Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Dunia Bisnis

Seiring dengan teknologi  yang  terus menerus berkembang maka  dunia bisnis pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dimana banyak perusahaan start-up yang mulai bermunculan.

Perkembangan teknologi membantu perusahaan beroperasi  dengan lebih efektif dan efisien serta  mempermudah kelancaran bisnis dengan menyediakan informasi  yang  terkini  sehingga dapat selalu beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan  konsumennya.

Pihak penyedia pembayaran digital semakin bertambah dan siap bersaing dengan selalu mengembangkan teknologi yang semakin canggih di aplikasi yang dimilikinya.

Dengan perkembangan teknologi digital ini masyarakat mempunyai  beberapa pilihan  pembayaran digital yang ada, diantaranya GoPay, OVO, LinjAja, Dana, ShopeePay dll.

Pada saat ini aplikasi digital sudah mencakup banyak sektor, diantaranya fasilitas dalam kemudahan untuk mendapatkan makanan, transportasi, pulsa, pembelian tiket Hotel,  belanja di supermarket, pembayaran tagihan, dan lain-lain.

Penggunaan teknologi mempermudah kegiatan operasional perusahaan dan mengurangi  biaya operasional secara keseluruhan. Dengan adanya pemilihan Software yang  tepat tentunya akan mempercepat kerja , sehingga pembagian waktu dan pekerjaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Di era digital saat ini masyarakat lebih cenderung untuk  melakukan transaksi pembayaran non tunai. Para konsumen memanfaatkan aplikasi pembayaran digital yang tersedia di perangkat selular.

Baca juga  5 Keuntungan Perempuan Melakukan Pengembangan Diri

Kehadiran transaksi digital ini semakin digemari karena didukung oleh kenyamanan,  ketersediaan layanan, diskon, dan poin reward, dan kemudahan dalam penggunaannya.

Pihak pembeli dan penjual dapat dengan cepat, aman, murah, dan real time mengetahui transaksi yang mereka lakukan. Pembayaran dilakukan dalam bentuk uang elektronik ( e- money), dompet elektronik ( e-wallet), ataupun QR Code.

Pada masa kini, laki-laki dan pun mempunyai kesempatan yang sama dalam memilih hal-hal yang disukainya  demi  mewujudkan antara laki-laki dan   di berbagai bidang.

ini tidak hanya penting dari segi moralitas dan keadilan, tetapi juga sangat penting untuk mendukung perekonomian.

Tentunya di era digital seperti  sekarang ini, peran dapat dikatakan sudah mulai setara dengan laki-laki dan sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Perkembangan dunia digital pun telah berhasil memperkecil celah diskriminasi gender dan melalui teknologi digital semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan banyak hal di dunia bisnis.

Baca juga  Antara Emansipasi Wanita & Kesetaraan Gender

Dalam melakukan aktivitas sehari-harinya terutama dalam hal berbelanja menggunakan pembayaran digital, ada perbedaan antara laki-laki dan .

Perbedaan yang terjadi  biasanya dalam hal keamanan, dimana lebih  memperhatikan segi  keamanan dan memilih yang paling aman dari pembayaran digital yang dipilihnya dibandingkan dengan laki-laki.

Bila dilihat dari kebiasaan berbelanja, bagi laki-laki penggunaan pembayaran digital itu dipengaruhi oleh kebiasaannya, sedangkan bagi dipengaruhi oleh niat perilakunya.

Bahkan di era seperti  sekarang, lebih dituntut untuk bekerja lebih ekstra dibanding sebelumnya. 

Yang mana selain bertindak sebagai ibu rumah tangga dan mengurus ,  juga diharapkan dapat membantu perekonomian keluarganya,misalnya dengan berjualan online di rumah.

Dan sudah banyak contoh-contoh sukses di era modern ini dengan berjualan online dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital ini.

mempunyai kesempatan dan peluang yang cukup besar untuk melakukan bisnis di era industri teknologi saat  ini.

Baca juga  Kemerdekaan Bagi Perempuan (Sebuah Catatan)

Dengan menguasai teknologi digital, maka perempuan pun dapat berkontribusi dan memperkuat sektor bisnis.

Sudah banyak contoh-contoh perempuan yang sukses menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Perempuan dapat mengambil peran yang sama dengan laki-laki, seperti di bidang programming, pengembangan teknologi, dan bidang-bidang lain yang berhubungan dengan teknologi digital lainnya.

Perempuan yang menguasai teknologi digital juga dapat menambah kemampuan, pengetahuan, dan informasi untuk menghadapi era digital ke depannya.

tidak hanya penting dari sisi moralitas, keadilan, tetapi juga sangat penting dan relevan dari sisi ekonomi.

Menurut hasil riset yang dikeluarkan oleh United Nations Women pada bulan Juli 2020, disimpulkan bahwa perempuan lebih banyak menggunakan internet untuk keperluan bisnis dibandingkan dengan laki-laki.

Di tataran usaha mikro, 54% perempuan menggunakan internet untuk memasarkan dan menjual produknya, dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 39% saja memanfaatkan internet.

Badan Ekonomi Kreatif ( 2017 ) menunjukkan bahwa keterlibatan perempuan dalam usaha kreatif 3x lebih rendah daripada laki-laki.

Meskipun demikian, perempuan lebih mudah terjun ke dunia kuliner dan dunia fashion seperti pakaian, aksesories, sepatu, tas, dan barang fashion lainnya dengan memanfaatkan media digital untuk mempromosikannya. Salah satu media digital yang saat ini banyak digunakan adalah Instagram.

Selanjutnya, terkait dengan adanya maka perempuan dapat berkontribusi dan  membantu dalam memperkuat bidang ekonomi.

Jadi tidak selalu laki-laki saja yang dapat memperkuat bidang ekonomi, tetapi perempuan juga dapat melakukan hal tersebut di era digital ini.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Tamara Christiane