Perhatikan!!! Hal Ini Yang Membuat Mertua Kamu Marah

Perhatikan!!! Hal Ini Yang Membuat Mertua Kamu Marah 1

Terkadang tinggal bersama Ibu Mertua membuat kita tidak terlalu nyaman, karena banyak hal yang cukup bertentangan tentang suatu pendapat, meski kita sudah mengatakan hal yang sesuai dengan hati kita, sayangnya belum tentu Ibu Mertua kita mengerti apa yang kita sampaikan.

Oleh sebab itu mengalah dan tidak egois adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar pertentangan tidak terlalu larut. Nah untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi ketika ada perbedaan pendapat dengan Ibu Mertua, sebaiknya perhatikan hal berikut agar Anda tidak salah sambil langkah.

1. Menjawab semua pertanyaan

Rasa ingin tahu mertua kadang memaksa orang untuk menyingkap sisi gelap atau memalukan diri. Tak perlu dijawab semua pertanyaan yang dilontarkan mertua jika pertanyaan tersebut menimbulkan ketidaknyamanan.

2. Larut dalam topik yang serius

Mengobrol bagi sebagian orang tak akan mungkin dihindari untuk pertama kali nya bertemu dengan mertua. Topik nya pun beragam dari hal-hal kecil sampai kepada hal yang serius. Nah Anda harus menghindari hal yang serius perihal politik atau hal yang sensitive. Bukan berarti serta merta mengalihkan pembicaraan, melainkan dengan memberikan pandangan yang lebih berimbang.

3. Bermain dengan ponsel saat mengobrol

Deniel Smith, pendiri Old Style Dating mengatakan agar orang tidak mengecek ponsel dalam kondisi apapun setiap ditengah obrolan. Aturan itu juga berlaku bagi mereka yang sedang berkencan dengan pasangan.

4. Mengharap ditraktir calon mertua

Pertemuan dengan calon mertua bukan hanya dirumah, tapi juga bisa dilakukan direstoran. Meski ini ajakan calon mertua jangan selalu berharap mereka akan membayar tagihannya, tapi tetap usahakan membayar pesanan anda.

5.  Pamer kemesraan

Hal yang tak bisa dipungkiri adalah kita ingin selalu dekat dengan pasangan dan pastinya bermesraan tak pernah ketinggalan. Namun, sebaiknya hal ini dikurangi saat bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya.  Shannon Smith, ahli kencan Plenty of Fish berkata kurangin pamer kemesraan dihadapan calon mertua karena hal ini penting untuk mengurangi Public Display Of Affection (PDA).

6. Cuek

Secuek apapun sifat diri anda, coba kendalikan, beri perhatian pada calon mertua mulai dari komentar soal merasakan masakan yang disajikan, keramahan mereka atau pujian sebagai expresi apresiasi atau kemampuan mereka merawat anak-anak nya.

7. Bertingkah layaknya tamu yang harus dilayani

Undangan makan malam bersama di rumah calon mertua menjadi kesempatan untuk mengenal mereka lebih dekat. Konsultan hubungan Verity Hogan mengingatkan untuk selalu menawarkan bantuan meski saat itu posisinya bersama tamu. Ini juga menunjukan pada calon mertua bahwa orang memiliki sisi posotif yakni kerja keras dan inisiatif.

8. Nada suara jangan terlalu tinggi

Apabila ada perkataan yang memang menyinggung atau membuat Ibu Mertua kesal, upayakan untuk tetap menjaga nada suara saat berbicara dengan mertua. Hindari sebisa mungkin meninggikan nada suara, apalagi sampai berteriak. Apabila hal tersebut sampai terjadi, mertua bisa menjadikannya sebagai ‘senjata’ untuk membuat Anda merasa bersalah. 

Bukan tidak mungkin, hal ini justru akan memperburuk situasi dan membuat masalah yang sudah ada semakin besar. Jika ingin bersikap tegas, cobalah untuk merangkai kata yang lebih sopan namun tetap sampaikan dengan nada suara yang rendah. Seberapa pun buruknya kondisi pertengkaran antara Mama dan mertua, hindari meninggikan nada suara saat berbicara.

9. Memahami sifat Ibu Mertua

Memahami sifat dasar dan perilaku Ibu Mertua adalah hal yang harus diketahui, sebab jika Anda sudah bagaimana karakter Ibu Mertua Anda maka Anda sudah memegang kunci dan menjaga hal apa yang mungkin nisa menjadi pemicu Ibu Mertua Anda marah. Tetap tenang dan hindari sebisa mungkin situasi yang bisa membuat mertua bersikap negatif.

Nah itulah bebarapa kiat-kita yang harus kita pahami jika ingin bertemu dengan mertua. Memang tak semua hal bisa disempurnakan, namun menunjukan etikat baik diharapan calon mertua memberi nilai plus di pandangan mereka.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.