Pesona Niagara Mini Lubuk Linggau


Pesona Niagara Mini Lubuk Linggau 1

Pada pagi hari yang cerah secerah awan yang menyelimuti pulau Sumatera menyimpan keindahan alam yang mempesona. Air terjun mewakili keindahan alam Bumi Sriwiaya dengan alam yang indah tidak boleh dilewatkan untuk memanjakan mata serta menjernihkan pikiran, gemericik air mengalir dari aliran sungai  yang asri sesuai alunan musik yang membuat mata dan telinga siapapun terpesona.

Pantas Pulau Sumatera menjadikan kota Wonderful Indonesia keindahan alamnya yang tersembunyi, karena banyak orang mengira disana banyak hutan yang ada disana banyak menyikap tempat alam yang eksotis untuk di kunjungi, seolah tersembunyi keindahan alam yang eksotis untuk dapat menghampiri dan mendatanginya.

Suasana alam membawa kita untuk menyatu dan terus berdampingan dengan budaya masyarakat lokal dan di ketinggian dataran tinggi yang menyikap suasana desa seakan membawa kita kedalam kondisi untuk menyatu dengan alam yang luas ini.  Disebelah selatan dari Sumatra kita bergerak ke kota Lubuk Linggau terdapat wisata alam yang mempesona.

Kota Lubuk Linggau bukan saja terkenal dengan nilai – nilai budaya melayunya akan tetapi menyimpan keelokan wisata alam yang mempesona untuk kita datangi dan hampiri.

Seakan hati ini rindu akan alam luas yang begitu banyak tersimpan rapat di bumi pertiwi di Indonesia, Kota Lubuk Linggau kota kecil yang menyimpan berbagai macam keindahan alamnya yang terhampar luas diantara lahat dan pagar alam, dari sisi letaknya lubuk linggau terlihat jauh dari pusat kota Sumatra Selatan.

Namun dengan kota terkecil tersebut kita dapat menemukan berbagai macam obek wsata diekitaran kota, untuk akses jalan menuju k arah Air Terjun Temam dapat dijangkau dari kota Kabupaten Musi Rawas ke Lubuk Linggau sekitar 1.5 jam sampai ke pusat kota. Kita akan disuguhkan bangunan masjid Akbar Lubuk Linggau yang besar dan sangat indah ketika di malam hari. Disekitar kota tersebut kita akan menjumpai banyak objek wisata yang berdekatan diataranya Air Terjun Temam, bendungan dan kota Musi Rawas ada Danau Aur dan Danau Gegas yang masih asri untuk kita menikmati pemandangan, kadang banyak sekali wisatawan lokal ataupun masyarakat sekitar menikmati pemadangan disekitar danau atau air terjun, akan tetapi air terjun temam tersebut sampai saat ini kondisi masih sepi dikarenakan covid 19, kalau kita dari kota Prabumulih sekitar – 8 jam ke arah Air Terjun Temam.

Photo.2. Air Terjun Temam yang mempesona wonderful
Photo.2. Air Terjun Temam yang mempesona wonderful

Untuk menuju lokasi air terjun temam bendungan kendaraan roda empat melalui jalan batu raja ataupun ke arah Tanjung Enim dan Muara Enim baru sampai kota Lubuk Linggau.

Lokasi Air Terjun Temam tidak jauh didekat pusat kota akses jalan sangat baik untuk berkendara, ketika kita sampai disana pengujung akan dikenakan karcis masuk sekitar 10 ribu rupiah per orang dan lahan parkir sangat luas, disana juga ada wahana bermain seperti air water bom dan bisa dijadikan tempat untuk rekreasi untuk mengajak keluarga menikmati pemandian dan kolam renang di dekat air terjun. 

Namun ojek wisata tersebut seperti kurang perhatian dari pemerintah kota karena kondisi sangat cukup lama tidak terurus banyak taman untuk bermain buat anak – anak dan fasilitas mushola untuk solat dan toilet.

Sesampai disana kita akan memjumpai aliran sungai yang air begitu jernih sekali tidak ada kotoran sampah mengaliri disungai dan banyak sekali pedagang yang menjajakan jualannya mulai dari merchandise  oleh – oleh untuk dari kota asal sepanjang pintu masuk kearah Air Terjun Temam, sekitar arah akses masuk kita bisa melihat kolam ikan dari warga sekitar sebagai kolam ikan budidaya ikan air tawar yang sangat memanjakan pengunjung dalam menikmati suasana di pedesaan dan pegunungan untuk cuaca udara terasa sejuk sekali karena angin yang bertiup sepoi – sepoi memberikan rasa kesejukan dan kedamaian hari dan pikiran untuk mengajak diri ini untuk menyatu dengan alam raya.

Photo.3.Aliran sungai Air Terjun Temam
Photo.3.Aliran sungai Air Terjun Temam

Untuk menuju kesana kita perlu menaiki anak tangga yang cukup panjang sekitar 5 km dari pintu masuk dan naik dan turun ketika berjalan kaki mungkin jika butuh istirahat kita bisa manfaatkan semacam gazebo ataupun rumah untuk tempat istirahat sementara untuk meneruskan perjalan ke air terjun tersebut.

Dan jangan lupa ya untuk traveler terus menjaga physical distancing selama kita liburan di air terjun dan tetap menjaga kebersihan agar lingkungan dan taman tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi, untuk petugas disana sangat minim karena selama kita kesana tidak ada yang ada. Kita dapat melihat di sebelah akan air terjun, namun tetap hati dalam melangkah karena kondisi jalan kekika hujan licin bisa tergelincir.

Spot – spot untuk kita berfoto banyak sekali mulai dari depan air terjun sampe aliran sungai muara air terjun yang terbentang luas sekali, kita bisa menginjakan kaki kita aliran air terjun dan menginjakan kaki di bebatuan air terjun tetapi harus tetap berhati – hati untuk pijakan agar tidak tergelincir.

Sangat di ajurkan ketika kita mencebur dilokasi tersebut perlu bawa pakian ganti sewaktu – waktu pakaian terciprat air, kita bisa melihat tulisan besar di air Terjun Temam dan data berfoto bersama keluarga maupun foto sendiri. Air Terjun tersebut terkadang dapat memancarkan warna pelangi ketika siang hari itu menambah eksotisnya Air Terjun Temam bisa berfoto dengan aliran air terjun dengan pelangi yang menempel di air terjun.

Photo.4. Jalan setapak dilokasi  air terjun Temam
Photo.4. Jalan setapak dilokasi air terjun Temam

Air Terjun Temam sangat luas air mengalir kesungai di bawah, untuk menuju Air terjun disediakan tangga diberikan pegangan area pengujung terhindar dari tergelincir ketika berjalan.Kalau untuk membawa anak kecil pastikan untuk menggandeng jangan sampi jangan sampai anak tergelincir masuk kealiran sungai air terjun.  

Dan perhatikan jika anak – anak akan main di air harus perlu dipantau dan jarak jauh dari aliran air terjun tersebut karena akan dikhawatirkan anak terbawa arus air sungai. Kita dapat menjumpai di sekitar air terjun warga penduduk disana kesehariannya mulai sambil menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran menjadi refresh untuk ketika memotret pastikan kamar tersebunyi terlindung dari cipratan air seolah air terjun tersebut membisikan ke kita untuk melestarikan dan menjaganya untuk tetap asri dan alami sehingga kita dapat menikmati dan mengunjunginya padat saat musim liburan telah tiba. Keindahan yang tidak ada antaranya seperti keindahan di kota Bali.

Photo.5. Rehat sejenak menikmati pemandangan di Gubuk Mang Engking kota Lubuk Linggau
Photo.5. Rehat sejenak menikmati pemandangan di Gubuk Mang Engking kota Lubuk Linggau

Namun kita melihat keselurahan dari Air Terjun Temam, kondisi lingkungan dan warga sekitar yang terus berdampingan dengan alam yang begitu indah.

Setelah seharian kita memandangi keelokan air terjun kita bisa menikmati kuliner Lubuk Linggau tidak jauh disekitar itu dengan konsep resto pedesaan namanya Gubuk Emang Engking didaerah di Jawa banyak cabang sungguh memanjakan lidah untuk manyantapnya di siang hari yang sangat terik dan panas.

Suasana pedesaan yang diusung diresto tersebut, kita bisa memilih menu yang akan dihidangkan dan sambil menunggu hidangan disantap kita bisa melihat kolam ikan emas yang sanga luas dan memberikan makan ikan sambil menaiki perahu keliling kolam dan berfoto serta bercengkraman dengan keluarga yang kita ajak ataupun rekan kerja sambil menikmati sajian masakan dan suasana resto yang asri, sebelum meninggalkan tempat tersebut bisa foto bersama didepan sebagai wallpaper foto kita.

Dan tetap sehat selalu dan pastikan pikiran dan jiwa terinstall kembali untuk menjemput hari kerja yang kita lalui “have fun nice next trip, Indonesia wonderful”.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Harto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap