Perlunya Edukasi Tentang Sistem Pembayaran COD

Perlunya Edukasi Tentang Sistem Pembayaran COD 1

Akibat pandemi seperti ini, membuat kita semakin gemar berbelanja online. Oleh karena itu, kita memiliki banyak pilihan aplikasi yang akan kita kunjungi untuk membeli barang-barangnya. Tidak hanya itu, kita yang sudah terbiasa belanja online pastinya tidak asing dengan metode pembayaran seperti misalnya Shopee yang bisa menggunakan ShopeePay maupun ShopeePay Later, nah ada juga yang memilih sistem COD (Cash On Delivery). Pastikan sebelum kita memilih sistem pembayaran, kita paham dengan benar cara penggunaannya. Berikut beberapa penjelasan mengenai COD. 

Perlunya Edukasi Tentang Sistem Pembayaran COD 3

Sistem bayar di tempat

Banyak sekali orang yang belum begitu paham dengan sistem COD ini. Perlu diketahui bahwa COD merupakan sistem pembayaran dimana kurir akan mengirimkan paket ke rumah kemudian pada saat diterima oleh pembeli, maka pembeli tersebut akan membayarnya pada saat itu juga. Nah jika kita membeli barang dengan sistem COD pastikan kalian langsung membayarnya dengan uang pas ya! Karena terkadang kurir tidak memiliki uang pecahan untuk kembalian. Setelah membayar, jangan lupa untuk ucapkan terima kasih kepada kurir. Meskipun terlihat sepele, namun hal tersebut sangat penting, banyak sekali pembeli yang kurang menghargai kurir dan bahkan memaki-maki kurir. Padahal kurir sudah mengirimkan paket hingga selamat sampai tujuan. 

COD hanya fokus di pembayaran dan tidak ada sangkut paut dengan salahnya / tidak sesuainya barang yang sampai

Bagi beberapa orang yang belum pernah berbelanja online, ketika mereka melihat bahwa paket yang dikirimkan mereka tidak sesuai dengan barang yang dipesan maka mereka akan langsung memarahi kurir. Lucunya, ketika saat di-unboxing mereka yang belum mengerti benar tentang COD akan menyalahi kurir ketika barang yang mereka pesan berbeda dengan yang semestinya. Perlu digarisbawahi bahwa kurir sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan salahnya barang yang dikirim. Bisa jadi, barang yang salah kirim tersebut merupakan keteledoran dari admin ataupun toko tempat produk itu dijual.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui sistem COD dengan baik dan benar. Jika kalian merasa tidak puas atau tidak senang dengan barang yang dikirim, hendaknya kalian tidak perlu memarahi kurir. Karena jika kalian memarahi kurir kalian akan bisa dijadikan bahan tertawaan para netizen. Nah, bagaimana jika kita menerima paket yang tidak sesuai? Dari aplikasi yang kalian pesan itu sudah tersedia fitur chat antara pembeli maupun penjual, sebaiknya pembeli menanyakan kembali kepada penjual tentang produk yang sampai. Ingat, bertanyalah dengan sopan dan tidak perlu memaki. Dari chat tersebut, kalian bisa membuat kesepakatan apakah barang tersebut akan diganti atau uang kalian saja yang diganti. Sertakan bukti berupa foto produk dan screenshot pemesanan agar penjual bisa percaya bahwa produk yang kita pesan tidak sama dengan yang sampai. 

COD tidak berlaku untuk semua toko online (hanya toko-toko tertentu)

Banyak orang yang juga bingung, mengapa tidak semua toko menerapkan sistem COD. Perlu diketahui bahwa sistem COD ini cukup beresiko karena jika produk tidak sesuai maka terjadi konflik antara pembeli dengan kurir. Untuk menghindari permasalahan tersebut, maka penjual biasanya memutuskan untuk tidak memberlakukan sistem COD. Namun, ada alasan lain yang membuat toko tersebut tidak menggunakan sistem COD seperti misalnya sering terjadi masalah akibat pembeli tidak amanah sehingga pesanan COD tidak dibayarkan. Hal tersebut bisa saja terjadi dan membuat penjual dirugikan, oleh karena itu untuk menghindari kejadian tersebut (pembeli tidak membayar/kabur) maka penjual tidak menerapkan sistem pembayaran COD untuk tokonya. 

Perlunya Edukasi Tentang Sistem Pembayaran COD 4

COD harus dibayar sekaligus / tidak bisa dicicil

Jika kita sudah memilih COD, sudah pasti dan tidak bisa diganggu gugat kalau kita harus membayar full barang yang kita pesan. Tidak ada istilah bayar separuh di dalam COD sehingga pastikan uang yang kita hendak berikan kepada kurir sesuai dengan harga yang tertera. Jangan sampai kita memberikan uang yang kurang, pastikan juga bahwa kalian saat memesan barang memiliki uang karena jika tidak maka barang tersebut tidak akan bisa di cancel. Pilihan lain kalau kalian tidak ingin COD kemudian bayar cicil kalian bisa menggunaka ShopeePay Later (khusus pengguna Shopee) dari situ kalian akan diberikan jumlah tagihan yang harus dibayar tiap bulannya. Sehingga ketika barang sudah sampai, kalian tidak perlu COD (jika kalian ingin menggunaka ShopeePay / ShopeePay Later). 

Itulah beberapa pengetahuan tentang COD, jadilah smart buyer yang tidak menyusahkan penjual maupun kurir!! Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada penjual dan juga kurir ya karena tanpa mereka kita tidak bisa mendapatkan barang yang kita butuhkan maupun barang yang kita inginkan. Dan yang paling penting adalah jasa mereka jangan pernah disepelekan ya sobat online!!!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

YellowSky