Plus Minus Ban Tubeless


Plus Minus Ban Tubeless 1

Sebagaimana kita ketahui bersama, ada 2 jenis ban yang menghiasi roda kendaraan, yakni: ban tubetype atau ban biasa serta ban tubeless.

Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan ban tubeless semakin meningkat, karen banyak yang percaya kalau ban tubeless memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan ban tubetype.

Anggapan tersebut memang tidak salah, tapi juga tidak seluruhnya benar, karena ban tubeless pun juga memiliki sejumlah kekurangan. Lantas apa kelebihan dan kekurangan dari ban tubeless?

Kelebihan Ban Tubeless

Plus Minus Ban Tubeless 3

  • Pada saat menginjak benda tajam seperti paku dan kawat, ban tubeless tidak langsung kempis sehingga kendaraan masih bisa dibawa berlari menuju ke tempat tambal ban.
  • Ban tubeless memiliki kemampuan lebih saat diajak melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga lebih tahan bocor.
  • Saat dipakai bermanuver atau berlari sambil menikung, ban tubeless memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena selain stabil juga lebih menggigit.

Kekurangan Ban Tubeless

Plus Minus Ban Tubeless 4

  • Dibandingkan ban tubetype, usia dari ban tubeless lebih pendek karena memakai compound yang lebih lunak.
  • Ban tubeless lebih keras karena memiliki struktur karet yang lebih padat dan lebih tebal. Akibatnya, saat dipakai berlari melewati jalan yang tidak rata, atau jalan yang rusak, selain ban itu sendiri, velg kendaraan juga akan cepat rusak.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari ban tubeless, kita bisa mengira-ngira, ban jenis apa yang paling pas untuk kendaraan. Tentunya dengan melihat kondisi medan yang paling sering ditempuh oleh kendaraan yang kita miliki. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments