Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

Punya koleksi yang banyak adalah kebanggaan untuk beberapa orang. Terutama bagi mereka yang kutu . Tapi menurut ogut, punya koleksi itu adalah sebuah kewajiban. Kenapa? Ketika kalian punya koleksi , itu artinya kalian memiliki minat baca yang tinggi. Itu yang dibutuhkan negara ini sob! Kenapa? Tingkat literasi dan keinginan baca Indonesia itu salah satu yang paling rendah di dunia lho! Masak gitu mau bangga. Makanya kita masih banyak yang kena hoax dengan mudah.

Anyway, ogut bukan mau ngomongin itu. Tapi ogut mau kasih tahu beberapa tips gimana caranya biar bikin yang jadi koleksi kalian awet. Terutama - yang masih dalam bentuk cetak ya. Kalau yang udah digital sih pinter-pinter ngerawat aja data dan nyimpen datanya aja.

Baca juga  Cerita Berantakan tapi Laku Keras?

Simpan Di Rak

Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat koleksi kalian awet adalah dengan menyimpannya di rak . Selain di rak , pastikan juga rak kalian itu kokoh, kuat, dan kebersihannya selalu dijaga. yang disimpan di rak biasanya terhindar dari suhu yang lembab. Suhu lembab ini sebenarnya yang jadi alasan kenapa banyak rusak. Jadi, pastikan juga rak kalian, kalau menempel di dinding, pastikan ada pembatas antara dinding dan rak kalian. Jadi nggak langsung menempel di dinding. Nanti bisa jamuran.

Baca juga  Mengapa Ada Buku Dengan HardCover & Paperbacks (Softcover)?

Kasih Sampul Tambahan

Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

Cara berikutnya adalah dengan memberikan sampul tambahan. Sampul tambahan ini efektif sekali untuk melindungi buku kalian. Sampul tambahan itu bisa dalam bentuk plastik, atau sampul kertas yang lain. Tapi kami sarankan, kalau sampul kertas harus tebal. Enaknya sih plastik. Lebih aman dari air dan jamur. Selama plastiknya nggak bocor ya.

Selipkan Cabai Kering

Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

Cara berikutnya adalah menyelipkan cabai kering di dalam buku kalian. Cabai ini bisa mencegah tumbuhnya jamur dan juga menyerap bau tak sedap dari buku yang disimpan terlalu lama. Jadi, buku akan tetap kering, dan aman.

Baca juga  Rekomendasi Novel bertema hewan yang wajib kalian baca sebagai pecinta hewan

Digitalkan Buku Kalian!

Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

Cara terakhir adalah mendigitalkan buku kalian. Jadi, kalau punya koleksi buku, ogut saranin buat digitalkan saja. Entah itu di scan atau kalian ketik ulang. Ingat, yang terpenting dari buku itu sejatinya adalah isinya. Jadi, selamatkan isinya selagi bisa. Bukunya mungkin akan tidak long ever lasting, terutama buku jaman sekarang. Tapi, isinya bisa awet kalau kalian digitalkan.

Itu tadi beberapa membuat buku kalian awet. Lakuin ya! Sayang, koleksi kalian nanti bisa rusak kalau sembarangan menyimpannya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.