Perlu Diketahui 6 Gejala Gangguan Hormonal PCOS


Perlu Diketahui 6 Gejala Gangguan Hormonal PCOS 1

Polycystic Ovary Syndrome atau yang biasa disebut gangguan Hormonal PCOS ini yang sering atau salah satu gangguan yang sering terjadi pada perempuan. Sindrom ovarium polikistik yaitu gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan kista kecil di tepi luar.

Gangguan PCOS ini akan menghasilkan hormon pria atau androgen dalam jumlah yang cukup tinggi dan tidak normal. Ketidakseimbangan hormon tersebut akan menyebabkan perempuan yang terkena gangguan PCOS  ini akan mendapat menstruasi secara tidak teratur dan akan lebih sulit untuk hamil.

Perlu Diketahui 6 Gejala Gangguan Hormonal PCOS 3

Sindrom ovarium polikistik ini biasanya akan menyerang perempuan subur dengan usia antara 15 sampai 44 tahun. Menurut studi menjelaskan bahwa hampir 70 persen perempuan yang sudah terkena gangguan PCOS tersebut tidak mengetahui bahwa mereka sudah terjangkit gangguan tersebut.

Sindrom PCOS ini sangat mempengaruhi ovarium dan ovulasi dengan adanya tiga gejala utama yaitu kadar hormon pria yang berlebihan, kista di ovarium dan menstruasi yang tidak teratur. Seperti dilansir dari laman kesehatan Healthline, tidak diketahui secara pasti sebenarnya apa penyebab dari gangguan PCOS ini. Tapi gangguan ini bisa dikatakan punya hubungan dengan gen, resistansi insulin dan peradangan yang berhubungan dengan kelebihan hormon pria atau androgen.

Berikut ini adalah 6 gejala umum yang dialami oleh perempuan yang mengalami gangguan PCOS.

1. Menstruasi Secara Tidak Teratur

Perempuan yang sudah terkena gangguan PCOS ini sering mengalami tidak seringnya menstruasi secara tidak teratur atau dalam waktu yang panjang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya ovulasi sehingga mencegah lapisan dari rahim agar menstruasi yang biasanya terjadi setiap bulan menjadi tidak diketahui kapan akan berakhir.

2. Pendarahan Hebat

Disaat perempuan yang terkena gangguan PCOS dan mengalami menstruasi akan mengalami pendarahan yang hebat. Hal ini disebabkan karena lapisan rahim yang menumpuk dalam jangka waktu yang lama sehingga pada saat perempuan yang terkena gangguan PCOS mengalami menstruasi akan terjadi pendarahan yang berlebihan.

3. Pertumbuhan Rambut

Menurut penelitian perempuan yang terkena gangguan PCOS kira – kira 70 persen akan mengalami pertumbuhan rambut pada bagian wajah, punggung, perut dan dada.

4. Obesitas

Seperti yang dilansir dari laman kesehatan Web DM bahwa, beberapa perempuan yang terkena gangguan PCOS akan mengalami obesitas yaitu masalah terhadap berat badan atau kenaikan berat badan dan sangat sulit untuk menurunkan berat badan.

5. Mengalami Gangguan Jerawat

Perubahan Hormon pada perempuan gangguan PCOS akan membuat kulitnya lebih berminyak yang akan memicu dan menyebebakan pertumbuhan jerawat yang berlebihan.

6. Mengalami Insomnia

Gangguan PCOS pada perempuan yang terjangkit sindrom ini juga akan mengalami beberapa masalah seperti susahnya untuk tidur, sering merasa lelah dan kurang beristirahat. Kerapnya perubahan hormon juga akan menyebabkan sakitnya kepala.

Gejala PCOS ini bisa dihindari atau dikurangi dengan merubah pola hidup sehat dan makan seperti olahraga, menjaga pola makan dan mengkonsumsi banyak vitamin. Beberapa obat – obatan juga dapat membantu mengobati gejala PCOS tersebut.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments