Parenting

Anak Susah Makan? Cobalah Lakukan 5 Tips Ini, Agar Anak Mudah Makan

anak susah makan

Para orangtua seringkali bingung menghadapi anak yang susah makan. Apalagi jika diiringi dengan rengekan dari anak, karena perut belum terisi makanan. Hal ini, tentu, menjadi PR bagi para orangtua agar anak mau melahap makanan.

Anak-anak biasanya lebih lahap, ketika diberi makanan seperti pasta, nuget, dan makaroni. Namun, susah melahap jika diberikan sayuran, karena bagi mereka rasanya tidak enak. Nah, berikut ini, kami akan membagikan 5 tips, agar anak mau makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran. Yuk, disimak!

 

1. Hindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi

Hampir semua makanan dan minuman kemasan saat ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sebagai orangtua, sebaiknya tidak membiarkan anaknya mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Bila perlu buang semua makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi.

Begitu pula dengan makanan cepat saji yang tidak boleh dimakan dirumah. Anak tidak akan memakannya jika tidak terbiasa. Lebih baik, berikan makanan dari jenis sayuran. Tidak perlu menggunakan trik rayuan untuk memakannya, jika orangtua memberikannya setiap hari. Dengan begitu anak akan terbiasa menyantap sayuran.

 

2. Buat makanan menjadi menarik

 

Membuat menu makanan menjadi menarik, tidak hanya soal tampilan, namun juga cara Anda menghadirkan menu makanan sehat, juga harus dibuat semenarik mungkin. Ajak anak untuk mengenal sayuran yang ada di hadapannya, seperti memotong wortel, mengupas kacang polong, tentunya dengan pengawasan Anda.

Sama halnya dengan sayuran, menghadirkan lauk untuk sikecil juga harus dibuat semenarik mungkin. Menu ikan misalnya, ajak anak untuk mengenal ikan. Gunakan rasa penasaran anak untuk menarik perhatiannya. Dengan begitu, anak akan mengetahui manfaat dan keunikan makanan yang disantapnya.

 

Baca juga  5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda

3. Libatkan anak dalam memilih menu makanan

Selain membuat makanan menjadi menarik, Anda juga bisa melibatkan anak untuk memilih menu makanannya sendiri. Dengan mengajaknya kepasar misalnya, Anda dapat mengenalkan berbagai sayuran kepada anak. Setelah pulang kerumah Anda dan anak bisa memasak bersama sayuran yang telah dibeli.

Selain berbelanja kepasar, Anda juga bisa menanam berbagai sayuran di rumah. Saat musim panen, ajak anak mengambil bahan makanan dari pohonnya. Kemudian buatkan makanan dari hasil panen tadi.

 

4. Beri anak pilihan

Sejak masih kecil, orangtua harus memberikan pilihan kepada sikecil makanan apa yang ia inginkan. Seperti memilih sayur ataupun buah. Beri kesempatan anak untuk memilih selama masa tumbuh kembangnya. Orangtua tidak perlu terlalu mempermasalkan makan apa yang akan dinikmati. Tentu saja makanan yang sehat.

Hindari memberikan penjelasan yang rumit jika makanan tersebut tak boleh dimakan. Karena hal tersebut justru dapat membuat anak berontak, dan tidak mau makan.

 

5. Jadilah seorang yang kreatif

Ketika akan memberikan makanan untuk sikecil, buatlah tampilan yang menarik, agar anak tertarik. Saat ini sudah banyak tutorial membuat makanan sehat yang memanfaatkan sayur dan buah. Anda bisa memanfaatkan video tutorial tersebut, untuk membuat makanan yang menarik.

Untuk mengakali anak mau makan sayur, Anda juga dapat membuat jus buah segar. Anda juga bisa perlahan-lahan menambahkan sayuran seperti bayam dan brokoli kedalam menu makanan sikecil.

Yaps, perlahan tapi pasti. 5 tips diatas dapat orangtua praktikan agar anak menyukai menu makanan sehat dengan sayur dan buah. Selamat mencoba!

Related posts
ParentingWoman

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit

Parenting

5 Tips Mengatasi Marah Kepada Anak

ParentingTeknologi

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial

KesehatanParenting

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif