Promosi di Youtube Tanpa Biaya Iklan

Promosi di Youtube Tanpa Biaya Iklan

Saat ini Youtube merupakan platform video sharing terbesar di dunia, yang mana jika kita mengibaratkannya sebagai sebuah negara maka Youtube menjadi negara terbesar ketiga di dunia dengan jumlah penduduk atau pengguna lebih dari satu milyar. 

Sebagai penyedia layanan video hosting yang populer, Youtube memungkinkan semua penggunanya di seluruh dunia untuk membuat konten, berbagi dan berinteraksi dalam komunitas online. Anda dapat memanfaatkan popularitas dan fitur yang dimiliki Youtube untuk menjadi saluran promosi dan pemasaran bisnis Anda.

Contoh Promosi di Youtube Tanpa Biaya Iklan
Contoh Promosi di Youtube Tanpa Biaya Iklan

Bagaimana Cara Promosi di Youtube Tanpa Biaya Iklan ?

Untuk berpromosi di Youtube, tentunya kita sudah mengenal apa yang disebut dengan Youtube Ads, layanan Youtube yang digunakan untuk promosi produk dan jasa. Tentunya menggunakan layanan Youtube Ads ini akan dikenakan sejumlah biaya iklan. Lantas, bagaimana caranya promosi di Youtube tanpa biaya iklan ?

Berikut ini penulis bagikan sedikit pengalaman hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk membantu para pebisnis dapat berpromosi di Youtube tanpa biaya iklan.

Baca juga  Cara Menghapus Akun Instagram Secara Sementara dan Permanen

1. Konten

Persiapkan ide konten video yang menarik dan tentunya relevan dengan produk atau bisnis yang akan Anda promosikan. Misalnya saja, jika usaha Anda dibidang jasa arsitek ingin mempromosikan layanana jasa arstitek, Anda dapat membuat konten video pendek mengenai proses dari lahan kosong, saat awal klien berkonsultasi, saat Anda menggambar desain arsitek rumah dan perhitungan biaya nya, sampai dengan saat proses pembangunan rumah selesai dan klien tersebut merasa puas dengan pekerjaan Anda. Rangkailah video-video berdurasi pendek tersebut menjadi sebuah konten video yang menarik.

2. Judul

Pilihlah judul yang terdapat kata kunci (keywords) yang banyak dicari di mesain pencarian (search engine) maupun di platform Youtube itu sendiri. Lakukan riset kata kunci menggunakan alat riset yang saat ini sudah banyak disediakan baik berbayar maupun gratis. Penulis sendiri terbiasa menggunakan “kwfinder” dalam melakukan riset kata kunci.

Baca juga  3 Dampak Buruk Menyindir Lewat Sosial Media, Segera Hindari!

3. Deskripsi

Tulis deskripsi mengenai video Anda dengan lengkap, dan sisipkan beberapa kata kunci yang Anda pilih di setiap paragraf nya. Deskripsi ini menjadi sangat penting, karena pengguna Youtube pada umumnya membaca deskripsi video untuk menentukan apakah mereka mau menonton video tersebut atau tidak. Disamping itu pula, penulisan deskripsi yang tepat tentunya sangat membantu video promosi Anda dapat lebih mudah ditemukan melalui penelusuran jika pengguna mengetikkan kata kunci dikolom pencarian.

4. Thumbnail

Gunakan custom thumbnail yang menarik perhatian agar pertama kali melihat saluran video promosi Anda, pengguna merasa tertarik untuk menonton nya. Hampir sebagian besar video yang populer menggunakan custom thumbnail yang unik dan menarik perhatian.

5. Tag

Youtube memiliki algoritma nya sendiri. Tag menjadi salah satu unsur dalam algoritma Youtube saat merekomendasikan video yang relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna di kolom pencarian. Semakin sering video promosi Anda tampil direkomendasikan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pemirsa.

Baca juga  Alasan Seseorang Sering Mengganti Foto Profil atau Mengupdate Status di Media Sosial

Memproduksi sebuah video promosi dan mengunggahnya di Youtube dengan memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, tentunya menjadi solusi berpromosi di Youtube tanpa biaya iklan. Bayangkan jika seiring berjalannya waktu, video Anda berhasil mendatangkan pemirsa atau ditonton sebanyak 1.000 kali, 100.000 kali, 1.000.000 kali atau bahkan lebih. Tentunya sangat bermanfaat sekali untuk memperkenalkan suatu produk maupun jasa bisnis Anda.

Banyak cara untuk memproduksi sebuah video promosi, Anda bisa meluangkan waktu untuk itu. Namun jika Anda ingin menggunakan jasa pihak ketiga untuk memproduksi video promosi Anda, saat ini sudah banyak layanan jasa pembuatan video promosi dengan beragam pilihan tarif biaya.

Manfaatkan Youtube untuk mulai memperkenalkan dan mempromosikan produk atau bisnis Anda secara lebih luas lagi, mengungkapkan “kepribadian” merk bisnis Anda, memantau feedback, memberikan layanan konsumen, dan membantu konsumen Anda menyebarkan berita dan informasi tentang bisnis Anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

bayoe agoes