Tata Cara Penulisan Gelar yang Benar

Penulisan gelar yang benar

Seperti diketahui bersama, adalah sebuah yang diberikan pada seseorang atas tingkat yang berhasil dicapai.

yang benar, biasanya diberikan tepat di belakang nama, dan diberikan dengan cara disingkat. Tapi bagaimana pemberian dan teknik itu sendiri !

Awal mula pemberian

Tata Cara Penulisan Gelar yang Benar

Dahulu akademik lulusan dalam negeri, biasanya diberi Drs. (Doktorandus) untuk laki-laki dan juga Dra (Doktoranda) untuk perempuan.

Kedua ini berasal dari bahasa Belanda, yang diberikan tanpa memandang disiplin ilmu yang diambilnya.  

Tapi sekarang, setelah keluarnya Keputusan Menteri dan Kebudayaan Republik No. 036/U/1993, tentang Gelar dan Sebutan Lulusan .

Maka pemberian dan tata cara gelar yang sebelumnya tidak berlaku lagi. Ada pedoman EYD / Ejaan yang Disempurnakan, yang digunakan sebagai pedoman gelar yang benar.

 

Pemberian gelar yang benar

Seperti yang selintas disebutkan di atas, gelar yang benar saat ini sudah diubah dengan menggunakan standar EYD dan aturan yang baru.

Pemberian gelar diploma

  • Untuk Diploma satu (D1), maka disebut dengan Profesional Ahli Pratama, disingkat jadi A.P.
  • Untuk Diploma dua (D2), maka disebut dengan Profesional Ahli Muda, disingkat jadi A.Ma.
  • Untuk Diploma tiga (D3), maka disebut dengan Profesional Ahli Madya, disingkat jadi A.Md.
  • Untuk Diploma empat (D4), maka disebut dengan Profesional Ahli, disingkat jadi A.

Pemberian gelar (S1)

Untuk pemberian gelar , biasanya diawali dengan huruf S, yang mewakili kata “”, sedangkan di belakangnya adalah nama studi yang diambilnya. Misalnya saja “ Agama” yang disingkat jadi S.Ag, atau , yang disebut dengan A.Pd. Untuk Hukum disebut dengan S.H.

Pemberian gelar Magister (S2)

Pemberian gelar Magister, tidak jauh berbeda dengan pemberian gelar , hanya yang membedakan adalah awalan yang diberikan bukan / S, melainkan Magister / M. Contohnya adalah M.H untuk Magister Hukum, dan yang lainnya.  

Pemberian gelar Doktor (S3)

Untuk pemberian gelar Doktor sendiri, biasanya semuanya studi sama, yaitu gelarnya Dr atau Doktor.

 

Baca juga  Akhir dari Pendidikan Kita

Tata cara gelar

Setelah mengetahui tentang gelar yang diberikan, berikutnya adalah tata cara gelar yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku / EYD.

  1. Setiap gelar akan ditulis dengan tanda titik sebagai antara antar huruf pada singkatan gelar yang diberikan.
  2. Gelar akan ditulis di belakang nama orang.
  3. Antara nama orang, dan juga gelar yang disandangnya, akan dibubuhi dengan tanda koma. Contohnya adalah Muhammad Zaiz, S.H.
  4. Yang perlu diperhatikan, ketika antara nama dan gelar tidak dibubuhi dengan tanda koma, maka gelar yang diberikan akan dianggap sebagai singkatan dari nama orang tersebut. Atau dengan kata lain, bukan berarti gelar.
  5. Apabila gelar yang dimiliki seseorang lebih dari 1, maka setelah nama, lalu antara gelar satu dan yang lainnya akan disisipkan tanda koma. Adapun contoh seseorang yang mempunyai gelar lebih dari 1 yaitu Muhammad Zaiz, S.H. M.M.

 

Baca juga  Kenali 4 Profesi di Bidang Akuntansi Secara Umum

gelar untuk Universitas di luar negeri

Teknik gelar, bagi seseorang yang kuliah di luar negeri juga tidak jauh berbeda, dengan teknik gelar di dalam negeri.

Dengan menggunakan huruf B dari Bachelor yang artinya , maka kemudian digabungkan dengan studi yang ditempuh oleh orang tersebut, dibelakangnya.

Misalnya saja B.Sc dari Bachelor of Science, atau juga B.A dari bachelor of arts.

Sedangkan untuk gelar Magister / S2, yang sebelumnya ditulis dengan huruf M, dari Magister. Ternyata tidak jauh berbeda. Tetap dengan menggunakan huruf M di depan, dan studi yang diambil di bagian belakang.

Misalnya saja, M.A unutk Master of Arts, M.Sc untuk Master of Science, dan yag lainnya.

Untuk gelar Doktor atau setingkat S3, maka akan ditulis kebalikannya. Dimana nama studi yang diambil, baru gelar D atau singkatan dari Doktor. Misalnya saja Ed.D Doctor of Education, Sc.D Doctor of Science, dan yang lainnya.

Teknik penulisan gelar seseorang yang lulus dari salah satu universitas di luar negeri tersebut, juga sama dengan di , yaitu di tulis di bagian belakang nama, yang sebelumnya diberi tanda koma terlebih dahulu.  

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan