Prinsip 3C Untuk Hidup Yang Lebih Baik


Prinsip 3C Untuk Hidup Yang Lebih Baik 1

Kamu harus membuat pilihan untuk mengambil kesempatan jika kamu menginginkan perubahan dalam hidupmu (Zig Ziglar)

Kurang lebih begitulah bunyi dari kata-kata bijak Zig Ziglar tentang prinsip hidup. Dan prinsip hidup yang dikemukakan oleh Zig Ziglar itu dikenal dengan prinsip 3C. Choice (pilihan), chance (kesempatan), dan change (perubahan). Lalu bagaimana 3 prinsip itu bisa menjadikan hidup kita lebih baik? Mari kita simak ulasannya satu per satu berikut ini!

1. Choice (Pilihan)

Sebenarnya, jika dipikir secara logika, hidup ini sendiri sudah merupakan pilihan. Pilihan untuk terus melangkah maju, berani keluar dari zona nyaman untuk mewujudkan impian kita, atau sebaliknya, berdiam diri di tempat asal, melakukan hal-hal sederhana tanpa perlu mengambil resiko lebih berat untuk mewujudkan mimpi kita. Selama kita masih hidup di dunia ini, hari-hari kita tidak akan pernah lepas dari 2 pilihan tersebut, melangkah maju atau mundur, dan pastinya setiap pilihan mengandung resiko dan hasil yang berbeda.

Setiap hal atau keputusan yang kita pilih akan menentukan bagaimana dan seperti apa hidup kita nantinya. Jadi berhati-hatilah dengan pilihan kita, pikirkan dengan matang setiap konsekuensi yang akan diterima. Namun bagaimana pun juga, kita tetap harus memilih satu diantara 2 pilihan tersebut. Kita tidak bisa hidup tanpa menentukan pilihan maju atau mundur jika kita memang mengharapkan hasil yang maksimal dari usaha kita.

2. Chance (Kesempatan)

Kesempatan tidak datang dua kali. Itulah kata-kata bijak yang sering kita dengar jika kita ragu dalam memilih atau memutuskan suatu hal. Namun sebenarnya kesempatan itu datang berkali-kali, membuka pintunya, dan menawarkan semua cara yang kita butuhkan untuk bisa mencapai harapan kita, dan tinggal bagaimana kita menyikapi setiap kesempatan yang datang.

Berapa kali pun kesempatan datang, dan kapan pun kesempatan itu datang, kita harus pandai memanfaatkan setiap detail dari kesempatan itu. Pergunakan setiap kesempatan dengan bijak. Karena kesempatan itu bisa berubah menjadi peluang yang menguntungkan atau tidak tergantung dari cara kita menyikapinya.

3. Change (Berubah/ Merubah/ Perubahan)

Selanjutnya adalah change. Change disini maksudnya adalah merubah cara berpikir dan sikap kita, jika kita menginginkan perubahan besar dalam hidup kita. Kita tidak bisa mendapatkan hasil yang luar biasa dengan cara yang biasa. Oleh sebab itu, kita perlu merubah cara kita berpikir dan bekerja agar perubahan itu terlaksana.

Contoh sederhana, seorang anak tidak akan bisa menjadi juara kelas jika dia tetap bermalas-malasan dan tidak belajar setiap harinya. Jika si anak melakukan perubahan cara berpikir dan belajar, dia tentu mampu menjadi juara kelas seperti impiannya.

Pada dasarnya, prinsip 3C ini telah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sadar. Kita baru menyadarinya setelah kita melakukan suatu pekerjaan, atau setelah kita mendapatkan hasil dari kerja kita.

Tapi bagaimanapun keadaannya, apapun cita-cita kita, alangkah baiknya jika kita tetap menerapkan prinsip 3C itu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

(Sumber:@powerofpositivity)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dewi Mariya Ulfah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap