Peringatan Dini Waran BEEF


Peringatan Dini Waran BEEF 1

Bagi para Trader yang memiliki Waran BEEF (BEEF-W), bersiap – siaplah & segera untuk melepas alias menjual waran ini. Mengapa ?

BEEF-W Akan Segera Berakhir di Bursa Saham.

Peringatan Dini Waran BEEF 3

Gambar 1

Berdasarkan informasi yang disajikan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), BEEF-W berakhir peredarannya pada tanggal 11 Januari 2021. Hal ini mengartikan bahwa pertengahan Januari depan, Waran BEEF tidak akan diperdagangkan lagi di Bursa Saham Indonesia*. Jadi kalau Anda tetap menyimpannya, gunanya untuk apa? 😀

Harga BEEF-W Positif Mengalami Gejala (Trend) Turun.

Peringatan Dini Waran BEEF 4

Gambar 2

Indikator analisa saham sudah mulai menunjukan penurunan trend pada waran ini.

Mari kita lihat grafik pada huruf A di atas, sejak tanggal 8 Desember 2020 lalu, BEEF-W dikonfirmasi mengalami penurunan harga. Hal ini terlihat dari pergerakan garis harga rata-rata harian waran (Moving Average = MA). Posisi garis MA 5 (merah) terus bergerak di bawah garis MA 10 (biru). Dan kedua garis ini (MA 5 & MA 10) bergerak bersamaan menuju ke arah bawah, dimana pergerakan ini mengartikan harga waran terus mengalami tekanan turun. Pada tanggal 8 Desember, waran ditutup pada harga Rp. 9,-/lembarnya, hingga berita ini dituliskan (24 Desember) harga waran ditutup turun pada angka Rp. 3,-/lembarnya.

Pernyataan – penurunan harga – ini diperkuat juga oleh grafik indikator MACD (huruf B). Pada grafik ini, garis MACD (biru) telah bergerak turun dan memotong garis 0 serta garis signal (merah). Demikian juga dengan batangan histogram yang hanya bergerak di area bawah garis 0.

Bila kita perhatikan lebih jauh lagi pada grafik batang Volume Transaksi, sejak tanggal 8 Desember hingga kini (23 Desember), volume transaksi waran terus mengalami peningkatan (lihat garis putus – putus warna Ungu). Peningkatan volume transaksi pada saat harga mengalami tekanan turun, dapat diartikan sebagai berkurangnya minat trader maupun investor untuk mengkoleksi waran ini.  Dengan kata lain, waran ini hanya dilepas dan dijual kembali ke pasar.

Sebagai informasi tambahan, seseorang bertanya pada penulis, “Apakah ada kemungkinan harga waran BEEF ini naik sementara (temporary)? Kemungkinan itu ada, namun persentase kenaikannya kecil sekali dan kalaupun ada terjadi kenaikan maka pada hari yang sama akan mengalami penurunan kembali atau di tutup pada harga yang sama seperti hari sebelumnya. Untuk volume transaksi beli pada harga naik akan kecil, sebaliknya volume transaksi jual pada harga tetap sama seperti kemarin atau harga turun akan menjadi sangat besar.

Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa informasi di atas mampu mengkonfirmasi Anda untuk segera menjual BEEF-W  yang Anda miliki sebelum harga turun lebih jauh atau bahkan waran ini tidak diperdagangkan lagi.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Paulus Hary

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments