Potret Watergong Klaten Sungai Jernih Dengan Sejuta Ikan Nila

Potret Watergong Klaten Sungai Jernih Dengan Sejuta Ikan Nila 1

Sebuah kawasan menarik dengan pemandangan sungainya yang jernih dipenuhi dengan ribuan ikan Nila yang hidup di bawah ekosistem sungai bernama Watergong. Watergong merupakan kawasan bersih yang berada di kawasan wisata Ponggok, Klaten dan berada di area sungai yang mengalir yang dahulunya kotor, namun sekarang telah tertata dengan bersih dan airnya pun sekarang jernijh dan dipenuhi ribuan ikan Nila. 

Kawasan wisata watergogn dikelola oleh Pak Bagong Margoni sekaligus pemilik dari tempat wisata ini. Dahulunya watergong ini merupakan kawasan pabrik gulam namun sekarang sudah tidak terpakai. Wisata watergong memiliki panjang 100 meter dan setiap petaknya memiliki lebar 10 meter.

Selain juga tersedia rumah makan, watergong juga menyediakan mandi bola meski dengan luas yang tak begitu luas, dibandingkan kawasan wiisata kalipusur yang berada dekat dengan watergong.

Berikut hal menarik dari watergong ini:

Sungai Jernih

Potret Watergong Klaten Sungai Jernih Dengan Sejuta Ikan Nila 3

Kawasan watergong menjadi destinasi menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang, khususnya orang Klaten. Watergong merupakan sungai yang disulap menjadi sebuah tempat menarik dengan airnya yang jernih dan pemandangan sungainya yang mengalir dengan sangat bersih.

Dahulunya kawasan ini merupakan kawasan dengan sungainya yang kotor dan dipenuhi banyak sampah, namun berkat seorang yang merubah dan menyulap kawasan ini menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan, akhirnya diberi nama watergong, karena pemiliknya bernama Pak Bagong.

Ikan Nila

Potret Watergong Klaten Sungai Jernih Dengan Sejuta Ikan Nila 4

Hal yang paling menarik dari watergong ini adalah terdapatnya jutaan ikan nila disungai bernama Sungaia gejikan berada di kawasan wisata ponggok polanharjo. Panjang sungai gejikan watergong ini memiliki panjang 100 meter dengan lebar setiap petaknya adalah 20 meter. Setiap petak ditaburi 1 ton Ikan Nila, dengan panen setiap petak mencapaia 20 ton ikan nila. Pemandangan ikan nila ini hampir mirip dengan pemandangan di Jepang.

Meski dulunya sungai ini merupakan tempata pembuangan smpah, berkat kreatifitas pemiliknya tempat ini disulap menjadi kawasan yang bersih dan jernih. Melihat banyaknya ikan nila yang hidup disungai ini rasanya kita dibikin tidak percaya. Meski banyak, ikan nila tidak boleh sembarangan diambil dan harus seijin yang punya.

Warung Makan dan Musik

Potret Watergong Klaten Sungai Jernih Dengan Sejuta Ikan Nila 5

Selain pemandangan sungainya yang menarik, di kawasan watergong ini juga tersedian warung makan yang menyediakan banyak menu ikan terutama Ikan Nila dengan berbagai masakan yang lezat. Kita dimanjakan dengan masakan khas dengan bumbu dan racikan ala warung makan watergong yang berada di atas sungai sekaligus kita bisa melihat pemandangan sungai dengan menyantap masakan yang kita sukai.

Kasih Makan Ikan dan Membeli Ikan Segar

Potret Watergong Klaten Sungai Jernih Dengan Sejuta Ikan Nila 6

Selain kita melihat banyak ikan, kita juga bisa minta ijin untuk memberi makan ikan-ikana itu dengan pakan yang sudah tersedia di watergong. Terbanyak bukan, kita bisa memberi pakan jutaan ikan dan serunya kita bisa melihat pemandangan ikan-ikan yang sangat banyak di sungai watergong ini. 

Selaian itu, kita juga bisa membeli ikan segar dan juga ikan koi yang memang dibesarkan di watergong ini. Ikan segar seperti ikana nila dengan harga yang sudah ditentukan kita bisa membawanya untuk oleh-oleh dirumah.

Nah tertarik tidak kalian untuk mengunjungi kawasan wisata watergong, pasti penasaran bukan dengan tempata wisata yang terbilang jarang kita dengar ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra K