Peran Mahasiswa Dalam Gerakan Konservasi Dengan Tatanan Pendidikan Konservasi


Peran Mahasiswa Dalam Gerakan Konservasi Dengan Tatanan Pendidikan Konservasi

Konservasi adalah proses pengolahan suatu tempat agar makna kultural yang terkandung didalamnya dapat terjaga dengan baik. Konservasi sesungguhnya sudah lama ada sejak manusia pertama kali mengenal tata kelola lingkungan. Konservasi sering dikaitkan dengan pelestarian, juga sering terkait dengan reboisasi, daur ulang, dan bahkan globalisasi. Konservasi di Indonesia merupakan suatu hal yang awam didengar. Konservasi bahkan merupakan suatu kata yang asing yang hanya diketahui beberapa orang saja yang kemungkinan memiliki rasa cinta terhadap alam yang sangat tinggi. Dalam hal ini konservasi tak lagi dapat kita abaikan adanya, karena bumi ini terutama Indonesia memerlukan konservasi untuk tetap menjaga kelestarian dan kebestariannya.

Salah satu upaya jangka Panjang yang terbaik untuk memprakasai Gerakan konservasi di Indonesia adalah dengan memberikan Pendidikan konservasi sejak dini kepada kalangan muda sekarang. Karena generasi muda terutama mahasiswa adalah generasi penerus yang akan menggantikan posisi generasi pendahulunya dalam menjaga lingkungan. Jadi, kita lebih mudah mendidik dan memengaruhi generasi muda agar menanamkan jiwa konservasi yang saat ini masih sangat kurang adanya. Dengan kompetensi yang mereka miliki tersebut mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan bagi dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Dengan demikian mereka diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang asri dan bertari untuk Indonesia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Oleh karena itu, beberapa institusi perguruan tinggi negeri sudah mulai merealisasikan konservasi menjadi sebuah pendidikan moral yang wajib dipelajari sebagai salah satu pendidikan utama dalam membangun karakter mahasiswa.

Seperti halnya universitas negeri semarang. salah satu universitas yang memprakasai dan menjadikan pendidikan konservasi sebagai visi misi dari sebuah kampus yang bertatanan konservasi. universitas yang terletak di gunung pati, desa yang memiliki keasrian alam ini berusaha menjaga ekosistem lingkup sekitar agar tetap lestari adanya. pendidikan konservasi bukan hanya sekadar ilmu yang tersampaikan dalam bentuk materi. akan tetapi dosen, mahasiswa, serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam ruang lingkup kampus turut mengimplementasikan pendidikan konservasi dalam kehidupan sehari-hari

Mulai dari menciptakan ruang lingkup yang asri melalui penanaman pohon, mendaur ulang sampah organik menjadi kompos, bahkan menciptakan sumber tenaga listrik yang berasal dari matahari. beberapa hal tersebut merupakan upaya kampus untuk mengajarkan kepada mahasiswa agar dapat menjadi seseorang yang memiliki kesadaran akan lingkungan sekitar dan menjunjung tinggi pentingnya pendidikan konservasi. pengimplementasiannya juga tak hanya melibatkan lingkungan sekitar kampus. bahkan di tengah pandemi, universitas negeri semarang pernah meraih rekor muri kampus konservasi dengan penanaman pohon terbanyak melalui ruang virtual.

pandemi Covid-19 tidak menghalangi pengimplementasian pendidikan konservasi yang telah di canangkan sejak lama. dampak baik dari pendidikan konservasi juga dirasakan oleh masyarakat di lingkungan sekitar para mahasiswa baru, dimana secara tidak langsung pendidikan konservasi yang telah berhasil menjadi pendidikan yang berbasis moral yang berguna bagi kehidupan generasi kedepan.

pendidikan konservasi tak hanya berpengaruh kepada manusia. pendidikan konservasi bahkan memiliki pengaruh kepada alam, tumbuhan, hewan dan juga menjaga kesehatan bumi. begitu besar pengaruh dari pendidikan konservasi bila diterapkan dengan baik. oleh karena itu para mahasiswa diharapkan dapat menjadi angen perubahan bagi Indonesia yang lebih baik lagi. baik dari segi moral, pendidikan, adan juga alam. karena kehidupan generasi selanjutnya bergantung pada tangan para generasi saat ini yang mana menjadi penentu akan jadi seperti apa Indonesia di masa yang akan datang. untuk itulah pendidikan konservasi diharap menjadi pendidikan yang dapat di ajarkan dan diimplementasikan oleh masyarakat Indonesia, terutama mahasiswa.