Pentingnya Menggunakan Kosmetik yang Bersertifikasi Halal


Pentingnya Menggunakan Kosmetik yang Bersertifikasi Halal 1

Penggunaan produk kosmetik bagi sebagian wanita adalah salah satu penunjang untuk memiliki penampilan yang menarik.  Merebaknya produsen kosmetik yang telah ada saat ini semakin memberikan resiko yang besar bagi wanita untuk memilih produk yang berkualitas baik dan tidak memliki efek samping saat digunakan.  Khususnya bagi kaum wanita, Sangat penting untuk menggunakan kosmetik dalam beraktivitas sehari-hari.

Ada berbagai macam produk kosmetik yang diperjual belikan di Indonesia. Sebagian produk kosmetik yang diperjualbelikan telah mendapatkan sertifikasi halal namun, masih ada beberapa produk yang beredar belum memiliki sertifikasi halal. Akan tetapi, karena mayoritas penduduk Indonesia menganut agama islam, maka sebagian besar produk di Indonesia sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia)

Pentingnya Menggunakan Kosmetik yang Bersertifikasi Halal 3

Bagi kaum wanita Muslimah sangat penting tentunya untuk menggunakan produk kosmetik yang halal. Sebagian orang menganggap bahwa memakai produk kosmetik tidak halal tidak apa-apa, yang penting bukan produk yang dimakan atau yang dicerna oleh tubuh. Karena jika menggunakan kosmetik yang tidak halal mereka mengira sah-sah saja karena saat mengambil wudhu kosmetik tersebut bisa terbasuhi oleh air wudhu tersebut.

Nyatanya, kita memakai produk kosmetik bukan di bagian yang terkena basuhan air wudhu saja, akan tetapi kita menggunakannya hampir ke seluruh tubuh, contohnya pada saat kita menggunakan body lotion. Pada saat menggunakan body lotion, sebagian orang pasti akan menggunakannya ke seluruh tubuh.

Pentingnya Menggunakan Kosmetik yang Bersertifikasi Halal 4

Contoh lain yang menyebabkan produk tersebut dapat membatalkan ibadah kita ialah pada saat kita memakai sabun mandi yang tidak halal. Walaupun sabun tersebut telah terbasuhi oleh air saat kita mandi, maka sama saja produk tersebut telah melekat pada kulit kita. Belum lagi jika produk tersebut mengandung bahan najis atau haram, maka sama saja seperti kita memakai produk yang haram pada tubuh. Jangan sampai wanita Muslimah memakai produk yang haram demi tampil cantik setiap hari. Jika kita juga tetap menggunakan produk yang tidak diketahui kejelasannya dapat membuat ibadah tidak diterima.

Banyak produk kosmetik yang mengandung bahan campuran dari hewan, tumbuhan, atau lainnya. Sebagian produsen hanya mencantumkan beberapa bahan saja, tidak dicamtumkan semua bahan. Hal tersebut membuat konsumen tidak tahu kejelasan bahan yang terkandung dalam produk yang dikonsumsinya sehari-hari. Maka konsumen sebagai pengguna perlu berhati-hati pada saat memilih produk kosmetik yang akan digunakan. Jangan asal memilih produk yang penting murah dan membuat diri terlihat cantik.

Pentingnya Menggunakan Kosmetik yang Bersertifikasi Halal 5

Produk kosmetik yang halal akan mengandung bahan baku yang aman bagi kulit dan juga memiliki proses produksi yang bersyariatkan Islam dan tidak menyakiti makhluk lain. Selain produk kosmetik halal dapat mempercantik kulit, produk tersebut juga terbuat dari bahan yang aman dan terpercaya, karena dibuat dengan proses sesuai dengan syariat Islam. Ibadah pun dapat diterima karena jauh dari bahan-bahan bernajis atau zat yang haram.

Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita Muslimah selektif untuk menggunakan produk kosmetik yang telah jelas kehalalannya, seperti memiliki logo halal pada kemasana dan juga memiliki sertifikasi halal oleh Lembaga MUI (Majelis Ulama Indonesia) Untuk memastikan produk yang digunakan halal atau tidak, konsumen dapat melihat bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut.  Jika terjadi ketidak jelasan pada bahan yang dituliskan pada kemasan produk, wanita sebagai konsumen harus menanyakan kepada penjual atau pemilik produk kosmetik tersebut.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Hafidzah Mutia

   

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Nisrina Nuralifah

terimakasih kak,sangat bermanfaat

Nurmalasari

Maa syaa Allah, sangat bermanfaat.