Pencinta Pedas Wajib Tahu Aneka Jenis Cabai Ini!

Pencinta Pedas Wajib Tahu Aneka Jenis Cabai Ini! 1

Bagi kamu pencinta makanan pedas terutama sambal, kamu harus tahu aneka jenis cabai ini. Bisa dikatakan, cabai menjadi salah satu bumbu dasar atau bumbu wajib pada aneka jenis masakan Indonesia. Pasalnya, kebanyakan orang Indonesia menyukai masakan yang ada cita rasa pedasnya. Apabila pada masakan tersebut tidak ada sensasi pedasnya, maka sambal pun akan menjadi incaran.

Meski sama-sama akan memberikan sensasi pedas pada makanan, tetapi jenis-jenis cabai ini akan sedikit memengaruhi cita rasa pada masakan. Tiap-tiap jenis cabai juga memiliki tingkat pedas yang berbeda, loh. Nah, agar kamu mendapatkan tingkat pedas yang kamu inginkan dan sesuai dengan jenis hidangan yang kamu masak, kamu perlu mengetahui aneka jenis cabai. Berikut merupakan beberapa jenis cabai yang biasa ditemukan dan digunakan pada masakan Indonesia.

1. Cabai Rawit

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Cabai rawit merupakan cabai yang paling dikenal banyak orang dan biasa digunakan pada aneka jenis masakan atau makanan pedas. Cabai rawit ini memiliki tingkat kepedasan yang tinggi, sehingga cabai rawit ini biasa ditambahkan pada masakan atau makanan yang memang memiliki cita rasa pedas, terutama pada sambal. Umumnya, cabai rawit ini memiliki dua jenis, yaitu cabai rawit hijau dan cabai rawit merah. Cabai rawit hijau biasa digunakan sebagai lalapan untuk menemani gorengan, sedangkan cabai rawit merah biasa digunakan untuk memasak dan membuat sambal.

2. Cabai Merah Besar

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sesuai dengan namanya, cabai jenis ini berwarna merah menyala dengan bentuk yang agak gemuk dan memiliki ujung lancip. Meski berwarna merah menyala dan berukuran besar, cabai jenis ini justru memiliki tingkat kepedasan yang rendah, jauh dari tingkat kepedasan cabai rawit. Cabai merah besar ini biasa digunakan sebagai campuran untuk menghasilkan warna merah menyala pada bumbu untuk sambal goreng, sambal balado, dan aneka bumbu masakan pedas lain.

3. Cabai Merah Keriting

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sama seperti cabai merah besar, cabai merah keriting ini juga memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Cabai merah keriting biasa dicampur pada aneka masakan tumisan dengan cara memotongnya secara serong untuk mempercantik tampilan masakan. Cabai merah keriting juga biasa digunakan sebagai garnish pada makanan. Cabai merah keriting memiliki bentuk yang kecil tetapi panjang dan keriting sesuai dengan namanya.

4.      Paprika

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain pedas paprika juga memiliki sensasi rasa yang sedikit manis. Paprika ini biasa dicampurkan pada salad sayur, aneka tumisan, seperti tumisan ayam, daging lada hitam, dan sebagainya. Paprika memiliki ukuran yang besar, hampir mirip dengan buah apel. Beberapa jenis paprika yang biasa digunakan untuk campuran masakan ialah paprika merah, paprika hijau, paprika kuning, atau paprika ungu.

5. Cabai Jalapeno

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Untuk kamu pencinta makanan pedas, kamu wajib merasakan sensasi pedasnya cabai jalapeno. Cabai jalapeno ini memiliki sensasi rasa yang pedas dan terasa sangat menggigit. Cabai jalapeno ini memiliki bentuk yang kecil tetapi tambun dan berwarna hijau tua menyala. Selain digunakan sebagai campuran pada beberapa jenis masakan, cabai jalapeno juga biasa dijual dalam bentuk acar dengan kemasan botol kaca.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh