Peradaban kuno di dunia, ada berapa banyak?


Peradaban kuno di dunia, ada berapa banyak? 1

Seringkali kita mengira peradaban kuno di dunia hanya ada Yunani dan Romawi Kuno. Atau, hanya mengenal mumi, piramida Giza dan Sphinx sebagai peninggalan peradaban Mesir kuno. Padahal ternyata setidaknya ada 10 peradaban kuno di dunia yang sudah diketahui para ahli.  

1. Peradaban Mesopotamia

Mesopotamia sekarang dikenal sebagai Timur Tengah lho, tepatnya Irak, Kuwait, Turki dan Syria. Diketahui juga kalau Mesopotamia adalah peradaban tertua di dunia. Nama Mesopotamia sendiri berasal dari kata “meso” artinya di tengah dan “potamos” yang artinya sungai dan termasuk ke dalam daerah yang diberi nama daerah Fertile Crescent alias Bulan Sabit Subur. 

Marduk, dewa tertinggi Babilonia (Sumber: www.history.com)
Marduk, dewa tertinggi Babilonia (Sumber: www.history.com)

Julukan itu didapat sebab letaknya yang berada di lembah antara Sungai Euphrat dan Tigris, sehingga tanahnya sangat basah dan subur. Diketahui manusia pertama yang menghuni Mesopotamia adalah pada zaman Paleolitik. Masyarakatnya dikenal sebagai masyarakat agraria dan ini terbukti dengan teknik irigasi yang diterapkannya. 

Penyebaran masyarakat agraria ini terus mengarah dari Utara ke Selatan kemudian dikenal sebagai bangsa Sumer. Kota metropolis pertama bangsa Sumer diketahui muncul pada 3200 SM dan bernama Uruk. Bangsa Sumer ini adalah bangsa pertama memperkenalkan pencatatan secara rinci dengan bahasa tulisan bernama cuneiform. Masyarakat lainnya yang muncul adalah Babilonia dan Assiria. Pada masa ini pula sebuah legenda bernama Epic of Gilgamesh yang dipercaya lahir di Uruk pada 2700 SM. 

2. Peradaban Lembah Indus

Lembah Indus dikenal sebagai peradaban India tertua di sepanjang sungai Indus yang sekarang terbentang antara Timur Laut Afganistan, Pakistan dan India Barat. Peradaban ini dipercaya muncul pada 2800 – 1800 SM atau zaman Perunggu.

Mohenjo Daro (Sumber: www.ibtimes.sg)
Mohenjo Daro (Sumber: www.ibtimes.sg)

Peradaban Lembah Indus ini juga dikenal sebagai peradaban Mohenjo Daro dan Harappan. Tingginya peradaban ini diketahui melalui reruntuhan bekas kota-kota besar yang diyakini berkembang pada 2500 SM. Kota-kota  besar ini dulunya memiliki masyarakat yang memanfaatkan aliran sungai Indus untuk pertanian dan perdagangan. Selain itu, diketahui juga masyarakatnya memiliki akurasi dalam pengukuran panjang, berat dan penentuan waktu.

Sebagaimana bangsa Sumeria di Mesopotamia, masyarakat di lembah Sungai Indus pun telah mengembangkan kerajinan dan seninya. Berdasarkan artefak yang ditemukan ketika ekskavasi, diketahui masyarakatnya unggul dalam pembuatan pahatan, patung, pengecoran logam dan pembuatan gerabah. 

3. Peradaban Mesir Kuno

Peradaban ini diyakini ada pada 3100 SM, meski begitu ternyata jejak peradabannya menunjukkan telah ada peradaban 2000 tahun sebelumnya yang dikenal sebagai zaman pra-dinasti. Bahkan, beberapa ahli menyakini bahwa peradaban Mesir Kuno jauh lebih dulu ada ketimbang Mesopotamia yang dibangun bangsa Sumer.

Ramses II di Kuil Luxor (Sumber: www.worldatlas.com)
Ramses II di Kuil Luxor (Sumber: www.worldatlas.com)

Kita menyebut Mesir sebagai Mesir akibat pengaruh dari bahasa Arab yaitu Misr yang berarti perbatasan atau kota berdinding. Sementara itu, bangsa Eropa menyebutnya sebagai Egypt yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Aigyptos/Aegyptus. Padahal konon, menurut para ahli masyarakat Mesir kuno menyebutnya Kemet atau Kime yang berarti tanah hitam saking suburnya.

Para ahli sejarah meyakini Mesir merupakan penyatuan dua kawasan Mesir Kuno oleh Raja Menes yaitu Mesir Dataran Tinggi dan Mesir Dataran Rendah yang berada di dekat Sungai Nil. Mesir Kuno memiliki sistem pencatatan tertulis alias heliograph yang berupa gambar untuk mengekspresikan suara dan makna. Konon, karya sastra pun muncul dengan menggunakan papirus meski tablet batu atau tanah liat masih juga digunakan. 

4. Peradaban Maya

Bangsa Maya adalah bangsa asli dari kawasan Mesoamerika dan rentang daerahnya cukup luas. Disebut Mesoamerika untuk menunjukkan kawasan Meksiko dan Amerika Tengah sebekum kedatangan bangsa Spanyol. Bangsa Maya memusatkan kawasannya mulai dari seluruh Semenanjung Yucatan dan Guatemala sekarang; Belize dan dua negara bagian Meksiko yaitu Tabasco dan Chiapas juga bagian barat Honduras dan El Salvador.  

Chichen Itza (Sumber: www.history.com)
Chichen Itza (Sumber: www.history.com)

Peradaban Maya memiliki beberapa periode yaitu Pra-klasik (1500 SM – 300 M), Periode Klasik (300 M – 900 M), dan mengalami masa keruntuhan pada 800 M – 900 M. Salah satu bukti peradaban bangsa Maya adalah komplek Chichen Itza yang dibangun oleh etnis Itza sebagai pusat kekuatan politik dan ekonomi. 

Pada periode Klasik, bangsa Maya membangun banyak kuil dan istana dengan bentuk piramida berundak berelief unik dan rumit. Bangsa Maya juga membuktikan bahwa mereka maju dalam matematika dan astronomi. Misalnya saja penggunaan angka nol dan pengembangan sistem kalender seperti Kalender Putaran yang didasarkan pada 365 hari, dan Kalender Hitungan Panjang yang dirancang bertahan lebih dari 5.000 tahun.

5. Peradaban Cina

Peradaban ini diketahui berlangsung sejak 1750 – 206 SM di lembah Sungai Kuning. Namun sejarah tertulisnya dimulai sejak Dinasti Shang yaitu pada 1750-1045 SM. Sementara pada 2070 SM, dinasti Xia diyakini menjadi kaisar pertama yang memerintah seluruh daratan Cina seperti yang dijelaskan dalam kronik sejarah kuno. Sejak saat itu, muncul dinasti-dinasti yang memegang kendali salah satunya adalah dinasti Qin atau Chin. 

Pasukan Terracotta di Makam Kaisar Qin (Sumber: www.history.com)
Pasukan Terracotta di Makam Kaisar Qin (Sumber: www.history.com)

Konon nama Cina sendiri berasal dari nama Shih Huang-Ti atau Qin Huang-Ti yang dibaca Chin Huang Ti. Peradaban Cina memiliki banyak peninggalan bergantung pada siapa penguasanya, sebut saja Kaisar Qin yang unggul dalam militer dan sentralisasi pemerintahan. 

Selain Tembok Besar Cina, terdapat peninggalan lain seperti uang kertas, cek, karya sastra, keramik, pembakuan sistem tulisan bagi masyarakatnya. Pasukan Terracotta adalah salah satu peninggalan luar biasa yang kini masuk sebagai warisan dunia UNESCO bersama peninggalan lainnya di dunia. Pasukan ini dibuat di makam Kaisar Qin untuk menemaninya di kehidupan setelah kematian.

6. Peradaban Yunani Kuno

Setiap kali kita mendengar Yunani Kuno, nama yang muncul biasanya adalah Plato, Socrates dan Zeus. Sebenarnya menurut para ahli, peradaban Yunani Kuno terjadi para zaman pra klasik alias masa kegelapan (Dark Ages) dan masyarakatnya hidup tersebar di desa-desa kecil. Peradaban ini dibagi menjadi delapan periode yaitu Neolitik (6000 – 2900 SM), Perunggu Awal (2900 – 2000 SM), Minoan (2000 – 1400 SM), Mycenean (1100 – 600 SM), Masa Kegelapan (1100 – 750 SM), Kuno (750 – 500 SM), Klasik (500 – 336 SM), dan Helenistik (336 – 146 SM). Beberapa ahli sejarah menambahkan periode Greco-Roman pada abad 3 SM.  

Kuil Poseidon (Sumber: www.nationalgeographicexpeditio.eu)
Kuil Poseidon (Sumber: www.nationalgeographicexpeditio.eu)

Tidak dapat dipungkiri peradaban ini memiliki pengaruh cukup besar pada kehidupan modern. Sebut saja sistem pemerintahan seperti demokrasi, dan senat. Di bidang ilmu pengetahuan, pemikiran, sastra, olahraga dan bahkan kuliner dapat dikatakan peradaban Yunani Kuno sangat kaya akan budaya.

Yunani Kuno dikenal dengan banyaknya negara-kota alias Polis, salah satu yang paling terkenal adalah Athena dan Sparta. Seiring dengan berkembangnya populasi di polie maka koloni Yunani menyebar dari Mediterania ke Asia Kecil,  dan dari Afrika Utara ke pesisir Laut Hitam.

7. Peradaban Persia

Meski hanya bertahan lebih kurang 200 tahun yaitu 550 – 331 SM, peradaban ini berhasil menjadi yang terkuat di dunia dengan wilayah kekuasaan mencapai lebih dari 2 juta mil persegi dan memiliki kekuatan militer yang tangguh. Jadi ingat film 300 ya?

Takht Jamshid (Sumber: www.reddit.com)
Takht Jamshid (Sumber: www.reddit.com)

Persia Kuno, sekarang ini dikenal sebagai Iran, memiliki keunggulan di bidang transportasi, kebijakan pemerintah, seni budaya, ilmu pengetahuan dan  teknologi sebelum pada akhirnya diinvasi oleh Alexander Agung.

Salah satu peninggalan peradaban ini adalah Takht Jamshid atau Persepolis yang menjadi pusat pemerintahan Kekaisaran Achaemenid yaitu raja Darius. Kekaisaran ini dibumihanguskan oleh Alexander Agung dan kini hanya tersisa puing-puing, namun berhasil selamat dari penghancuran situs-situs purbakala oleh ISIS beberapa tahun lalu.

8. Peradaban Romawi Kuno

Kalau sekarang kita bisa menikmati infrastruktur berbahan beton, saluran air, buku berjilid tebal, jalan raya, dokter militer dan banyak lagi sepatutnya kita tahu kalau semuanya adalah peninggalan Romawi Kuno. Meski sebenarnya beberapa peninggalan sudah ada di peradaban Mesir, Asiria dan Babilonia, Romawi berhasil memperbaiki dan menyempurnakan semua prosesnya menjadi lebih baik.

Rumah Tamu Kekaisaran Romawi (Sumber: www.theromanempire.it)
Rumah Tamu Kekaisaran Romawi (Sumber: www.theromanempire.it)

Peradaban ini muncul pada 550 – 465 SM dan wilayahnya terbentang hingga wilayah Mediterania di zaman modern ini. Jika berpatokan pada legenda yang ada, Roma didirikan oleh Romulus dan Remus, dua putra kembar Dewa Perang pada 753 SM. 

Mulanya, Roma dipimpin oleh para raja tetapi masyarakatnya kemudian mengambil alih kekuasaan melalui dewan masyarakat yang disebut senat sehingga disebut sebagai Republik Roma. 

9. Peradaban Aztec

Berdasarkan catatan sejarah, peradaban Aztec ini muncul sekitar peradaban Inca dan satu abad setelah keruntuhan peradaban Maya. Diketahui peradaban ini berkembang pada 1345 – 1521 M di kawasan Mesoamerika pra Colombus

Piramida Teotihuacan (Sumber: www.nationalgeograpic.org)
Piramida Teotihuacan (Sumber: www.nationalgeograpic.org)

Suku Aztec dikenal sebagai suku Tenochca yang berasal dari nama ibu kota Tenochtitlan. Aztec memiliki sistem pertanian yang canggih di masanya dan kekuatan militer yang memungkinkannya membangun kekaisaran.

Salah satu situs peninggalan suku Aztec adalah Piramida Teotihuacan yang terletak di timur laut kota Meksiko modern.  Luas dari Teotihuacan sendiri berkisar 21 kilometer persegi dan mampu menampung ratusan ribu penduduk kala itu.

10. Peradaban Inca

Saat ini kawasan peradaban Inca mencakup wilayah Ekuador, Peru dan Chili namun pada 1400 – 1533 M dikenal sebagai peradaban terbesar di Amerika. Konon, 300 tahun peradaban Inca berakhir setelah eksekusi kaisar Atahuallpa. 

Machu Picchu Cuzco (Sumber: www.dailymotion.com)
Machu Picchu Cuzco (Sumber: www.dailymotion.com)

Salah satu peninggalan terbesar suku Inca adalah Machu Picchu yang dibangun oleh Pachacuti Inca Yupanqui. Pada masanya sebagai penguasa kesembilan, Inca mengembangkan wilayah kekuasaannya dari Ekuador hingga Chili. 

Machu Picchu di Cuzco, Peru diyakini para ahli sejarah merupakan komplek pemukiman bagi para bangsawan Inca dan ditinggalkan setelah terjadinya penaklukan Spanyol. Komplek ini memiliki tiga struktur utama yaitu Intihuatana, Kuil Matahari, dan Kamar Tiga Jendela.

Sebenarnya masih banyak lagi peradaban kuno di dunia ini selain sepuluh di atas. Jadi, saatnya kita mencari tahu apa saja peradaban lain dan peninggalannya yang masih bisa dikenali di zaman ini.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nenden Rikma

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap