Perebutan Hak Waris Keluarga Yang Penuh Intrik


Perebutan Hak Waris Keluarga Yang Penuh Intrik 1

Seorang detektif menemukan segebok uang di depan rumahnya beserta sepucuk surat dari seseorang yang memintanya melakukan penyelidikan terhadap kematian seorang novelis kaya.

Perebutan Hak Waris Keluarga Yang Penuh Intrik 3

Harlan Thrombey, seorang novelis kaya mengundang keluarganya ke mansionnya di Massachusetts untuk pesta ulang tahunnya yang ke-85. Keesokan paginya, pembantu rumah tangga Harlan, Fran menemukannya mati, dengan luka dileher dan pisau ditangan Harlan. Polisi yakin bahwa kematian Harlan adalah bunuh diri, tetapi Benoit Blanc, seorang detektif swasta mendapat permintaan anonim untuk menyelidiki kasus tersebut.

Blanc melakukan wawancara pada keluarga Thrombey
Blanc melakukan wawancara pada keluarga Thrombey

Blanc membantu polisi setempat untuk melakukan penyelidikan kepada keluarga Harlan, terutama mereka yang hadir di pesta ulang tahun Harlan. Blanc akhirnya mengetahui bahwa hubungan Harlan dengan keluarganya penuh dengan intrik. Dihari ulang tahunnya, Harlan berusaha untuk menyingkirkan orang-orang yang memiliki niat busuk di keluarganya. Harlan mengancam menantunya, Richard, untuk memberitahu istrinya, Linda untuk memberitahu bahwa ia berselingkuh atau Harlan sendiri yang akan memberitahu kepada Linda. Harlan juga memotong aliran dana menantu perempuannya, Joni, untuk biaya sekolah karena ternyata Joni menggandakan jumlah uang yang harus dibayar. Harlan juga memecat anak bungsunya, Walt dari perusahaan penerbitan. Dan Harlan bertengkar dengan cucunya, Ransom. Awalnya, setiap anggota keluarga menutupi semua keburukan mereka saat wawancara, tapi rasa penasaran Blanc tersebut terjawab ketika Blanc mewawancarai perawat Harlan, Marta Cabrera. Marta Cabrera memiliki kondisi medis yang aneh, dia akan muntah ketika dia berbohong. Dari situlah Blanc mendapatkan kebenaran, dari Marta, orang terdekat dengan Harlan.

Marta menyedari bahwa ia telah menyuntikan obat yang salah
Marta menyedari bahwa ia telah menyuntikan obat yang salah

Tanpa diketahui Blanc, setelah pesta itu, Marta, secara tidak sengaja memberi Harlan morfin sebagai ganti obat biasanya dan Marta tidak dapat menemukan penawar dari overdosis Morfin yang biasanya ada di tas medis milik Harlan. Marta mengatakan bahwa Harlan hanya memiliki sisa hidup 15 menit sebelum Harlan meninggal karena overdosis. Untuk melindungi Marta, Harlan memberinya instruksi untuk membuat alibi palsu untuk menghindari kecurigaan atas kematiannya. Harlan kemudian menggorok lehernya sendiri. Marta melaksanakan instruksi Harlan, tetapi ibu tua Harlan melihatnya dan mengira dia sebagai Ransom. Tapi yang tidak Marta ketahui adalah bahwa ada bercak darah milik Harlan di sepatunya.

Karena Marta tidak bisa berbohong tanpa muntah, ia memberikan jawaban yang benar tapi tidak lengkap ketika Blanc menanyainya. Karena keadaannya tersebut, Blanc memintanya untuk membantu penyelidikannya. Marta menggunakan kesempatan tersebut untuk menyembunyikan bukti-bukti tindakan kriminalnya selama penyelidikan.

Keluarga Thrombey berkumpul untuk mendengar pembacaan wasiat
Keluarga Thrombey berkumpul untuk mendengar pembacaan wasiat

Ketika hari pembacaan surat wasiat tiba, semua orang datang dengan antusias, terutama Ransom, yang sama sekali tidak menampakan dirinya bahkan ketika pemakaman Harlan. Di dalam surat wasiat, Harlan meninggalkan segala hartanya untuk Marta, dan seisi rumah keheranan dengan hal tersebut. Keluarga Harlan menyalahkan Marta dengan tuduhan tak berdasar, tetapi Ransom membantunya melarikan diri dan mengajak Marta sarapan serta memaksanya bercerita mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Setelah mendengar cerita dari Marta, Ransom berniat untuk membantu Marta keluar dari ini semua dan meminta Marta untuk memberinya bagian dari warisan ketika masalah selesai. Seluruh keluarga Thrombeys lainnya mencoba membujuk Marta untuk mengembalikan warisan kepada keluarga Thrombeys.

Keesokan paginya, Marta menerima black mail, dengan fotokopi sebagian dari laporan toksikologi Harlan. Marta dan Ransom pergi ke RS dimana tes darah Harlan dilakukan, tetapi ketika mereka tiba disana, RS tersebut telah hancur karena kebakaran. Marta kemudian mencek email-nya dan menemukan pesan dari anonim dengan waktu dan alamat untuk menemui pengirim surat ancaman tadi pagi. Blanc dan polisi, juga menyelidiki RS yang hancur, dan mereka memergoki Marta dan Ransom dari jauh. Marta dan Ransom yang takut kemudian kabur dan Blanc serta polisi mengejar mereka. Setelah terjadi adegan kejar-kejaran mobil, polisi kemudian menangkap Ransom. Blanc kemudian mengendarai mobil bersama Marta untuk kembali ke rumah.

RS tempat pencatatan hasil medis Harlan terbakar
RS tempat pencatatan hasil medis Harlan terbakar

Dalam perjalanan, Marta meminta izin kepada Blanc untuk pergi ke suatu tempat. Marta pergi ke alamat yang tertera di email dan menemukan Fran yang overdosis Morfin, dan kemudian Marta menelpon ambulan untuk menyelamatkan Frans. Di RS, Marta mengaku kepada Blanc segala tindakannya, tetapi Blanc mengatakan bahwa Ransom telah memberitahunya. Setibanya di rumah Harlan, Marta menemukan salinan laporan toksikologi lengkap yang disembunyikan di simpanan ganja Fran dan memberikannya kepada Blanc. Marta akan mengaku kepada keluarga bahwa dia menyebabkan kematian Harlan dan akan mengembalikan semua warisannya, tetapi Blanc memotong perkataan Marta setelah membaca laporan medis milik Harlan.

Marta menemukan Frans dalam keadaan terbius Morfin
Marta menemukan Frans dalam keadaan terbius Morfin

Blanc mengajak Marta ke ruang wawancara dan meminta semua keluarga untuk keluar dari rumah; kecuali Ransom yang ikut dengan mereka. Blanc mengungkapkan deduksinya kepada Marta, Ransom, dan polisi: Setelah Ransom mengetahui di wasiat bahwa Harlan menyerahkan kekayaannya kepada Marta, ia menukar label botol obat yang biasa digunakan Harlan dan mencuri penawarnya sehingga Marta tidak akan menemukannya, dan akhirnya Marta di dakwah melakukan pembunuhan terhadap Harlan dengan overdosis morfin, dan membuat Marta tidak memenuhi syarat untuk mengklaim warisan. Namun, karena keahlian Marta sebagai perawat, Marta secara tidak sadar memberikan obat yang benar tanpa membaca label. Marta dapat mengetahui hal tersebut dengan mengenalinya berdasarkan berat dan kekentalan cairan, dan karenanya Marta tidak bersalah atas kematian Harlan. Setelah kematian itu dilaporkan sebagai bunuh diri, Ransom secara anonim menyewa Blanc untuk menemukan kesalahan Marta. Fran kemudian melihat Ransom menggeledah tas medis Harlan di hari pemakaman untuk menyembunyikan fakta bahwa label obat telah diganti, dan Fran mengirimi Ransom black mail. Menyadari bahwa Marta secara tidak sadar telah memberi Harlan obat yang benar, Ransom meneruskan black mail kepada Marta. Dia membakar RS tempat darah Harlan diperiksa untuk menghancurkan bukti. Kemudian Ransom ia membius Fran dengan overdosis morfin dan mengirim email lokasinya ke Marta, berencana menjebak Marta untuk membunuh Fran.

Marta akan mengembalikan harta warisan sementara Blanc membaca hasil rekaman medis Harlan
Marta akan mengembalikan harta warisan sementara Blanc membaca hasil rekaman medis Harlan

Marta menipu Ransom agar mengaku dengan berbohong bahwa Fran masih selamat dari overdosis Morfin. Setelah Ransom mengaku dan bersumpah membalas dendam, Marta muntah tepat diwajah Ransom, yang mengatakan bahwa Frans telah meninggal karena overdosis. Ransom yang menyadari bahwa ia telah jatuh dalam tindak kriminal, sekalian saja ia menyerang Marta dengan pisau tetapi itu adalah pisau yang digunakan Ransom adalah pisau mainan. Polisi telah mencatat pengakuan Ransom, dan dia ditahan karena melakukan pembuhan dan merencanakan pembunuhan terhadap Harlan. Marta kemudian menikmati rumah milik Harlan yang telah menjadi miliknya dan melihat segala kakacauan yang dialami oleh keluarga Thrombey.

Marta minum dengan gelas milik Harlan sembari melihat kekacauan di keluarga Thrombey
Marta minum dengan gelas milik Harlan sembari melihat kekacauan di keluarga Thrombey

Film ini masuk dalam genre detektif, misteri, komedi

Film ini mendapatkan rating 8/10 dari IMDb dan 97% dari Rotten Tomatoes. Dari saya sendiri, film ini mendapat nilai 9/10 karena berbagai efek kejutan yang tak disangka dari film ini

Film ini cukup keren, mengisahkan keluarga yang kaya raya tapi anggota keluarga di dalamnya memiliki pikiran busuk. Setiap adegan yang ada di kemas dengan apik dan meninggalkan berbagai missing link yang kemudian akan terjawab, oh jadi ini maksudnya. Daniel Craig dan Chris Evans juga menjadi salah satu daya tarik dari film ini, meskipun mereka hanya menjadi aktor pendukung dari tokoh utama.

Jika kita dengan detail menyimak tiap bagian dan adengan di film tersebut, kita akan dengan mudah mendapat celah atau missing link yang memungkinkan kita dapat menebak-nebak siapa pembunuh sebenarnya. Meskipun sedari awal film dialihkan dengan kepastian bahwa Harlan melakukan bunuh diri, tapi masih ada misteri yang janggal dan belum terpecahkan. Setiap perkataan tokoh juga memiliki makna atau bahkan dapat mengisi kekosongan di bagian selanjutnya; misalnya ketika Harlan berkata bahwa keluarganya bahkan tak dapat membedakan mana pisau asli mana pisau properti; dan tepat saja di akhir film, Ransom tidak menyadari bahwa pisau yang ia gunakan adalah pisau properti.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap