Pleci Yang Sedang Populer Terkenal Karena Kicauannya Yang nge Bass

Pleci Yang Sedang Populer Terkenal Karena Kicauannya Yang nge Bass 1

Sedang ramai-ramainya diperbicangkan soal burung kecil mungil yang saat ini sedang mengalami ketenaran. Burung kecil ini pun ramai  diburu para orang termasuk penggemar burung kicau. Burung ini bernama burung Pleci atau bahasa latinnya Zosterops. Dalam hal ini lebih dikenal dengan Pleci jenis Auriventer atau bahasa latinnya Zosterops palpebrosus auriventer.

Burung ini biasanya memiliki warna hijau atau green sedikit agak kekuning-kuningan atau dinamakan hijau zaitun dengan bermacam-macam jenisnya. Jenis pleci sendiri ada tiga macam, diantaranya :  Pleci Montanus (Zosterops montanus), Pleci Buxtoni (Zosterops palpebrosus buxtoni) dan Pleci Auriventer. Burung pleci jenis ini memang acapkali dipelihara oleh banyak penggemar burung khususnya Indonesia. Bagi penggemar burung kicau sangat menarik untuk membahas jenis pleci yang satu ini.

Pleci Yang Sedang Populer Terkenal Karena Kicauannya Yang nge Bass 3

Untuk jenis Pelci Auriventer itu muncul dengan mendapatkan tempat di hati para penggemar burung kicau. Menurut penggemar burung kicau seperti saya James dan Irfan sebagai pecinta maniak burung kicau khususnya pleci sendiri, mengingat banyaknya jumlah pleci jenis ini yang ada dimana-mana. Pleci jenis Auriventer paling banyak diburu karena suaranya yang ngebass. 

Itulah alasan kenapa burung pleci jenis Auriventer paling banyak dicari, karena suaranya yang dianggap paling ngebass dan menarik dibandingkan dengan jenis pleci yang lain. Bagi yang hobi banget memelihara pleci jenis ini paling banyak dikoleksi para pecinta burung.

Banyak pecinta burung kicau khususnya pleci yang tahu kalau suaranya ngebass, maka ia meskipun didekatkan dengan burung lain, akan tetap bunyi dan suaranya sangat menarik. Bahkan dipasar burung sendiri, burung ini bak langka meskipun jumlahnya cukup banyak, namun banyak juga yang memburunya bahkan melebihi stok yang ada. Mereka berbondong-bondong mendatangi pasar burung hanya untuk mencari burung idamannya.

Bukan tak mungkin jika karena banyak diburu, makan berimbas pada harga satu ekor pleci yang terbilang lumayan mahal. Untuk jenis pleci Auriventer sendiri, memang terkenal lebih mahal dibandingkan dengan jenis pleci lain. Untuk pleci jenis ini, yang masih bakalan saja dihargai Rp. 125.000 hingga 150 ribu rupiah. Untuk satu ekor jantan bisa dibanderol dengan harga sekitar 200 ribu rupiah.

Bentuknya memang lebih kecil dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Ciri utama dari pleci ini adalah adanya lingkaran di matanya yang berwarna putih yang agak tebal. Kemudian ciri lainnya adalah bulu dibagian depan atau dada burung ini yang berwarna abu-abu. Di Indonesia sendiri jenis burung pleci memang sedang ramai-ramainya di cari. Karena habitat endemiknya berada di wilayah Sumatera. 

Kemudian James mengatakan, jika burung ini berada habitat aslinya suka sekali terbang disekitaran di wilayah yang banyak terdapat hutan bakau dan kawasan pesisir. Mereka terbang berkeliaran kemana-mana untuk mencari makanan secara berkelompok. Paling banyak 5-6 ekor anggota kelompok mereka.

Sedangkan untuk pemeliharaannya sendiri, relatif mudah, yaitu dengan memberikan makanan berupa pisang, bisa kroto, atau bahkan serangga seperti ulat. Atau juga makanan lain yang disukai Pleci.

James juga mengatakan, jika Pleci ini perawatannya dan pemeliharaannya lebih mudah dan praktis. Selain dipelihara, burung ini juga di lombakan dalam berbagai festival, diantaranya di negara dekat sendiri, pleci dilombakan misalnya di Malaysia, Jepang, Singapura dilombakan tidak seperti lombanya burung Indonesia namun ditaruh dibawah tak digantung diatas seperti yang kita tahu ketika lombak burung kicau di Indonesia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

James Bird