Peluang Bisnis di Internet

Peluang Bisnis di Internet 1

Sulitnya mencari ide bisnis untuk dikerjakan, sama dengan sulitnya mencari pekerjaan dengan proses melamar ke suatu perusahaan. Padahal, banyak ide-ide menarik, yang bisa dicari di internet, jika kita mau mencari via internet dengan bermodalkan jaringan semata.

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dewasa ini. Hampir semua aktivitas yang dilakukan masa pandemi covid 19, selalu menggunakan jaringan internet untuk kegiatan sehari-hari. Wajar, jika keberadaan jaringan internet gratis, juga mudah kita dapatkan.

Jika sudah mendapatkan jaringan internet gratis, kita bisa langsung mulai mencarinya. Jangan lupa, kita juga perlu modal alat komunikasi (gadget) atau Laptop yang bisa menggunakan jaringan nirkabel alias wifi. Tapi, kalo menggunakan jaringan gratis via wifi publik, harus sabar ya.. 

Caranya cukup mudah, ditulisan ini, saya akan mengajak pembaca untuk menggunakan fasilitas gratis yang tersedia di jaringan internet, seperti Google Chrome, media sosial dan market place. Bagaimana caranya, berikut saya berikan panduan terbaik, semoga bisa bermanfaat:

1. Pastikan konektivitas internet wifi gratis bisa digunakan, jika sudah bisa terkoneksi maka bisa membuka google chrome yang biasanya sudah terinstal di gadget atau laptop yang kita gunakan. Jika belum, silahkan install dulu atau gunakan aplikasi lainnya, seperti mozila, opera atau internet explorer.

Setelah bisa dibuka, silahkan masukan kata kunci di tempat pencarian, biasanya kita gunakan kata-kata sederhana seperti : tren bisnis, bisnis menguntungkan, bisnis tokcer, bisnis untung, bisnis tanpa modal, bisnis gila, dan sebagainya. Apabila kita sudah punya minat bisnis, kita juga bisa mengetikan di tempat pencarian seperti bisnis kopi, bisnis teh, bisnis cafe, bisnis cabai dan sebagainya.

Setelah mesin pencarian bekerja, pilih artikel yang menurut kita menarik, baru kemudian di klik dan dibaca. Biasakan membaca artikel sampai selesai dan memberikan umpan balik atau komentar sebagai apresiasi kepada penulisnya. Jika mau mendalami, juga bisa berkomentar untuk bertanya langsung kepada penulisnya tentang bisnis yang dijalankannya.

2. Selain pencarian di google, kita juga bisa menggunaka media sosial untuk mencarinya. Media sosial apa yang sudah dimiliki pembaca? jika sudah punya facebook, pembaca bisa langsung membukanya bermodal jaringan wifi gratis ini. Ketika saja kata pencarian sesuai yang diinginkan, dengan memasukan kata kunci seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

Bedanya, kita harus menggunakan hastag (tanda #) untuk mempermudah mesin pencari media sosial menemukan informasi yang kita inginkan. Semisal kita mau mencari peluang bisnis baru, kita bisa menggunakan #bisnis_baru atau kita bisa mencari dengan kata #bisnis_untung dan sebagainya.

Penggunaan media sosial, biasanya jauh lebih mudah dan simpel, lantaran kita juga bisa langsung mengirimkan perteman dan berkomunikasi lebih lanjut via massenger atau DM (Direct Message). Bila sudah bisa berkomunikasi, kita bisa perdalam bisnis yang bikin kita tertarik melalui chat massenger.

3. Menggunakan market place seperti #bukalapak #tokopedia #sophie #blibli dan sebagainya juga bisa menjadi peluang usaha bisnis tanpa modal. Kita bisa membuat akun baru sebagai penjual di market place. Jika sudah punyak akun market place kita bisa berjualan tanpa modal dengan menjadi dropshipper.

Dalam memilih produk yang akan kita jual sebagai #dropshipper, kita harus mulai denga bertanya terlebih dahulu kepada si pemilik toko market place, biasanya sih, mereka terbuka bila ada yang mau menjadi dropshipper. Jika sudah terjalin komunikasi baik, kita bisa mulai memposting produk tersebut sebagai produk yang kita jual di akun #marketplace kita.

Nah, tiga cara diatas, cukup mudah khan, sama sekali tidak perlu modal, tapi kita bisa punya bisnis menarik dan memiliki prospek menguntungkan di masa depan. Jika belum mencobanya, silahkan mencoba ya? Jangan lupa juga untuk memberikan komentar dan tanda suka pada tulisan ini.

Jangan lupa juga untuk menshare keteman-teman yang lain, supaya masa pandemi ini bisa tetap beraktivitas dan memiliki penghasilan melalui jaringan internet. Di tulisan mendatang, saya akan menulis mengenai cara menentukan target penjualan dan membidik target pasar. Jangan ketinggalan ya.. (IEK).

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ignatius Ery Kurniawan