Penting ! Cucilah Pakaian Baru Sebelum Dipakai, Ini Penyebabnya

Penting ! Cucilah Pakaian Baru Sebelum Dipakai, Ini Penyebabnya

Pada umumnya kebanyakan orang setelah memberi pasti akan langsung dikenakan tanpa mencucinya terlebih dahulu. Kemungkinan kamu bisa terkena akibat yaitu merah hingga menyakitkan.

Menurut Dermatolog dari Case Western Reserve University, Dr Susan Nedorost menjelaskan bahwa dermatitis kontak alergi adalah salah satu penyebab yang bisa timbul. Jika terpapar, salah satu reaksi yang akan muncul adalah ruam.

Dilansir dari Time menjelaskan bahwa “Ketika melihat dermatitis kontak alergi dari pakaian, biasanya berasal dari pewarna”, ujar Susan.

Penting ! Cucilah Pakaian Baru Sebelum Dipakai, Ini Penyebabnya

Salah satu penyebab keluarnya zat pewarna larut adalah bisa dari keringat dan gesekan antara tubuh dan pakaian yang menyebabkan zat pewarna keluar.

Baca juga  Kebiasaan Mengoles Odol Saat Terkena Luka Bakar, Kulit Wanita ini Bengkak

Contohnya pakaian olahraga yang berbahan elastis dan tahan air sering menyebabkan seseorang menderita dermatitis kontak alergi.

Menurut Dr Susan, saat mencuci akan mengurangi resiko seseorang terkena zat pewarna yang menyebabkan munculnya reaksi alergi pada tubuh.

Ruam adalah bukan satu – satunya masalah kesehatan yang timbul akibat bahan kimia dari pakaian.

Pada studi kasus di Universitas Stockholm di Swedia, mereka menemukan senyawa kimia yang disebut quinoline itu cenderung lebih tinggi berada di dalam pakaian berbahan poliester.

Baca juga  5 Alasan Penting Mengapa Sahabat Kuliah Adalah Sahabat Yang Terbaik di Hidupmu

Bahan tersebut menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat termasuk golongan karsinogen yang sangat  berpotensi terkena kanker.

Selain itu, Profesor kimia di Universitas Stockholm, Ulrika Nilsson menjelaskan bahwa nitroanilin dan benzothiazoles adalah dua senyawa kimia yang berada didalam pakaian juga berpotensi memicu dampak buruk untuk kesehatan, salah satunya bisa terkena kanker.

David Andrews, seorang ilmuawan dari Environmental Working Group mengatakan bahan kimia yang termasuk kedap air juga sering disebut fluorosurfaktan atau PFAS memiliki sedikit atau bisa dibilang tidak bisa memastikan bahwa itu adalah bahan kimia yang aman.

Baca juga  Salut, Demi Mimpinya Wanita ini Hidup Hanya Dengan Rp 20 Ribu Perhari Selama 16 Tahun

Ulrika Nilsson juga mengatakan bahwa mencuci akan mengurangi kandungan kimia yang terdapat pada tersebut, terutama bahan kimia yang mungkin tersisa dari pembuatan pakaian itu.

Karena itu sebaiknya saat setelah membeli sebaiknya di cuci dulu agar terhindar dari bahan – bahan kimia yang berbahaya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng