Pentingnya Revolusi Akhlak Terhadap Pembangunan & Kesejahteraan Perekonomian

Pentingnya Revolusi Akhlak Terhadap Pembangunan & Kesejahteraan Perekonomian 1

Akhlak merupakan hal paling penting dalam kehidupan kita sehari hari. Akhlak juga dapat di katakan sebagai sebuah system yang mengatur tingkah laku dan sikap yang di jalani dalam kehidupan sehari hari. Dengan akhlak kita bisa mengetahui bagaimana baik buruk nya hubungan seseorang baik itu hubungan vertical dengan tuhan pencipta alam semesta atau hubungan horizontal yaitu hubungan manusia dengan manusia.

Revolusi akhlak sangat di butuhkan sangat ini guna membenahi dan mengatasi berbagai macam kekacaun.Dengan akhlakul karimah yang di implementasikan oleh setiap individu masyarakatnya dalam segala aktivitas,insha allah negri ini akan berkembang pesat, negri ini akan menjemput kejayaan yang sudah lama di nanti-nanti. Di artikel ini kita akan membahas, Apa sih, pengertian akhlak itu sendiri? Dan apa sih pengaruh akhlak itu sendiri terhadap pembangunan dan kejayaan perekonomian Indonesia.

Kata “Akhlak” berasal dari bahasa arab, jamak dari khuluqun خُلُقٌ yang menurut bahasa berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Kata tersebut mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan khalqun خَلْقٌ yang berarti kejadian, yang juga erat hubungannya dengan khaliq خَالِقٌ yang berarti pencipta; demikian pula dengan akhluqun مَخْلُوْقٌ yang berarti yang diciptakan.

Secara epistemologi atau istilah akhlak bisa diartikan berbagai perspektif sesuai dengan para ahli tasawuf diantaranya : Ibnu Maskawaih memberikan definisi sebagai berikut:

وَرُوِيَّةٍ فِكْرٍ غَيْرِ مِنْ اَفْعَالِهَا اِلَى لهَاَ ا دَاعِيَةٌ لِلنَّفْسِ حَالً

Artinya: “Keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran (lebih dahulu)”.

Menurut ajaran agaam islam, akhlak itu terbagi menjadi dua macam yaitu akhlakul karimah (akhlak terpuji) dan akhlakul mazmumah yaitu akhlak tercela. Akhlakul karimah atau yang umumnya di sebut akhlak terpuji merupakan macam akhlak yang harus di miliki oleh setiap umat muslim. Salah satu contoh krusial dalam akhlakkul karimah adalah jujur dan dalam islam jujur sangat di tekan kan baik itu dalam perbuatan maupun perkataan sebagaimana di sebutkan:

“quill haqqa walau kaana murran”

Yang artinya “katakana lah yang sebenarnnya walaupun itu pahit’

Sedangkan akhlakul mazmumah yaitu akhlak tercela. hal ini merupakan salah satu tindakan buruk yang harus di hindari oleh setiap manusia. Akhlakul mazmumah harus dihindari karena dapat mendatangkan mudharot atau dampak negative bagi individu sendiri atau orang lain.

Revoulsi akhlak adalah suatu gerakan untuk mengubah cara berpikir,bersikap,berprilaku seseorang secara mendasar dalam jangka waktu yang sangat cepat. Revolusi akhlak juga merupakan Gerakan untuk mengubah tingkah laku mazmumah menjadi tingkah laku yang mahmudah dan karimah.

Sedih rasanya melihat keadaan Indonesia saat ini, Indonesia berada di ambang batas kekacauan. Banyak sekali kasus yang terjadi di Indonesia ini di sebabkan karena minimnya akhlak dan hal ini terjadi pada masyarakat itu sendiri dan begitupula terjadi dengan pemerintahnya. Dari masyarakat, sekarang banyak sekali orang-orang yang ingin viral terkenal dengan instan sehingga mereka menghalalkan segala cara untuk mencapai itu.

Bahkan demi konten mereka rela melakukan hal hal yang konyol,negatif dan hal-hal yang bertentangan dengan etika demi viral. Sehingga rasa malu dan harga diri pun sudah tidak di perdulikan lagi. Sedangkan dari pemerintahnya, di karenakan minimnya akhlak dan iman sebagian dari mereka mengabaikan janji janji dan sumpah sumpah yang pernah mereka haturkan demi memperkaya diri mereka masing masing tanpa memperdulikan rakyat nya yang miskin, kelaparan dan terbengkalai.

Hal yang terjadi saat ini adalah pesat nya perkembangan ilmu pengetahuan,teknolgi tapi tidak di barengi dengan akhlak. Sehingga mereka mereka yang pintar mengaagung agungkan kepintaran nya dan lupa diri bahwasanya dirinya hanyalah seorang hamba.

Kunci dari semua permasalahan ini adalah revolusi akhlak. Sudah saat nya kita meninggalkan perbuatan perbuatan buruk yang selama ini kita lakukan. Jikalau kita ingin negri kita ini berkembang pesat maka kita harus menjadi masyarakat yang berkeadaban. Masyarakat-masyarakat yang mematuhi peraturan, mencintai kedamaian dan patuh terhadap norma norma agama. Masyarakat yang berkeadaban memegang teguh atas prinsip dan etos kerja yang sesuai dengan norma hukum dan agama.

Korupsi adalah salah satu penyebab hancurnya sebuah Negara. Lihat saja hasil survei Transparency International (TI) yang hanya menempatkan Indonesia pada urutan ke-100 negara terbersih KKN dari 183 negara dengan IPK 3,0. Begitu pula dengan korupsi, ia sudah melekat pada bangsa ini. Sehingga sulit untuk memberantasnya.

Lemahnya sistem hukum dan penegakkannya, membuat seseorang mudah untuk melakukan tindakan korupsi. Bahkan hukuman yang ringan membuat orang tidak takut untuk melakukan tindakan korupsi.

Pemerintah yang memiliki akhlak mulia tidak akan melakukan korupsi karena dia punya rasa takut bahwasnaya dia selalu di awasi oleh allah swt dan sadar bahwasanya korupsi itu merupakan perbutan yang tercela. Sikap dan akhlak yang seperti itulah yang harus di tanamkan dalam setiap individu. Maka tidak di perlukan lagi hukuman yang berat untuk mengecam tindakan korupsi tapi cukup dengan kesadaran bahwasanya itu adalah suatu perbuatan yang tercela dan melanggar hukum. Dengan berkurangnya kasus korupsi kita yakin pemerataan kesejahteraan akan tercapai. Dana dana yang seharus nya di salurkan untuk masyarakat akan tersalurkan dan akan di gunakan untuk meningkatkan kualitas hidup. Meningkatnya kualitas hidup masyarakat maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Mari bersama kita semerakkan ‘revolusi akhlak ‘ ini agar semua masyarakat tersadarkan akan pentingnya untuk berperilaku yang sesuai dengan prinsip prinsip akhlakul karimah demi terwujudnya pembangunan dan kesejahteraan yang signifikan untuk Indonesia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Johan Putramoro