Progres Pembangunan Ibukota Indonesia ke Kalimantan Timur

Progres Pembangunan Ibukota Indonesia ke Kalimantan Timur 1

Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo baru-baru ini memang berencana akan memindahkan ibukotanya dari Jakarta ke tempat lain yaitu di pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Bahwa rencana pemindahan Ibukota Indonesia sebenarnya bukan wacana saja,  namun Indonesia memang sudah merencanakan pembangunan Ibukota baru ini, dengan rencana pembangunan termasuk pembebasan tanah lahan ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegaraserta, di Kalimantan Timur, dan Presiden sudah berkoordinasi dengan Kepala Bappenas, dengan berbagai Masterplan dan Detailplan telah dirancang melalui Kementrian Bappenas dan PUPR.

Lahan ibukota baru Indonesia
Lahan ibukota baru Indonesia

Presiden Joko Widodo memang berniat ingin merubah Ibukota yang tadinya di Jakarta ke Kalimantan mengingat kondisi geografis Kalimantan juga terbebas dari polusi udara yang tidak terlalu besar dan masih alami dengan nuansa hijaunya, sehingga memungkinkan perpindahan ini menyangkut untuk menginginkan Ibukota yang bersih dan asri.

Presiden Joko Widodo juga sudah meninjau lokasi bersama Gubernur Kalimantan Timur dengan meninjau lahan yang sudah dilakukan pembebasan, yang akan dijadikan ibukota baru di Kabupaten Penajem Paser Utara serta di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur, yang nantinya akan dibangun pusat pemerintahan atau ibukota dari Indonesia yang baru.

Secara sekilas memang sudah tuntas dalam pembebasan lahan baru kemungkinan tahun ini atau tahun depan mulai akan dibangun pembangunan infrastruktur pemerintahan dan pusat ekonomi di Indonesia.

Masterplan dan Detailplan Ibukota Indonesia Baru
Masterplan dan Detailplan Ibukota Indonesia Baru

Kemudian yang menjadi ibukota baru Indonesia di Kalimantan, dari ratusan hektar lahan dan dibebaskan dan kini tinggal menunggu untuk pembangunan dari mengingat adanya pandemi covid 19 tahun 2020 kemarin, pembangunan berhenti dan melanjutkan kembali tahun 2021 ini, untuk sementara Masterplan dan Detailplan sudah dibuat, sekarang bagiamana tinggal pelaksanaan pembangunan mereka menunggu keputusan politik dari Presiden Joko Widodo untuk pembangunan tongkat pertama dari infrastruktur ibukota yang baru ini di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Bahwa mengingat karena adanya pandemi covid 19, sehingga pembangunan ibukota Indonesia yang baru ini ditunda dan kemudian rencanakan tahun 2021 ini akan dimulai pembangunan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo dan diharapkan bahwa dengan pembangunan ibukota baru akan membuka lapangan pekerjaan utama sistem perekonomian akan mengalami progres yang luar biasa selama pandemi ini. Pemerintah Indonesia menetapkan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur menjadi tempat ibu kota yang baru Indonesia dari Jakarta menuju Kalimantan Timur dengan berbagai alasan tertentu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra