Pesona 7 Air Terjun di Kebumen! Siap Memanjakan Matamu

Pesona 7 Air Terjun di Kebumen! Siap Memanjakan Matamu 1

Mungkin belum banyak yang tahu, selain pantai, Kebumen juga memiliki banyak objek wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi lho, salah satunya air terjun.

Menyajikan air terjun yang jernih beserta udara sejuk dengan pemandangan alam sekitarnya yang indah, menjadikan objek wisata ini tidak boleh terlewatkan apalagi ketika kamu ingin refreshing sejenak, menghilangkan penat dari berbagai aktivitas yang menyita waktu dan tenaga.

Dimana saja sih letak air terjun tersebut? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Air Terjun Sudimoro

sumber: instagram.com/jogjajateng
sumber: instagram.com/jogjajateng

Rekomendasi air terjun yang pertama adalah air terjun Sudimoro yang terletak di dusun Kalikumbang, desa Donorojo, kecamatan Sempor, kabupaten Kebumen.

Air terjun Sudimoro memiliki ketinggian 35 meter dengan 3 tingkatan yang tersusun secara berundak dan melebar sehingga air yang terjun menyerupai tirai putih. Aliran air yang jatuh pun cukup deras, bahkan saat kemarau tiba. Sayangnya, akses menuju tempat ini tergolong sulit dan sedikit ekstrem dikarenakan lokasinya berada di pedalaman. Maka tidak heran, air terjun ini masih sepi pengunjung. Tapi jangan kuatir, karena ketika kamu berkunjung, usahamu akan terbayar lunas sebab pemandangan yang disajikan sungguh bisa memanjakan matamu.

2. Air Terjun Sawangan

sumber: instagram.com/ekoajipst162
sumber: instagram.com/ekoajipst162

Air terjun Sawangan adalah air terjun yang berada di tepi Samudera Hindia dan terletak di sebuah kawasan wisata terpadu, Sawangan Adventure. Selain itu, Air Terjun Sawangan juga berdekatan dengan pantai selatan Kebumen lho, hanya berjarak sekitar 150 meter saja.

Air terjun Sawangan sendiri, airnya berasal dari sungai bawah tanah goa Surupan dengan ketinggian air terjunnya mencapai 60 meter. Panorama alamnya yang indah, asri dan sejuk tentunya sangat pas dijadikan destinasi wisata untuk memanjakan mata dan menghilangkan penat. Kalau beruntung, saat siang hari kamu bisa menikmati pelangi yang sering terlihat di sini dan saat sore hari kamu bisa dimanjakan dengan pesona sunset yang begitu menawan.

Jika ingin berkunjung ke sini, alamat lengkapnya berlokasi di desa Karangduwur, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen.

3. Air Terjun Sindaro

sumber: bernasnews.com
sumber: bernasnews.com

Ingin merasakan ketenangan, kedamaian dan kesejukan alam yang asri dan menenangkan? Maka air terjun Sindaro bisa jadi pilihan kamu.

Memiliki ketinggian 25 meter, air terjun Sindaro merupakan air terjun bertingkat secara alami di atas batu hitam yang bertingkat berlantai dua. Lokasinya berada di himpitan lembah perbukitan dan terletak di bagian hilir sungai Kedungbener. Nama air terjun Sindaro sendiri diambil dari nama bukit pertanian milik warga yang menyebutnya Sindaro. Menuju air terjun, nanti kamu akan disuguhi sungai jernih yang menyegarkan.

Untuk yang ingin berkunjung, lokasi air terjun berada di gang Kalikecot, Pujegan, Wadasmalang, Karangsambung, kabupaten Kebumen.

4. Air Terjun Silangit

sumber: instagram.com/delta_oscardeltaoscar
sumber: instagram.com/delta_oscardeltaoscar

Berenang di bawah air terjun? Kenapa tidak? Di air terjun Silangit, kamu bisa melakukannya lho. Berenang bahkan sekadar berendam bisa kamu lakukan di sini karena terdapat kolam meskipun tidak besar.

Terletak di desa Sidoagung, kecamatan Sruweng, kabupaten Kebumen, trekking menuju tempat ini lumayan menantang. Kamu harus melewati jalan yang cukup ekstrem, dari jalan setapak serta menyisir sungai untuk bisa sampai lokasi dan itu membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Tapi, usahamu akan terbayar ketika sampai. Suasananya yang masih asri, dengan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar dan airnya yang jernih berwarna hijau tentu akan memanjakan matamu dan membuatmu segar kembali.

5. Air Terjun Gemawang

sumber: instagram.com/kebumen.explore
sumber: instagram.com/kebumen.explore

Air terjun Gemawang bisa dibilang sebagai salah satu mutiara tersembunyi di desa Candirenggo, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Sebab, air terjun ini letaknya memang masih cukup sulit untuk dijangkau karena ada di hutan belantara desa Candirenggo. Namun, ketika kamu berhasil untuk mengunjungi air terjun ini, kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat cantik dengan keasriannya yang masih terjaga.

Lokasi air terjunnya ada di balik bukit yang rimbun dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Butuh perjuangan untuk tiba di tempat ini. Kalau membawa kendaraan, kamu hanya bisa menitipkannya di rumah warga yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan tanah, menyebrangi sungai, melalui pemakaman sebelum tiba di lokasi air terjun.

6. Air Terjun Kedondong

sumber: exitrip.org
sumber: exitrip.org

Air terjun Kedondong memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terletak di desa Gunungsari, kecamatan Karangganyam, kabupaten Kebumen. Air terjun ini juga disebut air terjun Butak oleh warga sekitar.

Ketika berkunjung, kamu akan dimanjakan oleh aliran airnya yang sangat jernih dan tentunya sejuk. Bahkan, jika diperhatikan aliran air tersebut terlihat seperti mengalir melewati tebing batu yang kokoh lho.

Saat ini, akses jalan menuju air terjun Kedondong sudah sangat baik. Fasilitas seperti saung pun sudah bisa kamu nikmati jika ingin bersantai sejenak sembari menikmati pemandangan air terjun.

7. Air Terjun Wringin

sumber: instagram.com/kebumen_kekinian
sumber: instagram.com/kebumen_kekinian

Terakhir ada air terjun Wringin yang berlokasi di desa Pujotirto, kecamatan Karangsembung, kabupaten Kebumen. Air terjun ini juga disebut sebagai permata tersembunyi dikarenakan lokasinya yang berada di antara ladang-ladang warga sehingga belum diketahui oleh banyak wisatawan. Untuk mencapai lokasi, kamu mesti melewati jalan setapak di ladang-ladang warga sekitar dengan menempuh waktu sekitar 20 – 30 menit dari tempat parkir.

Rasa lelah perjalananmu akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi. Sebab, pemandangan air terjun di sini sungguh menjanjikan keindahan yang memanjakan mata. Kamu yang suka dengan aktivitas memicu adrenalin, maka air terjun ini bisa jadi pilihan. Cliff Jumping, menjadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Kamu bisa melompat dari tebing di samping air terjun. Dasar air terjun yang lebar dengan kedalaman sekitar 6 meter membuatmu cukup aman untuk terjun dari atas. Tapi, tetap harus hati-hati ya. Kalau tidak bisa berenang, disarankan untuk tidak melakukannya di tempat ini karena kedalaman airnya cukup berbahaya.

Jadi, sudah siap untuk menghabiskan akhir pekanmu nanti untuk berlibur di 7 air terjun di atas? Kira-kira air terjun mana nih yang mau kamu kunjungi?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.