PMS? Kenali Jahe untuk Membantu Meredakan Nyeri Menstruasi

PMS? Kenali Jahe untuk Membantu Meredakan Nyeri Menstruasi

atau yang lebih dikenal dengan , merupakan tanaman rimpang yang tumbuh subur di Indonesia.

Tanaman ini mudah sekali tumbuh, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Kehadiran sendiri tak pernah absen dari dapur Indonesia yang kaya dengan .

Terdapat tiga jenis yang biasa digunakan baik sebagai bumbu dapur ataupun obat. gajah, emprit, dan merah.

gajah memiliki bonggol yang besar dibandingkan dengan emprit. Sementara merah, memiliki penampilan seperti emprit, namun dengan yang berwarna merah kehitaman. Sepintas mirip dengan laos atau lengkuas.

Rasanya yang khas membuat jahe digemari oleh sebagian besar orang. Jahe dengan rasanya yang pedas menjadi primadona sebagai bahan baku wedang jahe yang panas dan mampu menghangatkan tubuh terutama di musim penghujan.

Namun, tahukah kamu bahwa jahe juga memiliki kemampuan untuk meredakan yang biasa dialami perempuan saat ?

Baca juga  Dear Cewek, Ini Sebab Mengapa Kalian mengalami PMS

Jahe Sebagai Pereda

PMS? Kenali Jahe untuk Membantu Meredakan Nyeri Menstruasi

Jahe mengandung gingerol yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit.

Jahe juga mengandung zat gizi lainnya seperti kalsium, magnesium, vitamin B kompleks, coline, dan lainnya. Oleh karenanya kamu dapat mengonsumsi jahe saat .

Minum jahe dapat meredakan , karena dapat menghambat produksi prostaglandin yang memiliki peran dalam sistem reproduksi perempuan. Prostaglandin ini menyebabkan otot dan pembuluh darah rahim berkontraksi hingga akhirnya menjadi penyebab nyeri.

Menurut penelitian, pemberian 200 mg jahe yang dikonsumsi pada awal nyeri dapat mengurangi dismenore primer.

Jahe juga dapat mengurangi pendarahan yang berlebihan pada perempuan pada masa . Penelitian membuktikan pemberian jahe tiga hari sebelum masa   menurunkan pendarahan hebat saat haid.

Dengan demikian, jahe berpotensi menjadi salah satu pengobatan yang efektif, mudah, dan murah pada saat masa haid.

Baca juga  Ini Dia Fakta Mengenai IMS Atau Gejala PMS Yang Dialami Pria

Efek Samping Jahe

Walaupun memiliki manfaat, jahe juga berpotensi menyebabkan efek samping seperti perut kembung dan heartburn. ini juga dikenal berpotensi mengencerkan darah. Oleh karenanya, perhatikanlah kesehatan mu terlebih dahulu, sebelum mengkonsumsi jahe.

Resep Jahe Untuk

Banyak cara untuk mengonsumsi Jahe, dari yang langsung mengunyahnya, sampai mengolahnya menjadi yang segar dan hangat. Di bawah ini dua cara untuk mengolah jahe sebagai pereda .

Jahe mentah

Siapkan jahe gajah atau emprit sebesar satu ruas jempol. Kupas dan cuci bersih. Panggang dengan pan hingga harum. Setelah agak hangat kunyah langsung jahe tersebut. Jika terasa agak getir, dapat dibantu dengan minum air putih hangat.

Disarankan mengkonsumsinya sekali sehari saja sampai nyeri haidnya mereda.

Wedang Jahe Merah

  • Siapkan 250 gram jahe merah. Cuci hingga bersih. Memarkan jahe dan panggang di atas api atau pan.
  • Didihkan air sebanyak 2 liter. Masukan jahe .
  • Tambahkan gula aren sebanyak 250 gram. Rebus bersama jahe.
  •  Tunggulah hingga air berkurang ΒΌ-nya.
  • Dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat. Tambahkan 2 sendok makan  madu untuk menambah rasa.
Baca juga  Mengenal Jahe Si Rimpang Dengan Banyak Manfaat

Konsumsilah dua kali sehari sebanyak satu cangkir dari sejak 2 hari sebelum hari pertama sampai hari terakhir.

Teh Jahe

Ambillah jahe kira-kira sebesar 2 ibu jari, kupas kulitnya, dan cuci bersih. Setelah itu parutlah jahe tersebut hingga halus. Masukan ke dalam segelas air panas, tutup hingga 10-15c menit.

Jika sudah, larutan tersebut dapat disaring dan diminum dengan tambahan madu. Minum dalam keadaan hangat akan jauh lebih baik. Selain mengurangi bau khas jahe, rasa hangatnya juga dapat membuat perut terasa nyaman.

Ternyata terdapat pereda alami tersembunyi dalam kekayaan Indonesia, yaitu jahe. Mengonsumsinya secara rutin, dapat membantu meringankan .

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lembayung Senja