Pesona Danau Aur Surganya Para Pelancong


Pesona Danau Aur Surganya Para Pelancong 1
 Photo. 1 Ikon Danau Aur yang eksotis
 Photo. 1 Ikon Danau Aur yang eksotis

Acara weekend mesti dinanti untuk para pelancong, dimanapun kita berpijak disitu pula kita bisa lebih mengenal dengan lingkungan sekitar dan wisata alam yang ada untuk dapat dikunjungi, waktu libur yang pas untuk dapat menikmati liburan ke tempat – tempat yang penuh dengan keindahan seperti pegunungan dan pedesaan dan air terjun.

Surga para traveler ketika kita dapat mengunjungi tempat – tempat yang eksotis dan untuk dapat di explore lebih dekat. Hal yang perlu diperhatikan untuk liburan kali ini kita perlu mempersiapkan dengan matang jauh – jauh mulai dari perlengkapan serta penginapan tentunya serta akomodasi untuk menuju ketempat tersebut dan menentukan hari yang pas untuk mengunjungi objek wisata alam.

Disini kami akan mengexplore ke Danau Aur yang berada dilokasi tempatnya masih berada di Musi Rawas, kalau kita mendengar danau seyogyanya kita akan merasakan betapa indahnya pemandangan yang ada disana untuk kita menikmatinya. Suasana yang sepi dan hening membawa pikiran kita untuk merasakan betapa indahnya alam ini.

Photo. 2.  Danau Aur yang terbentang dibalik bukit
Photo. 2.  Danau Aur yang terbentang dibalik bukit

Semua pemandangan yang ada di sana akan memanjakan mata kita, yang pernah kesana karena danau tersebut memang sangat asri karena Danau   Aur tersebut lokasinya ada di balik bukit jika kita sampai di Danau Aur kita akan melihat bukit dibalik Danau Aur  dan semacam pulau di tengah danau yang menambah suasana eksotis Danau Aur tersebut.

Jika kita pergi kesana pagi hari begitu indah dan udara pagi sangat sejuk karena jalan menuju kesana akan menemukan aliran sungai dari danau serta banyak kolam warna untuk tempat memelihara ikan ataupun kolam pemancingan karena aliran sungai airnya sangat jernih sekali, sehingga kita akan juga menemukan orang yang berjualan cemilan dipinggir jalan makan klinting, dll yang disuguhkan oleh pedagang disana dengan harga yang tidak merogok kantong, untuk menemani perjalanan kesana.

Mengenai waktu tempuh perjalanan menuju lokasi Danau Aur dapat memakan waktu sekitar 7 jam kaluar dari prabumulih untuk akses jalan aspal tidak khawatir jalan rusak tapi tetap mentaati rambu – rambu disetiap perjalanan karena banyak menemukan pejalan kaki jika kita melewati pasar ataupun simpangan jalan, disarankan untuk menuju kesana pagi hari karena cuaca masih pagi tidak terik.

Danau Aur sendiri untuk lahan parkir disediakan oleh petugas jaga pengelola Danau Aur, tempatnya lumayan luas untuk parkir kendaraan, memang susana parkir masih sepi karena jarang sekali pengujung di hari biasa yang kesana kemungkinan jika hari libur atau hari Minggu banyak pengunjung yang datang mulai dari pengunjung dari kota sekitar Lubuk Lingga maupun dari luar kota yang ingin penasaran untuk mengarungi Danau Aur yang begitu eksotis keindahannya.

Disana juga pengunjung akan menemukan wahana seperti balon terbang namun ketika kami mengujungi kesana balon terbang tersebut sudah tidak ada lagi dilokasi menurut info dari pengelola disana balon sudah pecah dan tidak difungsikan kembali.

Photo.4. Para pengunjung menikmati perahu keliling Danau Aur
Photo.4. Para pengunjung menikmati perahu keliling Danau Aur

Namu kita tidak berkecil hati ada juga wahana perahu sampan yang ukuran sangat luas perahu dibuat dengan papan yang disusun, mungkin kendaraan dapat juga di bawa dan didalam perahu juga membuka warung jajanan untuk dibeli pengunjung sambil menikmati pemandangan Danau Aur mengeliling danau yang cukup luas, makanan yang di tawarkan mulai dari mie telor, cemilan ringan sosi kopi the dan all. Disana pedangangnya sangat ramah untuk menawarkan dagangannya ke para pengunjung disana.

Disekitar Danau Aur juga disediakan tempat – tempat lesehan tempat duduk seperti tenda ataupun aula terbuka outdoor kalau ada pementasan ataupun kegiatan – kegiatan sisa hiburan menambah Suasana ramai.  

Ketika kita masuk di depan gerbang terpapang tulisan yang cukup menarik di Danau Aur tersebut kita bisa berfoto bersama keluarga teman sahabat ataupun  keluarga di depan  ikon Danau Aur yang dipercantik dengan gambar mural di tulisan Danau Aur dan  Keindahan Danau Aur memancar dengan jelas dan luasan danau yang terhempar, kondisi sekitar danau belum tertata rapi dan masih kotor mungkin karena tidak kepedulain kebersihan lingkungan banyak sampah berserakan disana.

Photo.3. Pemandangan Danau Aur di tepi dermaga
Photo.3. Pemandangan Danau Aur di tepi dermaga

Disana kita akan menjumpai sebuah dermaga kecil untuk melihat pemandangan Danau Aur dari dekat dan bisa berfoto di danau dengan walpaper bukit pulau di tengah – tengah danau.  Namun harus berhati – hati jika kita mau ke dermaga karena didermaga itu akan bergerak karena dikarenakan dari arus Danau menambah indah pemandangan untuk dapat diabadikan dengan foto – foto yang keren, dan di dermaga terdapat bangku – kursi untuk diperuntukan pengunjung jika ingin bersantai dan menikmati Suasana Danau Aur sambil dapat bercengkraman dnegan pasangan keluarga dan kerabat teman kerja. Namun disarankan jangan terlalu lama di dermaga karena danau yang mengakibatkan kepala pusing dikarenakan tumpuan dermaga dapat bergerak karena akibat dari arus danau.

Photo 4. Menikmati alam Danau Aur yang asri dan indah
Photo 4. Menikmati alam Danau Aur yang asri dan indah

Di tepi jalan pinggiran Danau Aur masih banyak pasir dan dibuat jalan setapak untuk pengunjung bsa berjalan kaki sambal menikmati keliling Danau Aur. 

Untuk tarif masuk sekitar 15 ribu per orang dikarenakan biaya masuk, jika pengunjung ingin merasakan naik perahu untuk menikmati keliling Danau Aur dikenakan 25 ribu sambil kita makan cemilan didalam perahu sambil menikmati suasana Danau Aur yang eksotis serta sejuk yang begitu luas dengan perahu 15 menit kita dapat menkmati makanan sambial berkeliling sepanjang Danau Aur, banyak ekosistem yang ada disana seperti burung –  burung ikan, hewan laninya di Danau Aur tersebut yang masih asri.

Jangan lupa jika kita akan  berfoto atau mengambil foto di kapal di tengah Danau Aur kita dapat menginformasikan ke tukang perahunya tersebut karena diatas perahu tersebut untuk perlengakapan diri seperti sekoci ataupun  life jacket tidak tersedia di perahu.

Untuk traveler tetap jaga physical distancing selalu tetap sehat dan berhati – hati dalam perjalanan “ “Have nice weekend journey next trip..


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Harto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap