Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 1

Presiden pertama  Indonesia ,yakni Ir. Soekarno atau yang lebih kita kenal dengan Bung Karno, rupanya pernah memiliki lebih dari satu istri, tak heran jika Proklamator Kemerdekaan tersebut memang dikenal sebagai sosok yang berwibawa dan kharismatik sehingga mungkin bikin para wanita terpesona.

Seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda ini memang sudah memiliki hingga 9 istri , tentu setiap istrinya memiliki keunikan cerita dan pesona nya tersendiri. Dari ke sembilan istri sang Prokolamator, ada satu yang menarik perhatian, bisa dibilang beliau yang tercantik diantara istri Bung Karno yang lain,  Yap, inilah Ratna Sari Dewi Soekarno (ラトナ・サリ・デヴィ・スカルノ- Ratona Sari Devi Sukaruno), atau biasa dipanggil Dewi Sukarno (デヴィ・スカルノ Devi Sukaruno), 

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 3

Dewi Soekarno memiliki nama asli Naoko Nemoto (根本七保子 Nemoto Naoko)  lahir di Tokyo – Jepang pada tanggal 6 Februari 1940  (usia 81 tahun). Dewi adalah istri Bung Karno yang ke lima.  Dewi menikah dengan Soekarno pada tahun 1962 ketika usianya mencapai 22 tahun ,dari pernikahan nya dikaruniai anak perempuan bernama, Kartika Sari Dewi Soekarno. 

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 4
Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 5

Awal mula keduanya bertemu secara langsung di Jepang,  Dewi berkenalan dengan Soekarno lewat seorang relasi ketika Bung Karno berada di Hotel Imperial, Tokyo, sewaktu sedang dalam kunjungan kenegaraan di Jepang. Bung karno memang sering berkunjung kenegara  Jepang untuk mengurus masalah ganti-rugi perang. Ketika itu Dewi berumur 19 tahun, bertemu dengan Soekarno yang telah berumur 57 tahun Tak lama kemudian, Sukarno mengundang Dewi ke Indonesia, hingga keduanya memutuskan menikah. Pernikahanya terjadi tepat pada tanggal 3 Maret 1962, Dewi pun memeluk Islam, dan, seperti diungkapkan Rhien Soemohadiwidjojo dalam buku Bung Karno Sang Singa Podium (2013),
Soekarno saat itu juga memberinya nama Indonesia, Ratna Sari Dewi.    

Dewi ini tak hanya memiliki paras yang cantik, beliau juga memiliki kecerdasan dan juga mengerti soal politik,  hingga sering berdiskusi serius dengan Bung Karno. Sebelum menjadi istri Soekarno, ia memang seorang pelajar dan entertainer.

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 6

Bung Karno kabarnya juga sangat bersikap mesra pada Dewi, itu terlihat ketika keduanya tengah berada di halaman Istana Negara, dan tidak segan Bung Karno mencium pipi Dewi , di depan ajudannya saat hendak menaiki mobil. nampaknya Dewi tengah mengantarkan sang suami Bung Karno untuk bekerja.

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 7

 Pernah ada  isu yang kurang sedap menimpa dirinya, bahwa dirinya telah bekerja sebagai geisha ( pekerjaan yang identik dengan “penghibur” tamu) namun ia telah berulang kali menyangkal hal ini.  Dewi juga juga menyangkal tudingan yang menyebut pertemuannya dengan Soekarno terjadi di tempat hiburan malam. “Tidak benar saya dikenalkan (dengan Sukarno) di Akasaka Night Club. Tidak mungkin. Ia adalah seorang muslim yang taat, tidak minum alkohol, dan pagi hari pukul 5 sudah harus bangun untuk shalat,” tegas Dewi.

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 8
Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 9

Namun sayang,  Jalinan perkawinan Bung Karno dengan Ratna Sari Dewi kandas pada tahun 1970 atau tiga tahun setelah kelahiran putri mereka, Kartika Sari Dewi. Tak lama setelah perceraian itu, Sukarno meninggal dunia. Ratna Sari Dewi meninggalkan Indonesia setelah Sukarno tiada. Hidupnya berpindah-pindah, dari Perancis, Swiss, hingga Amerika Serikat. Sejak 1983, Ratna Sari Dewi Soekarno sempat kembali ke Jakarta. Wanita yang kerap dipanggil Madame Dewi ini diketahui menetap di Jepang pada 2008.

Dewi Sukarno memiliki akun instagram pribadinya yakni @Dewisukarnoofficial , yang memiliki 357 ribu pengikut,

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 10

Kini di usia nya yang tidak lagi muda, namun jika dilihat dari postingan di instagramnya , masih tetap memiliki wajah yang cukup awet dan masih kencang

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 11

Dewi rupanya juga memiliki akun youtube,dan aktif bikin vlog pribadi, silahkan bagi kalian yang menggemari sosok beliau , bisa langsung subscribe aja !

Potret Kecantikan Dewi Soekarno, Istri ke- 5 Bung Karno, Semasa Muda 12

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arya Sanggra Pradipta

   

Penikmat rawon tanpa tauge & bakso tanpa nasi! Suka bermain dengan anak, launchpad dan kucing.