Pentingnya Mengenal dan Meningkatkan Bakat Anak Sejak Dini


Pentingnya Mengenal dan Meningkatkan Bakat Anak Sejak Dini 1

Setiap orang yang terlahir di dunia diberkati dengan bakatnya masing-masing. Identifikasi dan pengembangan bakat sejak dini merupakan hal yang sangat penting, agar di masa depan bakat tersebut dapat diaplikasikan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Di era modern saat ini, dibutuhkan sumber daya manusia yang cerdas dan berbakat. Kecerdasan dan bakat tersebut dapat diasah sejak dini di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah.

Pernahkah kalian mendengar siswa SMP yang dapat membuat robot dengan bahan dasar limbah? Mereka adalah Aryo Budi, Pandu Crisna, Andala dan Rendy Permana, siswa SMPN 1 Kecamatan Sambeng, Kabupaten, Lamongan 

Mereka berhasil mengubah limbang menjadi sebuah robot yang bekerja dengan tenaga air. “Kami belajar dari Youtube yang kemudian kami terapkam sesuai dengan kondisi kami di Lamongan, terutama di daerah Sambeng,” ujar salah seorang siswa, Pandu Crisna.

Pandu menuturkan, selain belajar dari Youtube, ia juga mengaku menyukai dunia robotika dan elektronika sejak kecil. “Sudah sejak kecil mencintai robot dan kebetulan ayah saya adalah tukang servis jadi sedikit mengerti tentang dunia elektronika”.

Dari cerita tersebut, dapat kita simpulkan bahwa mengembangkan bakat sejak dini merupakan hal yang sangat penting agar bakat yang dimiliki dapat terasah dan dikuasai secara maksimal. Lalu bagaimana cara mengembangkan bakat sejak dini?

1. Observasi dan Klarifikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengobservasi anak. Bakat yang dimiliki anak cenderung tidak terlihat, maka perhatikan setiap kegiatan anak di setiap harinya dengan melihat apa yang sering ia lakukan dan apa yang paling membuatnya tertarik.

Tahap ini membutuhkan waktu yang lama untuk mengobservasi bakat anak. Butuh kesabaran dalam mengobservasi aktivitas apa yang sering dan disukai oleh anakSetelah benar-benar yakin anak telah menunjukan bakatnya, maka langkah selanjutnya adalah klarifikasi. Tanyakan seputar kesehariannya, apa yang ia sukai dan apa yang membuatnya senang.

Misalkan anak anda suka bernyanyi, anda bisa bertanya lebih jauh tentang hal tersebut. Yakinkan diri anda bahwa ia memiliki bakat di bidang tersebut, oh anak saya berbakat dalam bernyanyi karena ia senang bernyanyi, bernyanyi dapat membuat ia bahagia dan dia memiliki suara yang indah. Selain itu dengan mengetahui bakat anak, orang tua dapat memanfaatkan momen tersebut untuk lebih dekat dengan anak

2. Berlatih

Ketika anda sudah mengetahui apa saja yang disukai anak anda, ajaklah anak anda untuk berlatih. Mungkin anak anda memiliki banyak sekali hal yang disukai, anda tidak perlu bingung, anda dapat melatihnya satu persatu. Ajaklah anak anda untuk berlatih bersama dan luangkan waktu anda.

Contohnya hari ini anda mengajak anak anda bermain musik, esok harinya ajak dia menggambar, dan seterusnya. Perhatikan semua aktivitasnya dan lihatlah perkembangannya dari hari ke hari. Jika sudah terlihat perkembangannya, buatlah jadwal berlatih yang mendukung perkembangan bakat anak anda.

Dukungan anda juga sangat mempengaruhi perkembangan anak, berikan anak dukungan dan juga apresiasi agar dia lebih bersemangat lagi untuk mengembangkan bakatnya.

3. fasilitas

Untuk mengembangkan bakat anak, anda dapat memberikannya beberapa fasilitas terkait bakatnya tersebut, baik di rumah dan juga di luar rumah. misalnya dengan ekstrakulikuler di sekolah yang sesuai dengan bakatnya, atau mendaftarkan anak kepada lembaga les khusus di bidang bakat itu.

Anda juga dapat membuatkan anak anda yang senang bermain basket sebuat lapangan kecil dengan ring basket, atau memberikan kanvas dan alat lukis jika anak anda suka menggambar, atau memberikan anak anda gitar untuk berlatih, dll.

Selain itu juga, anda dapat memasukkan anak anda ke sebuah komunitas agar ia dapat bertukar cerita dengan orang yang memiliki bakat yang sama. berikan juga beberapa cerita mengenai orang yang sukses dengan bakat seperti anak anda agar lebih termotivasi.

4. Berlatih

secara terus menerusHal terakhir yang harus dilakukan untuk mengembangkan bakat anak anda adalah mengajak anak untuk berlatih secara terus menerus, akan tetapi jangan terlalu memaksakan, karena anak juga butuh istirahat yang cukup.

Berikan banyak dukungan positif agar anak anda ulebih semangat dalam berlatih. Konsisten adalah kunci utamanya. Dengan begitu, bakat yang ada di dalam diri anak dapat berkembang dengan baik.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Afwa Fauza Usna

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap