Penulis Adalah Pemimpin Reformasi? Begini Penjelasannya

Penulis Adalah Pemimpin Reformasi? Begini Penjelasannya

Halo para pembaca dimana pun Anda berada. Pernahkah Anda mencoba untuk ? Entah itu sebuah puisi, pantun, cerita singkat, naskah atau karya tulisan apapun. Bila pernah, Anda wajib bersyukur. Sebab Anda adalah seorang . Loh, koq bisa? Bila Anda bingung dengan pernyataan di atas, yuk! Simak penjelasan kami di bawah ini, mengapa para layak disebut sebagai .

Akan tetapi, sebelum kita masuk ke inti pembahasan kali ini, ada baiknya bila kita sinkronisasikan persepsi kita tentang makna , arti , dan definisi . Tujuannya agar tidak terjadi kekeliruan dalam memahami apa yang akan kita sampaikan.

Pengertian

Penulis Adalah Pemimpin Reformasi? Begini Penjelasannya

Bila kita merujuk pada beragam sumber , tentu makna atau pengertian sangat bermacam-macam yah. Ada sajak, ada artikel, ada buku, skripsi, naskah, hingga status atau quotes di sosial media. Dari banyaknya jenis dan ragam ini, tentu melahirkan bermacam persepsi tentang arti dari seorang .

Lalu apa yang kami maksud penulis dalam tulisan ini?

Dalam pembahasan ini, penulis yang kami maksud yaitu setiap sosok yang pernah melakukan aktivitas tulis-, dengan topik apapun, dan dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Dalam pengertian lain, setiap dari kita adalah seorang , yakni bagi dirinya sendiri.

Baca juga  Inilah 3 Poin Penting Pengambilan Keputusan yang Wajib Pemimpin Ketahui

Karena pembahasan kita bersifat global, maka makna yang perlu kita ingat disini adalah sosok yang mampu mempengaruhi orang lain untuk mendukung dirinya, agar tercapai tujuan yang diinginkannya. Sederhananya, mereka para ini memiliki suatu tujuan tertentu, dan salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitarnya.

Gimana? Sampai sini sudah ada gambaran?

Bila Anda telah memiliki gambaran tentang sosok . Berikutnya kami akan jelaskan 2 alasan mengapa sih penulis disebut sebagai sosok ? Berikut selengkapnya.

 

Alasan Pertama

Penulis Adalah Pemimpin Reformasi? Begini Penjelasannya

Bila berbicara mengenai berarti kita sedang membicarakan sosok atau tokoh yang mampu menggerakkan, serta mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitarnya. Tentu hal ini ada kaitannya dengan para penulis. Sebagaimana yang kita ketahui, para penulis kerap menyampaikan buah pikirannya kepada khalayak umum (publik), melalui perantara karya tulis.

Baca juga  Fakta Seputar Astrid Lindgren, 'Si Kaus Kaki Panjang'

Baik itu penulis buku, penulis di sosial media, ataupun penulis di media berbasis website, umumnya mampu mempengaruhi para pembacanya untuk melakukan tindakan, ataupun sekedar mendapat inspirasi dari tulisan tersebut. Oleh karenanya, ketika seorang penulis berhasil mempengaruhi para pembacanya, atau mampu menginspirasi untuk melakukan sebuah action, maka ia adalah sosok seorang pemimpin .

 

Alasan Kedua

Penulis Adalah Pemimpin Reformasi? Begini Penjelasannya

Adapun , tentu sudah sangat jelas bahwa adalah unsur dari sebuah perubahan. Bukan hanya sekedar perubahan pola pikir, tapi juga termasuk di dalamnya perubahan pemahaman, perilaku, hingga perubahan perasaan. Bahkan tidak hanya sampai disitu, alasan lain mengapa seorang penulis layak dijuluki sebagai pemimpin yaitu dengan sebab karya tulis yang telah mereka hasilkan mampu membawa perubahan dalam lingkup yang luas. Satu contoh sederhana saja, tahukah Anda, bahwa tulisan yang Anda baca saat ini dapat dihasilkan setelah terinspirasi oleh bacaan yang ditulis oleh orang lain?

Berangkat dari 2 kesimpulan di atas, maka sangat jelas bahwa para penulis sejatinya adalah sosok pemimpin di dunia ini. Percaya atau tidak, karya tulis yang dihadirkan oleh para penulis telah membawa perubahan besar pada hidup kita. Bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi bangsa dan negara.

Baca juga  Inilah 5 Tanda Pemimpin dengan Komunikasi yang Buruk, Apakah Anda Ada Didalamnya?

Bila Anda masih ragu, tahukah Anda Presiden ke-enam AS, John Quincy Adams? Beliau pernah mengatakan: “If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader”, yang artinya lebih kurang yaitu: Bila tindakan Anda mampu menginspirasi orang lain untuk bermimpi sesuatu yang tinggi, lakukanlah hal tersebut lagi, dan lagi, (dengannya) Anda akan menjadi pemimpin.

Bagaimana? Kira-kira sudah siap untuk lebih banyak? Untuk mengubah lebih banyak orang lagi, atau jangan-jangan setelah tulisan ini, Anda tergerak untuk menjadi seorang penulis? Apapun itu, satu hal yang perlu kita bersama, tulisan baik akan membawa perubahan kepada kebaikan.

Sampai jumpa pada tulisan kami berikutnya, dan jangan lupa Buktikan kepedulian kamu terhadap perkembangan di Indonesia dengan meng-klik button share kita yah. Terima kasih atas keluangan waktunya dan sampai jumpa!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Akhbar

   

Nama saya akhbar sanusi. Saya adalah seorang kontributor konten SEO di berbagai media online. Saat ini, saya sedang fokus mendalami dunia desain grafis, tanpa mengesampingkan interesting saya terhadap dunia search engine optimization.