Politik Itu Kejam, Jadi harus Siap Mental


Politik Itu Kejam, Jadi harus Siap Mental 1

Politik itu adalah bidang ilmu dalam pemerintahan dan menata negara lebih baik kedepan. Ilmu politik sangat dibutuhkan sekali dalam membangun sebuah negara lebih baik dan semakin maju kedepan. Sebab itu, politik sangat penting dan patut jadi sarana buat kita membentuk negara yang berdaulat dan makmur.

Berkaitan dengan itu pula, ada yang patut kita ingat dan pahami bahwa politik itu tidak saja baik buat kemajuan dan pergerakan pemerintahan sebuah negara. Akan tetapi, politik itu juga kejam.

Kita bisa melihat sendiri bagaimana para politisi negeri ini bersaing dalam sebuah kontestasi politik seperti pemilu dan pilkada. Mereka bertarung habis-habisan dan sampai titik darah penghabisan demi sebuah kemenangan.

Bahkan, kadang teman menjadi lawan politik atau rival politik yang berat sehingga harus dilawan demi tujuan tertentu. Dalam politik itu sah-sah saja. Dalam politik tidak ada yang abadi dan tidak ada teman selamanya.

Semua bisa berubah cepat sesuai kepentingan yang ada. Misal, Si A adalah seorang pemimpin memberikan jabatan kepada si B yang merupakan anggota atau bawahannya. Setelah si A tidak lagi jadi pemimpin, malah si B mencalonkan diri sebagai pemimpin dan menang, malah si B tidak lagi menghiraukan dan mendengar pendapat dan arahan dari si A yang merupakan mantan atasannya.

Ilustrasi via Merdeka.com
Ilustrasi via Merdeka.com

Dari ilustrasi tersebut, bisa kita lihat bagaimana politik itu kejam. Berbeda dulu dengan sekarang. Apa yang sudah diberikan, belum tentu akan dibalas sesuai yang diharapkan dalam politik. Jadi, politik itu memang kejam dan tidak bisa diterka.

Karena itu, jika kita ingin berpolitik maka harus mempunyai mental yang kuat. Jika tidak, akan kandas di tengah jalan dan merasa sakit hati dan kecewa. Kalau ingin berpolitik maka harus siap menerima konsekuensi yang ada. Harus diketahui bahwa dalam politik itu punya kepentingan masing-masing yang akan diraih dengan cara apapun. Jadi, siapa saja yang ingin masuk dalam dunia politik harus mematangkan lagi mentalnya dan mematangkan lagi ilmu politiknya dan siap menerima segala konsekuensi yang ada.

Di dalam politik itu, tidak ada kata baper. Karenanya, harus siap dulu sebelum masuk dalam ranah politik. Bersiaplah untuk melihat bagaimana persaingan dalam dunia politik itu ketat dan kejam. Oleh karena itu, kita sekarang memilih apakah akan masuk dunia politik atau tidak?.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap