Pendampingan Masyarakat Menghadapi Era New Normal Bagi Warga Kerten Melalui Program KKN UNS


Pendampingan Masyarakat Menghadapi Era New Normal Bagi Warga Kerten Melalui Program KKN UNS 1

Istilah new normal sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Setelah diberlakukan lockdown dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa kota di Indonesia, pemerintah akhirnya mengeluarkan peraturan pemberlakuan new normal untuk memperbaiki keadaan perekonomian masyarakat Indonesia yang terbengkalai akibat pandemi covid-19. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memutus tali persebaran covid-19 dengan tetap menjalankan roda perekonomian, UNS mengadakan kegiatan KKN yang dilakukan oleh setiap mahasiswa semester 6 sesuai dengan domisili masing-masing untuk memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tidak tertular covid-19.

Program kegiatan KKN COVID UNS
Program kegiatan KKN COVID UNS

Nur Pratama Jofi Saputra  merupakan seorang mahasiswa PGSD UNS melakukan kegiatan pendampingan kepada masyarakat untuk menghadapi era new normal melalui kegiatan KKN Covid-19 batch 3 di Desa Kerten RT 02 Rw XI, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta dengan bimbingan dosen Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M. Si dalam Kegiatan KKN Covid-19 batch 3 ini berlangsung dalam jangka waktu (1 Juni) hingga (17 Juli 2020) yang dilakukan secara individu melalui daring. Dalam pelaksanaan KKN Covid-19 ini, Nur Pratama Jofi Saputra  mengambil tema supporting pemahaman masyarakat yang mempunyai 3 program kerja antara lain Sosialisasi secara online yaitu dengan mengirimkan informasi mengenai hidup di era new normal selama masa pandemi covid-19 melalui WhatsApp Grup, pelatihan pembuatan handsanitizer sederhana untuk mayarakat, dan pengadaan MMT mengenai sosial distancing guna menyuarakan dan mengedukasi masyarakat mengenai new normal. Masyarakat sangat mengapresiasi adanya KKN Covid-19 meskipun kegiatan dilakukan dengan individu.

Kegiatan masyarakat memahami proses pembuatan handsanitizer sederhana
Kegiatan masyarakat memahami proses pembuatan handsanitizer sederhana

Keberlangsungan kegiatan KKN Covid-19 berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala. Kegiatan diskusi melalui whatsapp grup berjalan sesuai dengan ekspektasi, masyarkat ikut menyuarakan pendapat mengenai hal-hal yang berkaitan new normal. “Sebagian besar masyarakat sudah memahami bagaimana cara hidup di era new normal, mereka sudah memakai masker ketika keluar rumah dan menerapkan sosial distancing untuk menghindari penyebaran covid-19 karena Surakarta masuk dalam kategori zona merah sehingga masyarakat selalu berhati-hati.”ujar Jofi Saputra.

Pemasangan MMT ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan
Pemasangan MMT ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan

Keseluruhan program KKN berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Tokoh masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

jofi saputra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap