Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur


Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur 1

Mungkin selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa makan malam sebelum tidur dapat menyebabkan naiknya berat badan. Karena itu, banyak orang gemuk yang pada malam hari melakukan diet atau tidak untuk makan malam agart menghindari hal tersebut. Namun,  pendapat seperti itu tidak selamanya benar, apalagi jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kalori sama sekali, seperti beberapa jenis sayuran dan buah – buahan. Selain itu, tahukah kamu bahwa sebenarnya makan sebelum tidur terbukti memiliki sejumlah manfaat secara medis, dilansir dari laman Livestrong dan Healthline, berikut ini ada 5 manfaat yang kamu dapatkan saat makan sebelum tidur.

1. Dapat Meningkatkan Sintesis Otot

Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur 3

Sebuah studi yang dilakukan oleh Nutrients pada Januari 2015 menemukan bahwa ngemil atau makan sebelum tidur dapat membantu khususnya pria untuk mensintesis otot saat tidur. Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal, para peneliti yang terlibat merekomendasikan untuk membatasi makan hingga 150 kalori. Selain itu, pada sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Nutrition pada bulan Desember 2017, menyarankan untuk mengonsumsi 40 gram protein di malam hari. Dan baiknya, kalori tersebut tergolong rendah sehingga tidak akan menyebabkan naiknya berat badan.

2. Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Dipagi Hari

Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur 4

Metabolisme dalam tubuh merupakan proses yang digunakan tubuh untuk mengubah makanan menjadi sebuah energi. Saat metabolisme tidak berfungsi secara penuh, maka tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak didalamnya. Menurut studi yang dilakukan oleh Nutrients, mengatakan bahwa makan sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme di pagi hari, baik pria maupun wanita sehat yang mengalami obesitas. Jadi, saat sarapan, tubuh akan lebih mudah mengubah makanan menjadi sebuah energi.

3. Mengurangi Rasa Lapar Saat Sarapan

Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur 5

Makan sebelum tidurjuga dapat membuat kamu tidak merasa terlalu lapar saat sarapan keesokan harinya. Jika kamu sedang melakukan proses penurunan berat badan, mengurangi nafsu makan adalah langkah awal yang dapat membantu kamu agar sukses melakukan diet. Menurut studi yang dilakukan oleh Nutrients bahwa manfaat makan malam untuk mengurangi rasa lapar di pagi hari pada pria atletis dan perempuan obesitas, berhasil membuktikan adanya pengurangan nafsu makan saat pagi hari setelah makan sebelum tidur.

4. Beberapa Jenis Makanan Terbukti Mampu Mengurangi Insomnia

Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur 6

Selain dapat menurunkan berat badan, makan sebelum tidur juga dapat membantu kamu agar cepat tertidur. Hal ini karena ada beberapa jenis makanan yang mengandung melatonin, yaitu senyawa yang memiliki fungsi untuk mengatur siklus tidur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Neuron pada Maret 2015, menunjukkan bahwa asupan melatonin sangat membantu seseorang yang menderita insomnia agar bisa lebih mudah untuk tidur. Selain itu, ada juga studi yang dilakukan oleh International Journal of Behavioral Nutritional and Physical Activity pada tahun 2016 yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan. Melatonin ternyata memiliki banyak manfaat lainnya misalnya seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tanda penuaan dan sebagai anti-inflamasi.

5. Dapat Menstabilkan Gula Darah Dipagi Hari

Percaya atau Tidak, Inilah 5 Manfaat Yang Kamu Dapat Saat Makan Sebelum Tidur 7

Saat di pagi hari, hati akan memulai memproduksi glukosa ekstra yang dimana untuk menyediakan energi yang kamu butuhkan untuk bangun dan memulai aktivitasmu di pagi hari. Proses ini sebenarnya hampir tidak menyebabkan perubahan gula darah sama sekali bagi orang tanpa penyakit diabetes. Namun, beberapa orang dengan diabetes hampir tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengeluarkan glukosa ekstra dari darah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Diabetes, Obesity, and Metabolism, mengatakan bahwa makan sebelum tidur dapat membantu mencegah perubahan gula darah dengan menyediakan sumber energi tambahan untuk membantu tubuh melewati malam hari.

Itulah ke – 5 manfaat yang akan kamu dapatkan saat makan seblum tidur. Dengan mengetahui manfaat makan di malam hari, pastinya kamu boleh membuang kebiasaan menyiksa diri dengan menahan lapar di malam hari karena kepercayaan mitos bahwa makan sebelum tidur akan menaikkan berat badanmu. Tetapi, perlu diingat dan pastikan bahwa mengkonsumsi makanan di malam hari yang tepat adalah dengan asupan kalori yang tidak terlalu banyak. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap