Pentingnya Merawat Skin Barrier

Pentingnya Merawat Skin Barrier

tersusun atas berbagai lapisan salah satunya epidermis. Lapisan stratum corneum atau barrier merupakan lapisan terluar dari epidermis kulit yang berfungsi sebagai pelindung, menghalangi seperti bakteri atau masuk ke kulit, sekaligus berperan kelembaban kulit dengan mencegah kehilangan air dari kulit.

Baca juga  5 Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan Efektif

Pada lapisan skin barrier ini terdapat keratin, air sebagai kelembaban dan komponen lipid.

Sumber gambar : https://lesliebaumannmd.com/what-is-the-skin-barrier/
: https://lesliebaumannmd.com/what-is-the-skin-barrier/

Kerusakan pada skin barrier menyebabkan kulit menjadi mudah dehidrasi, , bahkan penggunaan pun tidak akan memberikan bagi kulit.  

Kerusakan pada skin barrier disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah gaya hidup, yang dikonsumsi, serta penggunaan skincare yang terlalu dan terlalu sering mengeksfoliasi kulit. Untuk memperbaiki skin barrier dapat dimulai dengan menggunakan basic skincare.

Baca juga  Jangan Asal Pencet Jerawat! Cara Mengatasi Wajah yang Muncul Jerawat

Kenalilah jenis dan masalah kulit yang dialami, serta pilihlah skincare dengan yang memang dibutuhkan oleh kulit. Kandungan skincare yang bagus untuk merawat skin barrier adalah ceramide, niacinamide, dan B5.

Baca juga  4 Fungsi Toner dalam Rangkaian Perawatan Kulit Wajah

Ceramide juga terdapat secara alami pada lapisan skin barrier. Selain ceramide, komponen lipid yang juga terdapat pada skin barrier adalah kolesterol dan asam lemak bebas. 

berikutnya untuk menjaga kekuatan skin barrier adalah selalu menggunakan sunscreen khususnya ketika beraktivitas di bawah sebagai perlindungan terhadap sinar UV.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nur