Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara


Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara 1

Propinsi yang beribukota di Kendari ini dikenal memiliki destinasi wisata yang melimpah, baik wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, wisata olah raga, wisata minat khusus, dan berbagai jenis wisata lainnya.

Keragaman jenis wisata dan pemandangan alamnya yang mempesona itulah yang mengundang banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Inilah 5tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pulau Hari

Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara 3

Dengan alamnya yang masih alami, Pulau Hari memiliki lanskap bahari yang benar-benar memukau. Pulau yang masih belum berpenghuni ini merupakan salah satu dari gugusan pulau yang jaraknya saling berdekatan, yakni: Pulau Saponda Darat, Pulau Saponda Timur, Pulau Bokori dan Pulau Hari sendiri.

Ombak di pantai yang kecil dengan air yang jernih menjadikan pulau ini menarik untuk dipakai aktifitas menyelam. Ditambah lagi dengan terumbu-terumbu karang, rumput laut, dan berbagai jenis ikan yang berpadu dengan harmonis.

Di sini juga hidup electrick Clamp, atau kerang laut yang dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari, serta beberapa jenis satwa laut yang hampir punah seperti Ikan Sunudan Sotong, Penyu, dan jenis satwa langka lainnya.

2. Air Terjun Moramo

Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara 4

Salah satu air terjun terindah di Indonesia ini dibangun oleh alam selama ribuan tahun dari batu-batu granit besar yang bersusun-susun dan berundak dengan bervariasi antara setengah hingga tiga meter.

Tempat wisata yang terdapat di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe tersebut menempati areal seluas 38.937 hektar dengan dikelilingi alam yang hijau oleh pepohonan dan berbagai satwa endemik Sulawesi seperti anoa, monyet hitam, burung-burung, serta satwa lainnya.

Di kawasan sekitar air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini memiliki kandungan marmer atau onyx terbesar di dunia dengan kandungan sekitar 860 miliar meter 3.

3. Sungai Tamborasi

Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara 5

Tempat wisata di Sulawesi Tenggara lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Sungai Tamborasi, sungai yang menurut Guiness Book of Record dan Wikipedia tercatat sebagai sungai terpendek di dunia dengan aliran airnya yang hanya sejauh 20 meter.

Sungai yang sepintas lalu mirip sebuah danau ini berpagar pepohonan yang terkadang dipakai bergelantungan oleh monyet-monyet berbulu emas dan menjadi tempat hinggap burung-burung laut.

Kenapa ada burung-burung laut yang hinggap? Tidak lain karena lokasi sungai yang memiliki lebar sekitar 15 meter ini berbatasan langsung dengan Pantai Tamborasi. Itu sebabnya, para pengunjung yang datang ke sini bisa memiliki dua pilihan untuk berenang, yakni di dinginnya air Sungai Tamborasi atau di Pantai Tamborasi yang suhu airnya sedikit lebih hangat.

4. Danau Biru

Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara 6

Berlokasi di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, danau yang memiliki air berwarna biru kehijau-hijauan ini dikelilingi karang gunung yang tinggi sehingga suasana di sekitarnya sangat teduh, karena  sinar matahari tidak mampu menerangi secara utuh lokasi yang ada di sekitar danau.

Tidak jauh dari danau ini, atau sekitar 80 meter, terdapat pantai berpasir putih sepanjang 2 km. Sehingga para pengunjung bisa menikmati kedua tempat wisata tersebut hanya dalam sekali kunjungan.

5. Danau Napabale

Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara 7

Danau air asin yang berada di kaki bukit Desa Lohia Kabupaten Muna ini lokasinya bersebelahan dengan laut. Antara danau dan laut dihubungkan terowongan alam dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 9 meter.

Terowongan tersebut kerapkali digunakan para nelayan untuk jalur perahu yang akan berangkat dan pulang dari laut. Sehingga para wisatawanpun bisa memanfaatkan jasa para nelayan untuk ikut menikmati sensasi melewati terowongan tersebut, atau mengantar ke sebuah pulau karang yang berada di tengah danau.

Itulah 5tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang bisa dimasukkan ke dalam daftar destinasi Anda. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap