Penampakan Unik Permukaan Bumi hasil Foto Satelit NASA

Penampakan Unik Permukaan Bumi hasil Foto Satelit NASA 1

Bumi memiliki kontur permukaan dan kondisi alam yang berbeda beda dan unik, kita akan merasa takjub dan berdecak kagum bahkan terheran-heran saat melihatnya.

Inilah beberapa foto satelit permukaan bumi yang diabadikan oleh NASA yang akan membuat kita kagum melihatnya.

Delta Sungai Betsiboka, Madagaskar

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS056-E-62773-62781
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS056-E-62773-62781

Delta Sungai Betsiboka bermuara di Selat Mozambik di Teluk Bombetoka di barat laut Madagaskar.  Di sekitar delta sungai ini terdapat perkebunan kopi, yang merupakan salah satu dari banyak tanaman ekspor Madagaskar . 

Sungai Betsiboka sering mengalami banjir ketika topan dan badai tropis melanda pulau itu. Air sungai yang berwarna merah dan jingga adalah hasil dari erosi lapisan sedimen dari daratan di sekitarnya. Tingkat erosi lumpur yang tinggi di sini dikaitkan dengan satu abad deforestasi hutan hujan dan bakau pesisir negara itu.

Awan Di Atas Kepulauan Crozet

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS055-E-70997
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS055-E-70997

Kepulauan Crozet adalah bagian dari kepulauan di Samudra Hindia Selatan dekat Antartika. Kepulauan ini memiliki relief yang dramatis lagi di lautan sekitarnya, ketinggian kepulauan ini lebih dari 2500 kaki di atas permukaan laut. Angin yang melintasi Samudra Hindia bergerak sebagai aliran fluida yang halus  di sekitar pulau-pulau yang tinggi. 

Hasil dari aliran angin ini dapat digambarkan dengan awan berbentuk V pada arah bawah angin pulau. Sepotong le aux Cochons , atau Pulau Babi dalam bahasa Prancis, terlihat di foto ini yang menyebabkan terjadinya awan gelombang kapal .  

Garis Harimau Biru

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS052-E-78425-78436
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS052-E-78425-78436

Garis harimau biru ini sebenarnya terbuat dari sedimen batuan yang menggantung di perairan jernih Bahama. Gambar komposit ini diambil di selatan Pulau Andros di Great Bahama Bank. 

Sedimen karbonat yang membuat garis-garis seperti lukisan pada gambar ini digerakkan oleh air yang keruh. Airnya berwarna biru muda karena kedalaman air yang dangkal

Danau Van, Turki

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS049-E-3464
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS049-E-3464

Danau Van adalah danau terbesar di Turki dan juga danau soda terbesar di Bumi, yang berarti memiliki konsentrasi spesies karbonat yang tinggi dan bersifat basa. Danau Van merupakan danau endorheik dan memiliki pH tinggi yaitu 10 dengan tingkat salinitas yang tinggi. 

Wilayah Turki ini rawan bencana alam seperti gempa bumi dengan kekuatan yang hebat, tanah longsor, dan banjir. Gempa bumi besar dapat terjadi di wilayah aktif seismik ini karena konvergensi lempeng tektonik Eurasia dan Arab. 

Cordillera Blanca, Peru

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS048-E-43323-43353
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS048-E-43323-43353

The Cordillera Blanca , atau kisaran putih di Spanyol, adalah bagian dari Peru Pegunungan Andes. Pegunungan Andes mengelilingi pantai barat Amerika Selatan. Terletak di puncak gunung ini terdapat banyak gletser dan danau berwarna kuning kecokelatan . 

Danau-danau ini sejajar dengan lembah-lembah yang sebelumnya telah terkikis oleh gletser. Gambar ini mencakup sebagian besar Taman Nasional HuascarĂ¡n di Peru, di mana puncak tertinggi mencapai lebih dari 20.000 kaki (~ 6000 m).  

Karang Penghalang Belize

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS047-E-48287-48296
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS047-E-48287-48296

Belize Barrier Reef mencakup sebagian besar garis pantai Belize di sepanjang Laut Karibia. Belize Barrier Reef adalah bagian dari Mesoamerika Barrier Reef System , sistem terumbu karang terbesar kedua di Bumi.  

Dari atas air tampak berbagai warna biru. Warna biru-hijau muda di sini menunjukkan kedalaman air yang dangkal dan terumbu karang di bawah permukaan, sedangkan warna biru yang lebih gelap menunjukkan air yang jauh lebih dalam. Belize Barrier Reef terbuat dari banyak cayes , atau kunci , dan atol . Ekosistem terumbu karang rentan terhadap kerusakan akibat peristiwa alam seperti pola cuaca El Nino dan angin topan.  

Awan di atas Arab Saudi

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS047-E-57170-57184
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS047-E-57170-57184

Dinding awan merambah wilayah Al-Qassim Arab Saudi di tengah Semenanjung Arab. Sudut miring ini menunjukkan dinding awan yang tinggi ke atmosfer. Memudar bertahap di atas awan dari biru muda menjadi hitam dikenal sebagai dahan bumi .  

 Di dekat foto ini adalah kota Madinah, Arab Saudi adalah negara terbesar di dunia tanpa sungai besar. Namun, Arab Saudi memiliki banyak garis pantai di sepanjang Laut Merah, Teluk Suez, dan Teluk Persia.  

Laut Aral Utara, Kazakhstan

Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS044-E-2474
Sumber : https://eol.jsc.nasa.gov/ISS044-E-2474

Tingkat air Laut Aral terus berubah seiring waktu. Meskipun disebut laut, badan air ini sebenarnya adalah danau endorheik besar tanpa aliran air. 

Laut Aral telah menyusut secara signifikan sejak tahun 1960-an karena dua sungai sumber utama dialihkan untuk pertanian. Garis pantai yang surut dapat dilihat dalam gambar abstrak seperti seni dari Laut Aral Utara ini.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BUDI RAHARJO