melarang anak bermain gadget, namun Anda masih sering memainkan gadget di depan anak. Larangan tersebut tidak akan membuahkan hasil.

 

2. Batasi Waktu bermain Gadget

Kecanduan anak akan perlahan berkurang, jika Anda mulai membatasi anak untuk memainkan gadget. Atur kembali jadwal anak bermain gadget.

Selain itu, letakan gadget pada tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh anak. Karena jika Anda meletakan sembarangan, anak Anda akan dengan mudah memainkannya. Sterilkan pula area bermain anak dan kamar tidur dari gadget.

 

Baca juga  5 Tips Mengelola & Mengajari Anak Yang Posesif

3. Alihkan Perhatian anak

Anak yang sering bermain gadget, hanya akan terpaku dengan gadget tanpa memperdulikan lingkungan sekitarnya. Jika sudah begini, anak akan mengamuk ataupun marah jika di larang bermain gadget.

Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan berbagai permainan yang lebih menarik dari bermain hp. Tunjukan jika Anda ingin bermain bersama anak Anda. Selain permainam, Anda juga bisa memulai memgurangi anak bermain gadget dengan hal-hal yang di sukai Anak. Misalnya, makanan, bernyanyi dll.

 

4. Ajak Anak Bermain di Luar

Agar anak meninggalkan gadgetny, Anda bisa mengajaknya bermain di luar rumah. Memperbanyak aktivitasnya di luar rumah. Anda bisa mengajak berlari pagi, berkunjung ke rumah teman, serta berbaur dengan teman sebaya.

Selain bermain, hal positif yang bias Anda lakukan seperti, memasak, berkebun, berolahraga juga bisa menjadi alternatif anak meninggalkan gadget. Ajak anak Anda mengijuti kegiatan Anda. Hal ini bisa membuatnya perlahan melupakan gadget.

 

5. Bersikap Tegas

Kecanduan gadget, biasanya membuat anak tantrum, hal ini menjadi tantangan sendiri bagi para orangtua. Karena perlu trik untuk menghadapi anak tantrum. Namun, tetaplah ingat, Anda harus tetap tegas dengan peraturan yang sudah Anda buat untuk membatasi anak bermain gadget.

Jangan sampai Anda luluh, karena anak Anda terus merengek meminta gadget. Bersikaplah tegas dengan peraturan yang sudah di buat. Lakukan secara perlahan dan bertahap. Karena anak tidak bisa lepas begitu saja dengan gadget.

Jika tips di atas tidak mampu mengatasi anak agar terlepas dari gadget. Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Karena bermain gadget dapat membuatnya lemas dan kurang aktif. Dokter akan memberi tahukan cara untuk menenqngkan si ke il serta memgutangi kecanduannya.

Related posts
Teknologi

5 Aplikasi Penyebab Kuota Internet Kamu Cepat Habis, Apa Saja ?

Teknologi

5 Manfaat Menggunakan Mode Gelap di Smartphone dan Media Sosial

Teknologi

5 Smartphone Dengan Harga Murah di Bawah Rp 3 Juta Untuk Dibeli di Akhir Tahun 2019

Teknologi

5 Smartphone Canggih dengan Teknologi TOF 3D Camera