Pentingnya Manajemen di Setiap Lini Kehidupan Mahasiswa Baru

Pentingnya Manajemen di Setiap Lini Kehidupan Mahasiswa Baru

Kebebasan yang didapat pasca membuat tidak dapat mengatur kehidupan akademik, pribadi, maupun sosial. Hal ini terjadi karena tidak adanya pengawasan yang ketat, terlebih bagi yang tinggal jauh dari orangtua. Tidak jarang memiliki kebebasan mutlak, hingga berdampak pada bidang akademik yang berantakan, kehidupan pribadi, serta kehidupan sosial yang tidak teratur.

Zaman digitalisasi seperti sekarang telah memudahkan para untuk mengakses informasi tentang bagaimana cara menerapkan manajemen yang baik dalam berbagai aspek. Agar tidak terlena dan kehidupan sehari-hari menjadi lebih teratur, maka perlu untuk menerapkan fungsi-fungsi manajemen pada setiap lini kehidupannya.

Faktor manajemen terpenting bagi adalah manajemen waktu. Kegiatan sehari-hari yang tidak efisien dan efektif, aktivitas yang tidak teratur, jadwal berantakan, dan mudah lelah merupakan beberapa akibat jika tidak berhasil menerapkan manajemen waktu yang baik. Kunci tercapainya manajemen waktu yang tepat guna adalah perencanaan dan kedisiplinan yang harus selalu diterapkan.

Baca juga  5 Buku Kuliah yang Bisa Dibaca Anak SMA!

Susunlah kegiatan sehari-hari menurut skala priorias dari kegiatan yang harus dilakukan, sebaiknya dilakukan, dan menyenangkan bila dilakukan. Ketika mampu mengelola waktu dengan baik maka kegiatan organisasi, akademik, hobi, dan sosial bisa dilakukan walaupun dengan keterbatasan waktu yang ada.

Menurut Lead Financial Trainer QM Financial, Ligwina Hananto dalam “Talkshow Financial Planning ala ”, status merupakan era yang tepat untuk bereksperimen dan bereksplorasi dalam manajemen keuangan karena masih belum memiliki banyak kebutuhan hidup.

Mengatur keuangan menjadi unsur penting untuk dapat mendukung kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk saat ini, namun juga sebagai bekal hidup di masa depan. Pengelolaan keuangan yang baik secara sederhana adalah total pengeluaran tidak melebihi total pemasukan.

Baca juga  5 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu dan Tidak Menumpuk

Buatlah anggaran keuangan untuk setiap bulannya dan patuhi rencana anggaran yang telah dibuat. Pengeluaran untuk kebutuhan pokok harus diutamakan dan pengeluaran untuk keinginan dapat diupayakan.

Tidak hanya itu, mengontrol kehidupan sosial juga penting dilakukan mengingat adanya kebebasan yang baru didapat pasca . Dr. Hartono dalam “Pentingnya Manajemen Waktu Bagi ” mengatakan bahwa “yang terpenting adalah menyadari tujuannya berada di ”.

Mahasiswa diharapkan cermat dalam memilih lingkungan pertemanan yang sehat dan tidak melupakan kewajibannya sebagai mahasiswa. Orang-orang yang ada di lingkungan sekitar adalah salah satu faktor kuat yang dapat membentuk kepribadian seseorang. Beranikan diri untuk menolak ajakan teman yang bisa menghambat perkembangan diri dan studi.

Baca juga  Suka Duka Jadi Anak DKV! Bener gak, nih?

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi manajemen perlu diterapkan di setiap lini kehidupan mahasiswa baru demi tercapainya kehidupan pribadi dan sosial yang teratur. Dapat dimulai dengan melakukan hal-hal kecil namun harus konsisten.

Mengatur waktu, keuangan, dan kehidupan sosial merupakan skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa di semua tingkatan, terlebih mahasiswa yang baru melakukan transisi dari . Saat duduk di bangku perkuliahan dan masih belum memiliki banyak tanggungan hidup merupakan kesempatan emas untuk melatih kemampuan manajemen karena akan sangat bermanfaat di masa depan. Sehingga kegiatan sehari-hari dapat dilakukan secara efektif, serta dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan cakap dikemudian hari.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

FELICIA ANGEL