Petrichor : Aroma Tanah Basah Setelah Turun Hujan


Petrichor : Aroma Tanah Basah Setelah Turun Hujan 1

Hujan adalah salah satu kenikmatan yang Tuhan berikan kepada kita. Melalui setiap tetesan hujan lah bakal kehidupan ditanamkan oleh-Nya.

Menurut kalian, apa yang berkesan dari hujan? Kenangan, kesejukan, ketenangan, kerinduan, atau aromanya yang unik dan menyenangkan? Hujan itu seperti kesenduan yang menyimpan sejuta kebahagiaan. jika kalian seorang pecinta hujan, mungkin kalian dapat menikmati keindahan dari setiap tetesan air hujan yang dijatuhkan langit kelabu itu.

Aroma tanah basah setelah turun hujan. Apakah kalian suka dengan wanginya? Aroma tersebut diberi nama petrichor, iyaap petrichor! Bukan pelakor lho yaa!

Mari kita membahas fakta ilmiah dibalik fenomena yang sering diromantisasi ini!

Darimana istilah petrichor berasal?

Kata petrichor pertama kali digunakan oleh dua orang peneliti asal Australia, I.J. Bear dan R.G Thomas di dalam publikasi ilmiahnya yang berjudul “Nature of Agrillaceous Odour”

Istilah Petrichor dari bahasa Yunani yaitu berasal dari kata petros yang berarti “batu” dan ichor yang berarti “cairan yang mengalir di pembuluh para dewa”.

Darimana asal petrichor?

1. Aroma ozon

Petrichor : Aroma Tanah Basah Setelah Turun Hujan 3

  sumber gambar : pixabay.com

Kilatan petir yang terbentuk pada saat terjadinya hujan atau badai berperan penting dalam pembentukan senyawa ozon (O3). Kilatan petir dapat membelah oksigen (O2) yang berada di udara. Unsur O tunggal yang terbebas akibat sambaran petir dapat membentuk ikatan dengan oksigen (02) sehingga terbentuklah ozon (O3).

Seseorang yang indera penciumannya peka mampu mencium aroma ozon (O3) yang terbawa oleh hembusan angin. Hal ini dapat menjadi salah satu pertanda datangnya hujan.

2. Senyawa dari bakteri

Petrichor : Aroma Tanah Basah Setelah Turun Hujan 4

  sumber gambar : pixabay.com

Air hujan yang mengguyur tanah kering dapat mengeluarkan aroma unik. Aroma tersebut berasal dari hasil metabolit sekunder yang diproduksi oleh bakteri Streptomyces. Senyawa itu disebut geosmin. Bakteri Streptomyces ini merupakan penghuni tanah yang jumlahnya sangat melimpah.

Tetesan hujan yang menghantam tanah menyebabkan senyawa geosmin terlepas ke udara. Senyawa geosmin tidak berbahaya untuk manusia walaupun berasal dari bakteri.

3. Senyawa dari tumbuhan

Petrichor : Aroma Tanah Basah Setelah Turun Hujan 5

  sumber gambar : pixabay.com

Hujan dapat mengeluarkan senyawa kimia terpene pada tumbuhan. Terpene merupakan senyawa kimia yang memberikan aroma pada beberapa jenis tumbuhan. Umumnya senyawa ini diproduksi oleh jenis tumbuhan berkonifer, salah satu contohnya adalah pinus.

Senyawa kimia yang memiliki wangi menyenangkan sering kali diproduksi oleh rambut-rambut di permukaan daun. Apabila hujan menerpanya, maka senyawa itu akan terlepas ke udara.

Hujan juga dapat memecah komponen tanaman kering sehingga melepaskan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Cara kerjanya hampir sama ketika kita menumbuk dedaunan kering. Aromanya  menjadi lebih kuat.

Hujan menjadi sebuah pemicu untuk tumbuhan memproduksi aroma menyenangkan

Bagaimana keterkaitan antara ketiga faktor tersebut?

Petrichor sering disalahpahami sebagai bau yang berasal dari hujan itu sendiri. Faktanya petrichor tercipta setelah tetesan air hujan bersentuhan dengan tanah kering. Tetesan air hujan yang menyentuh tanah tersebut melepaskan geosmin (senyawa yang dihasilkan oleh Streptomyces) dari dalam tanah ke udara kemudian bercampur dengan terpene (sumber aroma pada tumbuhan) dan aroma ozon (O3) di udara, sehingga terciptalah petrichor. Aroma ajaib yang mampu menyihir indera penciuman manusia.

Jadi dapat dikatakan bahwa petrichor terbentuk oleh perpaduan ketiga senyawa tersebut yang telah terlepas ke udara akibat guyuran air hujan.

Demikianlah fakta yang terjadi dibalik aroma tanah basah setelah turun hujan atau bahasa kerennya disebut petrichor. Jadi setelah membacanya kalian bisa mengetahui penyebab munculnya aroma tersebut. Penulis mengucapkan mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan ini. Kalian bisa memberikan koreksi dan masukan kepada penulis melalui kolom komentar. Terima kasih.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

daydreamer

   

Copy link
Powered by Social Snap