Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

merupakan proses pembelajaran suatu pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan setiap orang dari generasi ke generasi lainnya. itu penting bagi setiap manusia karena mengajarkan banyak hal dan memberi pengalaman, karena dengan adanya manusia mempunyai wawasan dan ilmu yang luas. itu tidak pernah bisa lepas dari kehidupan karena adalah faktor utama dari berkembangnya manusia dan negara.

tidak hanya mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, tetapi dalam juga diajarkan caranya toleransi, bekerja sama, berfikir positif, dan berbagai hal dalam bentuk sosial karena tidak bisa lepas dari kehidupan sosial.

Pada awalnya dilakukan secara tatap muka, namun sekarang dilakukan secara online atau daring. Pelaksanaan belajar secara online ini tidak efektif karena mengingat pelaksanaan secara offline saja masih banyak orang yang kesusahan dalam mendapatkan , terutama orang yang tidak mampu. daring dimulai ketika di Indonesia terinfeksi virus 19, sehingga pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Baca juga  5 Tempat Alternatif WFH Selain di Rumah Sendiri

Pendidikan yang dilakukan secara daring ini kurang efektif dan bisa dibilang membuat pendidikan menurun, karena menjadi timbul banyak masalah dalam hal pendidikan daring yang tidak berjalan dengan baik ini terjadi karena beberapa faktor di antaranya :

Masalah soal gadget

Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

Karena tidak semua orang sekarang memiliki gadget yang canggih seperti sekarang ini.

Baca juga  Jangan Menyekolahkan Anak Terlalu Dini

Jaringan atau sinyal

Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

Jaringan juga menjadi pengaruh dalam pembelajaran daring karena semua Aplikasi yang digunakan memerlukan jaringan, karena jaringan yang tidak stabil jadi menghambat pembelajaran daring seperti masyarakat pedesaan yang kesulitan daalam hal jaringan.

Paket Jaringan atau kuota

Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

Paket jaringan juga menjadi pengaruh karena semua aplikasi daring memerlukan kuota, karena kuota memerlukan biaya untuk membelinya sehingga jadi masalah bagi masyarakat yang berekonomi rendah.

Ruang penyimpanan

Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

Dalam melakukan daring pasti tidak hanya menggunakan 1 Aplikasi melainkan beberapa aplikasi seperti: Zoom, Google Meet, Google Classroom dan sebagainya. Ini menjadi kendala apabila gadget yang di gunakan mempunyai penyimpanan yang rendah.

Baca juga  Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kuliah Onine

4 hal ini saling berkaitan dan sangat penting jika salahh satunya tidak ada, maka tidak akan sangat kesulitan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

Pemerintah sudah menanggulangi 4 permasalahan di atas, namun tetap saja masih ada masyarakat yang tidak mendapat kan bantuan untuk melakukan pembelajaran online. Karena luas nya wilayah Indonesia yang menjadikan sulit menjangkau masyarakat yang berada di pedesaan atau pedalaman, sehingga masih ada masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan. Agar semuanya mendapatkan bantuan supaya pendidikan di Indonesia tetap lancar walaupun dilaksanakan secara daring

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lintang surya