Perasaan yang Akan Anda Rasakan Ketika Masuk Jurusan PGSD

Perasaan yang Akan Anda Rasakan Ketika Masuk Jurusan PGSD 1

Masuk jurusan PGSD merupakan impian atau bahkan sebuah paksaan bagi sebagian orang. Mengapa ada sudut pandang seperti itu ?

Apabila bercita-cita menjadi guru sekolah dasar yang profesional, maka jurusan yang satu ini bisa anda pilih. Selain itu jurusan PGSD tidak selalu outputnya menjadi guru sekolah dasar.

Anda bisa mengembangkan bakat sesuai dengan kemampuan anda. Namun pada dasarnya anda anda nantinya akan dibimbing untuk menjadi guru sekolah dasar. Bahkan materi kuliah yang akan anda pelajari juga seputar materi-materi pelajaran siswa anak sekolah dasar.

Akan tetapi justru guru sekolah dasar ini memiliki tugas dan peran yang sangat mulia. Tanpa adanya guru dan pendidikan Indonesia akan semakin tertinggal oleh negara maju lainnya.

Jurusan PGSD memiliki peminat tertinggi di beberapa Universitas yang ada di Indonesia. Menurut data statistik jumlah mahasiswa PGSD 50% dari total keseluruhan mahasiswa yang ada di Universitas tersebut.

Dan Berikut, Perasaan yang Akan Anda Rasakan Ketika Masuk Jurusan PGSD

Merasa Senang Akhirnya Diterima di Jurusan Ini

Bagi anda yang selama ini sudah susah payah menginginkan masuk jurusan PGSD dan akhirnya diterima. Maka hal ini menjadi momentum yang tidak pernah anda lupakan seumur hidup anda.

Dari beberapa ribu orang di luar sana yang sama-sama berjuang ingin masuk jurusan yang sama dengan anda. Akhirnya anda bisa menjadi salah satu dari ribuan orang tersebut.

Semua perjuangan dan keluh kesah terbayarkan dengan puas apabila anda bisa masuk jurusan PGSD. Selain itu tentunya anda juga akan merasa bangga atas pencapaian anda berjuang masuk jurusan PGSD ini. Keluarga dan seluruh sodara maupun teman-teman anda juga memberikan ucapan selamat. Dan ikut berbahagia atas kemampuan yang bisa anda capai tersebut.

Sebagian Orang Masih Menganggap Remeh Jurusan Ini

Tentunya saat menginjak bangku kuliah pertama kalinya anda akan mendapatkan berbagai pertanyaan. Pertanyaan tersebut justru terkadang datang dari orang-orang terdekat anda. Seperti keluarga, sodara, sahabat, teman-teman dan tetangga.

Salah satu pertanyaan yang mungkin sering anda dengar yaitu berupa kalimat-kalimat yang kurang nyaman di dengar. Seperti “Kok anda masuk Jurusan PGSD ? Besok bakal jadi guru. Sewaktu sekolah dulu saja banyak bolos dan males mengerjakan tugas. Kok mau jadi guru ?”.

Setelah anda mendengar beberapa kalimat tersebut mungkin mental anda akan menjadi goyah dan down. Akan tetapi justru jadikanlah kata-kata itu menjadi motivasi dan semangat agar mampu membuktikan bahwa anda bisa menjadi calon guru yang baik dan profesional.

Merasa Kaget dengan Materi yang Dipelajari

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui dan paham. Bahwa masuk jurusan PGSD ini akan mempelajari mata pelajaran yang hampir sama sewaktu di bangku SMA.

Anda akan mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Penjas dan lain-lainnya. Karena anda dibimbing dan di persiapkan untuk menjadi calon guru sekolah dasar.

Maka tentunya anda harus menguasai dan mengetahui kembali materi tersebut. Sehingga ketika anda menyampaikan materi tersebut di depan kelas dapat memberikan wawasan baru bagi anak-anak sekolah dasar.

Berpenampilan Rapi dan Sopan

Saat anda masuk jurusan PGSD nantinya anda akan mengetahui beberapa aturan berpakaian pada saat kuliah. Jurusan ini tidak seperti jurusan-jurusan lainnya. Seperti memperbolehkan mahasiswa mengenakan pakaian kaos, celana jeans, dan jaket.

Sebagai pendidik tentunya anda harus dapat memberikan contoh teladan yang baik bagi siswa-siswa anda. Oleh sebab itu calon-calon guru sekolah dasar ini harus berpenampilan sopan dan rapi. Agar mencerminkan sifat teladan tersebut.

Biasanya mahasiswa perempuan PGSD menggunakan setelan rok panjang hitam dengan kemeja putih di atasnya. Bisa juga menggunakan setelan rok panjang hitam dengan batik. Sementara itu saat masuk jurusan PGSD mahasiswa laki-laki juga tinggal menyesuaikan yaitu dengan menggunakan celana kain hitam panjang.

Saat Masuk Semester Tua, Anda Deg-Degan bersiap untuk PPL (Praktek Pengalaman Lapangan)

Inilah yang membuat anda merasa dag-dig-dug. Anda akan praktek ke lapangan langsung bukan lapangan bola tentunya, tetapi lapangan langsung ke sekolah dasar untuk praktek mengajar.

Di sini anda akan diuji kemampuan anda dalam mengajar, bagaimana cara anda menyampaikan materi, bagaimana cara anda bisa menguasai kelas, dan tidak ketinggalan anda akan belajar bagaimana cara membuat administrasi pembelajaran. Di sekolah tersebut anda akan menemukan banyak sekali karakter murid dan guru yang beragam.

Itulah tantangan berikutnya, apakah anda bisa menghandle karakter murid yang berbeda-beda, dan apakah anda bisa bekerja sama dengan rekan Guru di sekolah itu. Karena seorang calon guru tidak bisa bekerja sendirian tanpa dukungan dari guru yang lainnya.

Setelah Wisuda, Anda akan Mencari Sekolah Dasar untuk Bekerja Disana

Perjuangan anda belum selesai. Anda akan mencari sekolah dasar untuk bekerja disana, semua pengalaman kuliah dan PPL yang anda dapatkan akan menjadi bekal untuk bekerja di sekolah dasar. Tetapi seiring berjalannya waktu anda akan mendapatkan ilmu baru.

Karena teryata bekerja di sekolah dasar tidak hanya memberikan materi kepada murid, tetapi ada pekerjaan lain di luar kegiatan belajar mengajar. Seperti pengelolaan dana BOS, pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, mengurusi bantuan-bantuan bangunan sekolah dasar, dan banyak hal lagi lainnya.

Demikian, perasaan yang akan anda rasakan ketika masuk jurusan PGSD, bisa jadi perasaan yang akan dirasakan akan berbeda-beda. Tetapi secara garis besarnya tidaklah jauh berbeda dan mungkin juga perasaan ini akan dirasakan saat anda masuk di jurusan yang lainnya. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Divisi Danus