Penderitaan Seperti Inilah yang Dirasakan Anak, Saat Tahu Orangtuanya Selingkuh

Penderitaan Seperti Inilah yang Dirasakan Anak, Saat Tahu Orangtuanya Selingkuh

adalah persoalan besar dalam , yang dapat menjadi pemicu terjadinya perceraian. Korbannya tidak hanya pasangan yang diselingkuhi, tapi juga buah hati mereka yang akan menanggung derita berkepanjangan saat tahu orang tuanya berselingkuh, apalagi bila dampak dari itu berujung pada perceraian.

Tidak hanya sekedar derita yang berkepanjangan, yang berada dalam tekanan jiwa yang sangat berat, besar kemungkinan juga akan mengalami perubahan sifat dan perilaku yang menjurus kearah negatif, akibat tidak mampu menahan amarah, syok, gelisah, serta rasa malu terhadap lingkungan sekitarnya.

Baca juga  5 Tips Mengelola & Mengajari Anak Yang Posesif

 

Penderitaan Seperti Inilah yang Dirasakan Anak, Saat Tahu Orangtuanya SelingkuhMenurut Ana Nogales, seorang psikolog klinis yang juga penulis buku tentang , seorang yang mengetahui orang tuanya berselingkuh, akan mengalami penderitaan sekaligus perubahan sifat dan perilaku sebagai berikut:

1. Mereka akan sulit untuk mempercayai orang lain, karena beranggapan bahwa jika orang yang mereka cintai saja bisa berbohong, apalagi orang lain. Ketidakpercayaan terhadap orang lain tersebut bila tidak diatasi akan terbawa terus hingga dewasa, sehingga dikhawatirkan mereka tidak lagi memiliki komitmen pada satu orang, menganggap bahwa kesetiaan tidak penting dan bukan sebuah janji sakral yang harus dipertahankan.

Baca juga  Alasan anak tidak suka sayur, dan tips agar anak suka makan sayur

2. Beban mental yang luar biasa akan dirasakan oleh saat orangtuanya yang berselingkuh meminta dia untuk merahasiakan perbuatan tersebut. Ada perasaan bersalah pada dirinya karena harus mengkhianati salah satu dari orangtuanya, namun di sisi lain dia juga tidak ingin ayah dan ibunya bercerai. Beban mental yang berat tersebut dapat membuatnya menjadi depresi.

3. Emosi akan terbelah antara keinginan untuk dapat hidup damai bersama kedua orangtuanya dengan memendam rasa benci dan berharap orangtuanya yang berselingkuh pergi menjauh dari dirinya. Ketidakstabilan emosi tersebut dapat mengakibatkan perasaan marah, sedih dan bingung bercampuraduk menjadi satu, sehingga dalam kebingungan dia tidak mampu mengontrol aktifitasnya. Akibatnya, akan rentan terjerumus dengan melakukan aktifitas yang salah serta perilaku berisiko sekedar untuk dapat melampiaskan ketidakstabilan emosinya.

Baca juga  4 Tips Memilih Souvenir Ultah Anak

Melihat dampak buruk dari serta penderitaan yang harus ditanggung buah hati, masihkah para orang tua tega bermain api dengan mencoba untuk berselingkuh? (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan