Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak Setiap Bulan


Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak Setiap Bulan 1

Pertumbuhan anak meliputi perubahan fisik yang terjadi pada anak misalnya berat badan dan tinggi badan, sedangkan perkembangan meliputi bertambahnya fungsi dan struktur tubuh kearah yang lebih kompleks. Untuk memastikan terjadi perubahan fisik dan penambahan fungsi tubuh tersebut maka perlu dilakukan pemantauan terhadap anak.

Memantau pertumbuhan anak setiap bulan bertujuan untuk memonitor pertumbuhan anak, sehingga apabila diketahui masalah yang terjadi sejak awal, maka dapat sesegera mungkin dapat dilakukan pencegahan dan penanganan, sehingga kondisi anak tersebut tidak jatuh kekondisi yang lebih buruk.  

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui anak tumbuh dengan baik adalah:

1. Menimbang berat badan anak setiap bulan dan memastikan berat badan anak bertambah setiap bulannya.

2. Apabila anak memiliki Kartu Menuju Sehat KMS), ibu dapat memastikan anak tetap berada digaris hijau tua. Kenaikan berat badan anak dapat dilihat pada KBM (Kenaikan Berat Badan Minimal) pada KMS. Sehingga setiap anak dapat mencapai kenaikan berat badan minimal sesuai usianya. Apabila berat badan anak berada digaris kuning dan garis merah, ibu perlu menambah asupan nutrisi seimbang anak atau bila perlu membawa kepetugas kesehatan.

3. Gunakan Pita LILA (Lingkar Lengan Atas), dengan mengukur LILA pada lengan anak pada keadaan darurat, ibu dapat mengetahui apakah anak mengalami risiko kekurangan nutrisi. Mengukur LILA adalah dengan cara mengukur pada pertengahan antara bahu dan siku tangan. Gunakan pengukur LILA yang sesuai dengan usia Anak. LILA anak berada diwarna hijau menunjukkan kondisi gizi anak baik, dan apabila warna kuning maka ibu perlu menambah asupan makan anak, jika LILA sudah menunjukkan di warna merah sebaiknya segera bawa ke petugas Kesehatan.

4. Menggunakan IMT (Indeks Massa Tubuh). Cara menghitung IMT adalah dengan menghitung Berat Badan (kg) dibagi dengan Tinggi Badan Anak dikali Tinggi Badan Anak. Perhitungan tersebut adalah IMT normal anak.

5. Nilai Status Nutrisi Anak melalui Berat Badan dan Tinggi Badan dibandingkan dengan Grafik Pertumbuhan. Pernilaian ini biasanya digunakan oleh tenaga Kesehatan untuk melihat anak tumbuh Normal atau mengalami masalah Gizi seperti pendek (stunting), kurus (wasting) and berat badan kurang (underweight).

6. Menggunakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK), dan lakukan tindak lanjutnya sesuai dengan usia dan kondisi anak.

Pentingnya mengetahui kondisi anak lebih awal akan membantu ibu memberikan pola asuh yang tepat. Ibu tidak perlu khawatir tentang kondisi anak. Dengan memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai usianya, maka ibu sudah melakukan yang terbaik untuk anak.

Beberapa tips yang dapat ibu lakukan

1. Pastikan tumbuh kembang anak setiap bulan termasuk sejak dalam kandungan, apabila diketahui ada masalah segera segera berikan Tindakan.

2. Penuhi nutrisi seimbang anak. Makanan anak terdiri dari makanan pokok, buah dan sayur, protein hewani dan protein nabati pada setiap kali makan. Untuk anak yang masih dibawah enam (6) bulan, pastikan bayi hanya mendapatkan ASI saja tanpa diberikan makanan dan minuman lain.

3. Perhatikan Kesehatan anak, termasuk imunisasi, pemberian Vitamin A dan bbat cacing. Bawa ke petugas Kesehatan apabila anak sakit.

4. Perhatikan kebersihan

5. Bekerjasamalah dengan keluarga untuk memberikan lingkungan yang aman bagi anak.

Memastikan tumbuh dan kembang anak melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan anak setiap bulan, merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk memastikan anak bertumbuh dan berkembang dengan baik. Pastikan berat badan dan tinggi badan anak kita bertambah setiap bulan niscaya anak kita bebas dari masalah pertumbuhan, stunting, wasting, dan underweight.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bawang Merah

   

Seorang yang menumpahkan kekesalan, sedih, amarah, bahagia dan rasa syukur dengan menulis. Menulis adalah teman suka duka. Juga seorang Konselor Menyusui, Pegiat Anak, dan peduli dengan seputar anak.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap